Outlook Minyak dan Gas Indonesia 2006

Minyak:

Cadangan Minyak Indonesia yang sudah terbukti (proven) adalah 4.7 Milliar barrel, sedangkan cadangan yang belum terbukti (atau masih bersifat potensial) adalah diperkirakan sebanyak 5 Milliar barrel, data untuk tahun 2003.

Tetapi dalam releasenya BP Migas tahun lalu, cadangan minyak kita mengalami penurunan secara alami dan sekarang berada pada level yang terbukti sebanyak 4.3 Milliar barrel dan yang potensial sebanyak 4 milliar barrel yang tersebar dalam 60 Oil basins.

Dari 60 Oil basins tersebut, 22 belum ter-explorasi, sedangkan 38 sudah dieksplorasi secara extensive, dimana sebagian besar berada di belahan barat Indonesia. Diantara 38 Oil basins tadi, 15 sudah berproduksi gas dan minyak bumi, 11 belum berproduksi dan 12 belum terbukti.

Produksi Minyak (crude oil) Indonesia, yang memang kebanyakan berasal dari sumur-sumur tua, mengalami penurunan secara alami dari tahun ke tahun sebanyak 15% dari total produksi.

Namun dengan berbagai metode dalam upaya mengoptimalkan lapangan-lapangan yang ada seperti EOR, Steam Flood dan pengembangan lapangan-lapangan baru, maka penurunan tersebut dapat ditahan pada level 6.7% per tahun. Sehingga diharapkan target APBN dalam produksi Minyak Bumi Indonesia sebanyak 1.072.000 barrel per hari dapat dicapai.

Dengan demikian, jika tetap berproduksi sebanyak itu, maka dapatlah dihitung dalam waktu 10 tahun saja cadangan minyak terbukti kita akan habis. Anggaplah jika cadangan minyak potensial sebanyak 4 Milliar barrel tersebut ternyata memang ada, maka kita masih bisa punya waktu 10 tahun lagi untuk menikmati hasil Minyak Bumi kita.

Tapi mesti diingat, saat ini saja, tingkat konsumsi minyak kita per hari sudah sangat tinggi yaitu 1.084.000 barrel per hari, lebih tinggi dari produksi minyak bumi kita.

Meskipun demikian, Indonesia masih bisa meng-ekspor hasil minyak nya sebanyak 431.500 barrel per hari (data 2004), walaupun kemudian harus pula meng-import sebanyak 345.700 barrel per hari, sehingga Indonesia masih bisa disebut Net-Exporter sebanyak 85.800 barrel per hari atau total 31,3 Juta Barrel per tahun.

Kondisi ini jelas menunjukan trend penurunan jika dibandingkan pada tahun 1999, dimana Volume Net-Export Indonesia adalah 177,3 Juta barrel, tahun 2000 sebanyak 120,6 Juta Barrel, 69 Juta Barrel pada tahun 2001, dan 41,7 Juta barrel di tahun 2002.

Dengan melihat trend export/import diatas, maka para ahli berpendapat bahwa Indonesia bisa saja akan menjadi Net Importer, bukan lagi Net Exporter, dalam waktu kurang dari 10 tahun.

Apa artinya? Artinya Nilai Ekspor Minyak kita mulai kalah sama Nilai Import Minyak kita. Dan yang jelas, Minyak yang diimport dibeli dengan harga pasar International, sehingga pun ketika diolah menjadi Bahan Bakar Minyak, tentunya akan dijual dengan harga pasar International.

Hal ini lebih disebabkan karena pemerintah Indonesia diperkirakan akan terus mengurangi subsidi terhadap harga BBM, sehingga dipastikan dimasa datang harga BBM di Indonesia akan sesuai dengan harga pasaran International.

Tabel: Daftar Negara Penghasil Minyak se-Dunia Data 2005
tabel-negara-penghasil-minyak.jpg

Dimana Cadangan Minyak Indonesia berada?

Kebanyakan cadangan minyak Indonesia berada di Daratan Sumatra Tengah, Jawa Barat dan perairan Kalimantan Timur.

Sumatra Tengah adalah daerah dengan cadangan minyak paling besar dan DURI dan MINAS adalah lapangan Minyak terbesar di Indonesia.. Di Duri dan Minas saja diperkirakan saat ini masih tersedia minyak untuk di sedot sebanyak 1 Milliar Barrel Oil, disamping potensial recoverable volume diperkirakan sebesar 200 juta barrel of crude oil.

Daerah-daerah tersebut saat ini dikuasai oleh PT. Caltex Pacific Indonesia, saat ini sudah berganti nama menjadi PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI). Pada masa jayanya, CPI pernah memproduksi minyak hampir 700 ribu barrel per hari, namun sejak kehilangan CPP Blok kepada Pemerintah Daerah Riau dan juga karena mulai menuanya lapangan Duri dan Minas, maka tahun 2005 kemaren produksinya menurun hanya 483.000 barrel per hari saja.

Cadangan minyak Indonesia lainnya banyak berada di perairan Kepulauan Natuna, dan selat Makasar di Timur Kalimantan.

Kemana Minyak Indonesia digunakan paling banyak?

Sekitar 70% dari Produksi Minyak Indonesia diolah untuk menjadi Produk Bahan Bakar Minyak (BBM). Total konsumsi Bahan Bakar Minyak yang digunakan untuk transportasi, listrik, industri dan rumah tangga untuk tahun 2003 mencapai 54,7 Juta Kiloliter.

Ketergantungan yang sangat tinggi terhadap Bahan Bakar Minyak inilah yang akan membuat makin cepat habisnya cadangan minyak Indonesia. Sehingga, disamping terus meningkatkan upaya penemuan minyak baru serta pengoptimalkan sumur tua, diperlukan kesadaran untuk menggunakan gas alam untuk mengurangi ketergantungan pada minyak bumi.

Sebagian lainnya di ekspor, yaitu Sumatra Light ( minyak Minas) yang mempunyai angka API gravitynya 34.5o , dan Minyak Duri dengan API Gravitynya 22o .

Kemana di Ekspor?

Jepang menerima Minyak Indonesia terbanyak yaitu 25%, diikuti oleh Korea Selatan (20%), China (20%), Australia (9.7%) dan USA (5.7%), dengan total keseluruhan sebesar 157,5 Juta barrel dalam tahun 2005.

Namun, Indonesia juga mengimport minyak sebesar (unofficial) 126.2 juta barrel dalam tahun 2005, umamnya dari Saudi Arabia (25.5%), Nigeria (6.4%), Malaysia (7%), Vietnam (6.4%) dan Angola (6%).

Sekedar informasi, minyak mentah (crude oil) belumlah bernilai tinggi sebelum diolah di pengilangan (Refinery). Minyak mentah sendiri dinilai dari Viscositas (Density) dan Kandungan Sulfurnya. Minyak mentah yang mempunyai viskositas rendah, disebut Light Crude, dan diukur dengan derajat API, seperti API gravitynya 35o yang dipunyai oleh Minyak Minas.

Makin rendah viskositasnya, makin mudahlah dia diproses menjadi Bahan Bakar Minyak hanya melalui proses Refinary yang sederhana.

Siapa penguasa Minyak di Indonesia?

Dari data tahun 2005, Chevron Pacific Indonesia (CPI) adalah penghasil minyak terbesar di Indonesia dengan menghasilkan hampir 55% dari total produksi Indonesia. Pada tahun 2004 saja, CPI mampu menghasilkan 507.900 barrel per hari dan 34.8 BCF of gas. Tapi ini sudah mengalami penurunan, dimana produksi paling top pernah dicapai CPI pada tahun

Apalagi dengan pengambilalihan Unocal pada bulan Agustus 2005 lalu, yang tentu saja termasuk pengambilalihan asset Unocal di Indonesia, makin menaikkan kapasitas produksi CPI secara keseluruhan.

Tahun 2005 kemaren Produksi CPI diperkirakan mencapai mencapai sekitar 590 ribu barrel per hari.

CPI menguasai areal Duri dan Minas dengan mendapatkan 4 PSC area, yaitu Rokan, Siak, MFK dan Kisaran. Khusus untuk Kisaran, blok ini baru dikuasai CPI pada tahun 2001 setelah membeli dari pemerintah.

Tapi hasil terbesar didapat dari blok Rokan, dimana beradanya Lapangan Minyak Duri dan Minas. Duri Field yang mempunyai luas sebesar 81 km persegi, mulai di- drill sejak tahun 1941, dan saat ini menghasilkan 199.000 barrel per hari. Sedangkan Minas, ditemukan pada tahun 1944, saat ini menghasilkan 284.000 barrel perhari.

Jika ditotal, maka pada bulan July 2002 lalu, dari Lapangan Duri dan Minas telah berhasil disedot minyak sebesar 10 Milliar barrel minyak.

Disamping menguasai Central Sumatra, CPI juga mempunyai share sebanyak 25% di South Natuna Sea Block-B yang dioperasikan oleh ConocoPhillips.

Setelah membeli Unocal agustus 2005 lalu, maka Unocal Indonesia pun berganti nama menjadi Chevron East Kalimantan (CEK). Berbeda dengan CPI, maka CEK lebih dominan beroperasi di Offshore. Selama tahun 2004, CEK sudah menghasilkan 55.700 barrel minyak per hari dan 124,2 BCF (Billion Cubic Feet) of gas.

Saat ini CEK mengoperasikan West Seno Field, The first Deep Water Project in Indonesia, di selat Makasar. West Seno menghasilkan minyak sebesar 60.000 barrel per hari dan 150 MMCFD of gas saat Phase-2 selesai.

Saat ini Chevron juga bermaksud untuk memulai mengembangkan Sadewa Gas Field yang dipercaya mengandung 150-600 BCF of gas.

Setelah CPI, makaTotal dengan produksinya sebesar 81800 barrel per hari adalah menduduki urutan ke dua, yang diikuti oleh CNOOC yang memproduksi hampir 81500 barrel per hari atau sekitar 7% dari total produksi Indonesia.

Sebenarnya, peringkat ke tiga di huni oleh Unocal dengan produksi sebesar 55700 barrel per hari pada tahun 2004, tapi pada tahun 2005 resmi dibeli oleh CPI, sehingga untuk selanjutnya, produksi minyak mentah Unocal akan digabung dengan produksi Chevron.

Setelah Unocal, maka Exspan berada dibelakangnya dengan produksi sebesar 54000 barrel per hari, yang ditempel ketat Pertamina dengan produksi nya 48400 barrel per hari. Conocophillips, Petrochina dan BP berturut-turut menyusul dibelakang dengan masing-masing ber produksi dibawah 45000 barrel per hari.

Kemudian diikuti oleh BSP (Bumi Siak Pusako) yang mendapat mandat mengolah CPP Blok dengan produksi perharinya 30000 barrel, Vico dan ExxonMobil masing-masing 28800 dan 21200 barrel per hari.

Tabel: Major Oil Producer in Indonesia

oil-production-per-oil-co-in-indonesia.jpg

Gas Alam

Cadangan gas bumi Indonesia yang terbukti dan potensi mengalamai kenaikan secara significant dengan ditemukannya lapangan minyak baru selama periode 2 tahun belakangan ini.

Pada saat ini jumlah cadangan gas bumi yang ada telah mencapai 185.6 Trilyun Kaki Kubik dimana terdiri atas 95.1 Trillyun Kaki Kubik cadangan terbukti dan 90.5 Trillyun kaki kubik cadangan potensial.

Adapun tingkat produksi gas alam di Indonesia saat ini (data tahun 2005) adalah sebesar 3.03 TCF (Trilliun Cubic Feet).

Dengan tingkat cadangan dan tingkat produksi diatas, maka diperkirakan kita akan masih bisa menikmati gas dan hasil penjualannya selama kurun waktu 62 tahun kedepan.

Sama halnya dengan Minyak bumi, maka cadangan Gas Bumi juga banyak terkonsentrasi di belahan barat Indonesia.Sehingga dengan demikian kegiatan explorasi baik untuk mencari cadangan minyak bumi maupun mencari gas bumi di lapangan baru perlu didorong ke arah Indonesia bagian timur.

Tabel: Major Natural Gas Producer in Indonesia

natural-gas-production-in-indonesia.jpg

Tabel: Negara Penghasil Natural Gas Dunia Data 2005

tabel-negara-penghasil-gas.jpg

Masa Depan

Dalam beberapa tahun kedepan, Indonesia diramalkan akan menjadi pengimport minyak mentah. Bahkan, hal tersebut sudah tercapai, dalam ukuran per bulan, yaitu di tahun 2004.

Para ahli menyebut beberapa penyebabnya yaitu menurunnya tingkat produksi sumur-sumur yang sebagian memang sudah tua, ditambah dengan kurang nya investasi dibidang pencarian dan penggalian sumur baru.

Walaupun demikian, secara keseluruhan, untuk bidang energy, dengan bertumpuknya cadangan dibidang Natural Gas dan Batubara, maka Indonesia masih tergolong “Energy Exporter”.

Pemerintah sendiri masih mentargetkan untuk memproduksi minyak sebanyak 1,3 Juta barrel per hari pada tahun 2009.

Mengingat kondisi sumur yang banyak sudah “mature” dan sebagian lagi di daerah yang sulit dijangkau, dan dengan perbadingan antara “Risk dan Reward” yang dipandang tidak cukup attractive untuk mengundang investasi skala besar, maka dikeluarkan lah Peraturan Menteri ESDM No. 8 tahun 2005 pada bulan April 2005, yang memberikan insentif bagi perusahaan minyak yang meng-explorasi didaerah marginal dengan tambahan 20% reimbursment dalam Cost-Recovery.

Bahkan, konsep bagi hasilnya pun sekarang diganti menjadi 70/30 bagi Pemerintah dan Kontraktor untuk bidang “Oil”, dan 60/40 untuk Gas.

Kesimpulan

UUD 1945 Pasal 33 Ayat 3 berbunyi:

“Bumi dan air dan kekayaan alam yangterkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”

Pesan dari pasal 33 Ayat 3 UUD 1945 sangatlah jelas mengedepankan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan semata.

Sehingga, layaklah jika kita berharap bahwa didalam menghadapi masa depan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia dan demi menjaga cadangan minyak kita yang senantiasa makin menipis, sementara itu konsumsi BBM Indonesia yang cenderung meningkat dan sedemikian tingginya bahkan melebihi tingkat produksi nasional, maka sangat diperlukan upaya-upaya untuk mengurangi tingkat konsumsi BBM tersebut, demi mengamankan cadangan minyak dan gas bumi bagi anak cucu di masa mendatang.

Seperti diketahui diatas, 70% dari produksi minyak kita adalah untuk kebutuhan BBM, baik untuk industri, rumah tangga, listrik maupun transportasi.

Untuk itu perlu dilakukan kampanye terus menerus kepada masyarakat dan industri agar didorong untuk menggunakan energy secara efisien dan efektif serta memberikan insentif atau reward bagi pelaku yang berhasil mengurangi pemakaian energynya.

Untuk listrik, mungkin perlu perbanyak pembangunan listrik tenaga panas bumi (Geothermal), maupun tenaga air (Hydro Power), serta dengan memikirkan secara serius penggunaan Batubara.

Sedangkan untuk transportasi, kita rasa sudah saatnya pemerintah pusat maupun DKI khususnya, untuk sekadar mengambil contoh, untuk sesegera mungkin dan seserius mungkin melakukan pembangunan Mass Rapid Transportation, seperti yang sudah digunakan oleh kota-kota besar di negara maju lainnya.

Terakhir, Bio-Diesel, yang saat ini mulai semakin marak dengan meningkatnya permintaan dari USA dan Eropa atas bahan bakar ini, mungkin perlu diberikan porsi perhatian yang besar dari pengambil kebijaksanaan di negeri ini.

Sebagai contoh, Malaysia sebagai penghasil Minyak Sawit terbesar didunia, yang sudah mencanangkan akan menjadi negara penghasil Bio_Diesel terbesar didunia, saat ini dengan giat terus menarik dana investor untuk menanamkan modalnya untuk pembangunan Pabrik Bio-Diesel komersial pertama di Asia Tenggara.

London, 26 May 2007

Donny Agustinus

Sumber: BP Migas dan Indonesia Petroleum Report 2005-2006 oleh US Embassy di Jakarta serta CIA- The World Book fact, 2005 dan dari berbagai sumber.

About these ads
This entry was posted in General. Bookmark the permalink.

34 Responses to Outlook Minyak dan Gas Indonesia 2006

  1. andhy says:

    Pada kenyataannya saat ini kita belum bisa berharap banyak dari energi terbarukan. Untuk wilayah luar Jawa memang sedang diintensifkan pembangunan mikrohidro. Sehingga diharapkan rasio elektrifikasi naik dari 58 % untuk saat ini. Penggunaan solar panel (matahari) justru bisa menyengsarakan masyarakat mengingat harganya yang mahal. Untuk geothermal, saya melihat sejauh ini sangat sulit mengembangkan panas bumi lebih jauh. Kapasitas panas bumi di Indonesia total hanya sekitar 600 MWe itupun terbesar di dunia. Bandingkan dengan PLTU yang mencapai 10.000 MWe. Selain itu, listrik pabum berperan besar merugikan PLN. Kita semua tahu bahwa geothermal produksinya sangat mahal. yAH, Chevron tetap menjual listrik Pabum pada PLN dengan harga standar tapi PLN menjual ke masy dengan harga murah. Opo tumon??

  2. Luthfi Izmi Lubis says:

    om.
    sedikit mengkoreksi tulisan om di bagian kesimpulan. untuk listrik, sebaiknya coal/batubara tidak dijadikan sebagai pilihan. terlalu banyak emisi yg dikeluarkannya. ujung2nya duit kita jadi tersedot akibat polusi tadi, misalnya masalah kesehatan. lihat saja China skrg. kota beijing habis dihina2 akibat emisi nya yg cukup tinggi, padahal mereka tahun depan ada olimpik disana.
    sebaiknya jangan hanya memikirkan solusi yg murah, efisien, dlsb. tetapi juga yg ramah terhadap lingkungan.
    kalau mau yang bener, ya memanfaatkan energi dari Tuhan. solar, hydro, wind, dlsb. ini solusi yang tepat walau pemakaiannya masih lama. tapi kalo ndak dipikirn dari skrg, ya ga mulai2 kita. salam IMHO.

  3. Gaffari says:

    Klo attach tabel mestinya disebutkan darimana source-nya!

  4. Donny says:

    Gaffari,

    Kalau anda membaca artikel diatas dengan teliti, maka anda pasti menemukan di akhir tulisan ada kata-kata sebagai berikut:

    Sumber: BP Migas dan Indonesia Petroleum Report 2005-2006 oleh US Embassy di Jakarta serta CIA- The World Book fact, 2005 dan dari berbagai sumber.

    Jadi ada source-nya kan, dan kalau anda cari di sumber yang saya maksudkan, dijamin anda pasti nggak menemukan dalam bentuk tabel, karena ini ada olahan saya sendiri dari data tersebut.

  5. Gaffari says:

    Okey thanx!
    You’re right
    Sorry bacanya sambil skimming soalnya

  6. haryo says:

    Mas Donny, saya mungkin agak telat membaca tulisan Anda yang saya kira sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan wawasan kita dalam dunia perminyakan. Namun akan lebih bermanfaat lagi jika misalnya mas Doni juga menyertakan informasi mengenai besarnya own use dari masing-masing ladang minyak yang ada serta cost recoverynya. Demikian tanggapan saya dan saya tunggu tulisan-tulisan mas Doni selanjutnya. Terima kasih.

  7. Donny says:

    Mas Haryo,

    Terimakasih atas sarannya, Insya Allah nanti akan ditambahkan.

    salam

  8. muji says:

    Mas Donny, saya ingin tanya: apakah Indonesia saat ini untung atau rugi dgn kenaikan harga minyak dunia? Mengingat, kalau tidak salah kita masih net eksportir, betul gak? Kalau harga minyak dunia naik harganya, kita sebagai produsen kok rugi, itu gimana logikanya? Tolong bisa dijelaskan. soalnya data minyak ini kayaknya banyak misterinya.

    @Mas Muji,

    Kalau kita lihat dari produksi minyak Indonesia yang 1 juta barrel per hari tersebut, kan sebagian besar dimiliki oleh Perusahaan Minyak Asing, dengan sistem pembagian 85% untuk negara dan 15% untuk Kontraktor Minyaknya.

    Kelihatannya besar ya? Tapi yang perlu diingat adalah bahwa angka yang dibagi adalah hasil bersih setelah dikurangi biaya operasional atau dikenal dengan adanya Cost Recovery. Hal ini lebih disebabkan karena Indonesia tidak menyertakan modal, hanya lahan saja, ibarat katanya. Jadi seluruh modal dan teknologi adalah dibawa oleh si Perusahaan Asing tadi, sehingga mereka meminta pemerintah membayar segala biaya yang dikeluarkan mulai dari proses awal pencarian minyak sampai minyak menetes di kapal tanker.

    Biaya inilah yang kadang-kadang menjadi besar dan agak susah mengontrolnya. Salah satu komponen yang sering jadi keributan adalah gaji dan fasilitas tenaga Expatriate (Asing) yang dibawa dari Induknya di Barat sana yang sangat besar sekali. Serta komponen-komponen lainnya.

    Semua itu mereka hitung, dan pemerintah kita membayar dengan barrel yang dihasilkan tadi. Misalkan dihasilkan 1000 barrel, sedangkan Biaya Operasional, dihitung dan dianggap sebesar 600 barrel, maka sisanya yang 400 itu yang dibagi setelah dipotong pajak.

    Disamping itu, pemerintah kita menjual minyak mentah kualitas utama seperti minyak MINAS, dijual ke luar negeri. Sedangkan minyak kebutuhan dalam negeri dibeli dari luar negeri. padahal kebutuhan minyak dalam negeri kita sudah besar sekali, sehingga kesannya kita jadi rugi. belum lagi karena BBM dijual murah di dalam negeri sedangkan belinya dengan harga pasar, makin kasihanlah Pemerintah kita.

    Kira-kira begitu Mas, mudah-mudahan bisa sedikit menjawab.

    wassalam

  9. muji says:

    Mas Donny, ini soal market. kalau kita lihat kebutuhan minyak dunia, sebenarnya tidak ada demand yang bertambah signifikan alias stagnan. kebutuhan tahun 2008 pun juga hampir sama dengan tahun ini. pertanyaannya adalah bagaimana harga minyak bisa melambung begitu tinggi hingga 100 us $. apakah benar ini untuk kebutuhan storage negara besar (AS)? atau ada yang menganalisis ini upaya amerika untuk menyebar inflasinya yang tinggi ke seluruh dunia?

    makasih

  10. hasto says:

    terima kasih om donny,
    saya sebagai guru, cukup terbantu dengan data2 tersebut. Kebetulan minggu depan (8 feb 2008) kami ada training (sharing) internal ttg “consume and dispose”. Saya kebagian ttg fossil fuel.

  11. Mas dony, asik banget untuk ulasannya. Konsumsi hydrocarbon bangsa ini dah cukup besar terutama untuk energi nasional. Dah seharusnya bangsa ini mulai memikirkan sumber energi lain yang bisa sustainable, mesti mulai dipikirkan baik jumlah maupun akibat yang mungkin bakalan muncul dari penggunaan sumber energi saat ini. Mungkin kita bisa mulai mencontoh DENMARK dan JEPANG yang mulai ada pemakaian offshore wind energy. Indonesia kapan???? KALO gak pasti habis bangsa ini.
    Pertama mulai dari PLN-nya dulu diperbaiki sebagai salah satu penyedia energi nasional yang angkuh, harus ada perbaikan kinerja jangan punya keinginan untuk 100% indonesia teraliri listrik, sekarang saja masih sering padam kok, Kapan ada pesaing dari penyedia jasa energi masional yang baru untuk INDONESIAKU ?
    Kedua, Pertamina juga harus diperbaiki kinerjanya. jangan sampai malah minyak di Indonesia diambili orang bule, kapan kita bisa ngambili sendiri padahal dah banyak teknisi yang mumpuni, hanya tidak diberi kesempatan.
    Sukses buat mas donny dan ditunggu ulasan berikutnya.

  12. Mas dony, asik banget untuk ulasannya. Konsumsi hydrocarbon bangsa ini dah cukup besar terutama untuk energi nasional. Dah seharusnya bangsa ini mulai memikirkan sumber energi lain yang bisa sustainable, mesti mulai dipikirkan baik jumlah maupun akibat yang mungkin bakalan muncul dari penggunaan sumber energi saat ini. Mungkin kita bisa mulai mencontoh DENMARK dan JEPANG yang mulai ada pemakaian offshore wind energy. Indonesia kapan???? KALO gak pasti habis bangsa ini.
    Pertama mulai dari PLN-nya dulu diperbaiki sebagai salah satu penyedia energi nasional yang angkuh, harus ada perbaikan kinerja jangan punya keinginan untuk 100% indonesia teraliri listrik, sekarang saja masih sering padam kok, Kapan ada pesaing dari penyedia jasa energi nasional yang baru untuk INDONESIAKU ?
    Kedua, Pertamina juga harus diperbaiki kinerjanya. jangan sampai malah minyak di Indonesia diambili orang bule, kapan kita bisa ngambili sendiri padahal dah banyak teknisi yang mumpuni, hanya tidak diberi kesempatan.
    Sukses buat mas donny dan ditunggu ulasan berikutnya.

  13. Donny says:

    Mas Kukuh,

    WInd Energy? Perlu studi mendalam mengenai seberapa potensi dan kontinuitas angin di Indonesia, serta tentu saja modal nya cukup besar.

    menarik sebenarnya Wind Energy ini, mudah-mudahan jika ada waktu saya tulis tentang sumber daya alam ini.

  14. rochmad says:

    Assalamu’alaikum pak Donny,

    Alhamdulillah, atas pencerahannya tentang dunia Migas di Indonesia khususnya. Maaf belum bisa comment yg lebih dalam, msh terlalu awam.

    Matur Nuwun

  15. V@n says:

    visit ………… http://himatekla.wordpress.com………….. an ocean engineering community that glad to know all about oil and gas

  16. Tania Rorimpandey says:

    Permisi, nama saya Tania, saya mahasiswa ekonomi tapi saya tertarik dengan masalah produksi minyak Indonesia dan kebetulan saya sedang menulis tentang produksi minyak Indonesia untuk tugas kuliah saya. Yang saya tau, MINAS itu ga bisa diolah menjadi BBM karena terlalu kental, jadi crude oil yang biasa diolah untuk jadi BBM itu crude oil dari timur tengah yang umumnya lebih cair. Jadi, Indonesia tetap harus import crude oil mengingat kebutuhan terbesar adalah BBM. Apa benar? Maaf kalau salah. Terima kasih..

  17. Dessy says:

    Mbak Tania, saya Dessy dari Lemigas. Kebetulan saya di tempatkan dibagian laboratorium proses, yang diantaranya mengkarakterisasikan crudes yang ada di seluruh Indoensia (sebagai asset negara). Setahu saya – sebagai bagian dari tim EMMB (Evaluasi Mutu Minyak Bumi) – justru Minas merupakan salah satu basket crude; yang ikut menentukan harga minyak dunia dikarenakan spesifikasinya yang baik. Diantaranya, distribusi produk2nya yang cenderung ringan (golongan nafta=komponen penghasil bensin dan middle distillate) serta kadar sulfurnya rendah. Semakin sedikit kadar residu (komponen berat dalam crude) yang dihasilkan oleh suatu crude, semakin rendah biaya prosesnya (konfigurasi kilangnyatidak perlu rumit2). Demikian juga dengan kadar sulfur. Semakin rendah semakin baik dan mempermudah proses pengolahan, yang ujung2nya terkait dengan cost.
    Jika Indonesia ‘terpaksa’ harus mengimpor crude banyak sekali faktor yang menyebabkan hal itu. Seandainya saya boleh membantu…., untuk informasi lebih detil, silakan Mbak Tania menghubungi saya di dessyyoedia@lemigas.esdm.go.id
    Semoga informasi singkat tadi bermanfaat.
    SALAM, INDONESIA BANGKIT!!

  18. Dessy says:

    Untuk Mas Kukuh, mungkin penjelasan saya yang juga awam di sektor hulu Migas ini sedikit bisa memberi gambaran.

    Ttg kenapa crude kita dibawa oleh ‘bule’, itu terkait dengan kontrak bagi hasil (85 :15 Pemerintah: KKKS). Jujur, itu di luar kompetensi saya untuk membahasnya.

    Tapi saat ini ada wacana, untuk menarik kembali hak KKKS berupa crude lokal yang selama ini dieskpor (crude ex-KKKS) oleh mereka. Rencananya crude ex-KKKS tsb ingin diolah, dijadikan umpan kilang baru. Kebetulan, saya diberikan tugas untuk mengkaji kemungkinan ini. (Karena masyarakat ‘ramai’ mempertanyakan, “Kenapa kita kaya minyak, tetapi harus mengimpor BBM?. Kenapa harus impor BBM, kalau kita masih punya stok crude yang ternyata justru diekspor…” dll, dsb.

    Kilang adalah industri padat modal yang bertujuan mengolah crude menjadi produk2nya, diantaranya BBM. Dikarenakan harga BBM Indonesia dibatasi, maka sesungguhnya membangun kilang dengan main products BBM, margin keuntungannya sangat rendah, kalau tidak mau dibilang merugi. Biasanya pihak pengelola akan ‘mengakali’ dengan membangun unit2 produksi penghasil produk non BBM, untuk meningkatkan margin keuntungan kilang. Padahal notabene tindakan ini akan memperumit kompleksitas kilang alias investasinya semakin besar. (Adakah investor yang berminat di sektor ini. Dengan UU Migas No 22 tahun 2001, padahal keran ini sudah dibuka, tapi kenyataannya nggak ada yang berminat tuh….?!)

    Membangun kilang diawali dengan suatu FS yang menyentuh aspek hulu dan hilir, khususnya lagi yang berada di dalam battery limmits (ISBL). Dan yang lebih utama lagi yang harus dengan matang dipertimbangkan adalah ketersediaan umpan/crude yang akan diolah. Faktor security of supply dan sustainability-nya harus aman dan tinggi.

    Crude lokal dari sisi security of supply relatif aman, karena pengelola tidak harus memburu/hunting crude di pasar Internasional. Tapi, apakah sustainbility-nya tinggi…?
    Apakah crudes lokal ex KKKS memiliki laju produksi yg stabil dari tahun ke tahun…? Belum lagi berbicara mengenai spesifikasi crude lokal tsb. Apakah crudes tsb dpt diolah menjadi produk2 yang diharapkan? (dalam hal ini yang menjadi fokus defisit adalah BBM).

    Tahun ini studi saya ttg kilang baru berbasis crude ex-KKKS (yang tadinya dialokasikan u diekspor), sedang berlangsung. Harapan saya, studi tsb secara teknis dapat menjawab pertanyaan2 yang berkembang di masyarakat saat ini, terlebih dengan kenaikan harga BBM yang luar biasa pesat.

    Mudah2n sedikit kontribusi ini, bisa mengurai masai yang terlanjur kusut selama ini.
    Dengan spirit dan semangat memperbaiki bangsa ini bersama-sama, bahu membahu, saya yakin kita bisa tumbuh menjadi bangsa yang besar.

    STOP SALAH MENYALAHKAN. MULAILAH BERGERAK! MULAI DARI YANG KECIL, DARI DIRI SENDIRI, DAN DARI SEKARANG…!!

    SALAM, INDONESIA BANGKIT!!

  19. djali says:

    wah menarik sekali artikel nya…

    mas… sy mahasiswa hub_internasional di slah satu UPTS di jogja yang sedang menyusun tugas akhir. saya sangat tertarik dengan perkembangan dunia pertambangan terutama batubara yang nilai produksinya selalu meningkat tiap tahun, begitu juga dengan arus investasi asing FDI di sektor tersebut. yang menjadi pertanyaan besar saya adalah : seberapa besar pengaruh resesi ekonomi AS bagi prospek perkembangan investasi FDI di indonesia terutama sektor batubara?

    mohon di komentari & memberikan rekomendasi referensi untuk penelaahan lebih lanjut.
    Trimz… sebelumnya…

  20. miranda says:

    bisa minta data negara pemilik cadangan emas terbesar?
    kirik ke email :canttikmiranda@yahoo.co.id. nanti kukasih hadiah lagu, foto atau data yang kumiliki

  21. JESUS says:

    erimakasih sudah repot-repot membuat puluhan website dan blog anti Islam. Itu menunjukkan ketakutan akan kebesaran Islam. Pagi-Siang-Malam terus berkutat bekerja keras sampai menstuasi mencari kelemahan Islam. Padahal orang normal pasti bekerja mencari sesuap nasi. Tapi orang stress dan gila karena rasa minder dipersepsikan kafir dan pasti masuk neraka malah sibuk membuat website aneh. Sementara Islam dengan citranya yang bersih semakin berkibar. Mirip Pemilu 2004 dan 2009 dimana partai yang merasa kecil, busuk dan minder pasti sibuk menyerang partai yang melejit. Misi pembuat blog/website bukan karena ketulusan ingin menyelamatkan Muslim namun bernuansa kebencian dan iri. Karena penuh dengan kata kasar seperti pedofil, pengecut, dll. Pertanda ada emosi seperti sifat setan. Kesal dipersepsikan sebagai orang kafir. Tapi percuma karena 200 Juta umat Islam Indonesia tidak tahu blog ini dan tetap beribadah tenang bahagia merasa paling benar agamanya dan menganggap orang kafir itu kafir, hanya sekian ribu umat Islam yang pernah melihat blog ini dan sebagian besar tetap Islam dan tertawa melihat orang kafir kesetanan. Dapat salam dari Craig Owensby mantan pendeta kristen AS yang punya jutaan pengikut dan gaji tetap jutaan dollar ditambah stasiun tv pribadi tetapi Craig Owensby pindah Islam dan komentarnya yang terkenal : “ 90% orang kristen Amerika tidak percaya Yesus yang tidak bisa membebaskan diri dari kayu salib adalah Tuhan. Yesus malah berteriak kenapa ALLAH meninggalkan aku!”. Jangan lupa salam dari si cantik artis Angelina Sondakh dan si tampan artis Steve Emmanuel yang sudah pindah Islam. Tidak masalah ada orang Islam murtad itu justru peningkatan kualitas Iman. Lebih baik sedikit berkualitas daripada banyak tetapi imannya rendah. Jumlah total orang Islam 1,2 Milliar yang murtad hanya berapa juta orang ? itupun masih berdasarkan sumber yang tidak jelas. Itu masih kecil seharusnya lebih banyak lagi yang murtad agar Islam bersih dari orang munafik. Eh malah lebih banyak lagi orang kafir AS-Eropa yang masuk Islam. Menuh-menuhin surga aja, harusnya di luar Islam saja mereka biar masuk neraka. Bila umat Islam murtad karena tidak kuat dengan ritual Islam yang berat sehingga setan ditubuhnya bergejolak meminta pindah agama yang lebih santai, permisif, ritualnya tidak berat. Apalagi dapat iming-iming materi. Orang yang pindah Islam biasanya berdidikasi tinggi dan ikhlas karena ritual agama sangat berat. Dewi Bulan-Vikramaditya hanya cerita rekaan berdasarkan sumber yang tidak jelas. Perilaku Nabi Muhammad yang menyimpang hanya didapat dari cuplikan segelintir hadis yang tidak jelas. Ada ribuan hadis menceritakan keluhuran budi, sifat jujur, pemaaf, dilempari batu tetapi sabar dari Nabi Muhammad. Termasuk mukjizatnya membelah bulan, isra miraj terbang ke langit dengan bouraq yang disaksikan ratusan rombongan orang Arab yang bepergian. Nabi Muhammad bisa menceritakan keadaan negara lain. 10-30 Ayat AlQuran dipilih yang sekirannya menyudutkan Islam. Tapi ada ribuan Ayat AlQuran tentang siklus air, orbit, tata surya, ramalan masa depan yang terjadi, siklus makhluk hidup, ilmu biologi, fisika, hukum tata negara, cinta kasih, ekonomi islam, pembelaan budak dan rakyat kecil yang tidak dicantumkan. Ritual Islam mirip Hindu-Buddha itu membuktikan ritual itu memang dahulu kala pernah ada pada jaman Nabi Ibrahim namun disalahgunakan. Islam datang dan meluruskan tata cara ritual itu. ALLAH memiliki kesamaan nama dengan dewa jaman dahulu hanya menurut perkiraan sumber yang tidak punya mesin waktu. Dzulqarnain bukan Alexander Agung diperkirakan itu Cyrus the Great atau itu seseorang bernama Dzulqarnain yang hidup pada masa Nabi Ibrahim. A membagi warisan pada anak dan istri 50%, pada orang tuanya 50%, pada saudara dekat 50%, pada saudara jauh dan tetangga 100%. Menurut orang bodoh itu salah karena jumlahnya 250% tetapi kata orang bijak warisan A Rp. 1 Millliar, 50% atau Rp. 500 Juta diberikan kepada anak-istri, sisa Rp. 500 Juta yang 50% atau Rp. 250 Juta untuk orang tuanya, sisa Rp. 250 Juta yang 50% Rp. 125 Juta untuk saudara dekat, sisa Rp. 125 Juta sebesar 100% atau semuanya diberikan kepada saudara jauh. Kisah Seven Sleepers tidak ada yang bisa membuktikan itu nyata tetapi juga tidak ada bukti itu hanya legenda. 309 tahun menurut AlQuran tetapi AlQuran tidak menulis kisah itu dari periode raja apa. Para sejarahwan yang menyimpulkan kisah itu terjadi pada periode raja apa belum tentu benar. Nabi Ibrahim orang Yahudi sehari-hari berbahasa Yahudi tetapi bila berdoa memakai bahasa Arab seperti sekarang orang Islam dari negara apapun pakai bahasa Arab. Dalam AlQuran lebih banyak ayat teguran ALLAH kepada Nabi Muhammad SAW daripada pujian artinya tidak mngkin Nabi Muhammad menegur dirinya sendiri. Nabi Muhammad menurut Islam adalah manusia biasa yang bisa sakit dan berbuat dosa sama seperti Yesus yang katanya Tuhan tetapi berteriak merengek kesakitan disalib. Ribuan ayat AlQuran berisi larangan berbuat jahat, mengikuti setan, mengutuk setan dan norma perbuatan baik. Tidak mungkin setan menghujat dirinya. Hanya 10-30 ayat AlQuran berisi tentang isi surga wanita cantik kulit putih namun tidak pernah dituliskan mereka ada untuk melayani. Sama seperti perusahaan Perbankan atau Mall atau kantor Telkomsel yang penuh orang kulit putih bukan karena mesum namun bila penjaganya orang kulit hitam jelek busuk seperti wanita Jawa, Ambon, NTT dan Papua tidak ada yang mau pergi ke Surga atau kantor bank/telkomsel/malll. Menurut sebagian hadis Nabi Muhammad menikah dengan anak usia 6-9 tahun Aisyah namun ada hadis lain yang mengatakan Aisyah berusia 12-17 tahun. Tidak ada mesin waktu guna melihat dengan MATA KEPALA SENDIRI hanya dugaan. Bila benar menikah dengan anak usia 6 tahun sebetulnya itu wajar di jaman dahulu. Di jaman sekarang normanya sudah berbeda. Islam malah menganjurkan seks bukan melarang karena itulah gunanya penis-vagina diciptakan. Bila semua orang tidak menikah maka umat manusia akan punah. Di AS-Eropa melarang poligami tetapi homoseksual, pelacuran, lesbi, klub seks malah bebas. Tidak ada yang salah dengan poligami. Ada sedikit ayat AlQuran yang berisi perintah membunuh orang kafir sama seperti kitab pidana hukum konvensional juga mencantumkan pemberantasan kejahatan dan hukuman mati bagi penjahat kelas kakap. Dalam AlQuran yang dibunuh adalah orang kafir yang jahat mereka yang tersinggung karena merasa kafir dan jahat. Nabi Nuh pernah ditentang umatnya dan umat itu mendapat banjir, kota sodom dan gomora juga kafir jadi dihukum hujan batu dan gempa, Firaun dan pengikutnya juga kafir jadi ditenggelamkan di laut. Adalah sifat ALLAH yang MAHA MENGADILI mereka yang tidak taat. Sama seperti azab krisis ekonomi di AS-Eropa, kebakaran hutan di Australia, gempa di Italia, dan badai Catrina sekaligus banjir di AS. Umat Islam banyak yang keras dan fanatik pertanda kecintaan dalam dan keyakinan kuat terhadap agamanya. Termasuk keberanian untuk meninggal. Umat agama lain pengecut, takut mati karena hati nuraninya tidak yakin. Tarik nafas dalam-dalam jangan emosi, sabar.
    Anda tidak pernah menyaksikan sendiri Nabi Muhammad membunuh orang atau berbuat tidak senonoh. Anda hanya tahu dari sebuah sumber yang belum tentu benar. Sumber lain yang menceritakan mukjizat tidak anda percaya. Manusia terbuat dari air, tanah dan darah sekilas tidak konsisten namun coba perhatikan mobil terbuat dari baja/besi, karet, plastik mana yang benar ? semua benar baja/besi untuk membuat rangka, karet membuat ban, plastik membuat interior mobil. Manusia terbuat dari tanah yang 70% bagian tubuh adalah air dan tersusun atas segumpal darah atau DNA. Berapa banyak teroris Islam ? Bandingkan dengan jumlah orang Islam tidak ada 1%. Mahasiswa kafir AS-Eropa sering menembaki temannya sendiri di kampus karena kesurupan setan, Diktator dunia yang pernah membunuh puluhan juta orang adalah kafir Eropa seperti Hitler, Stalin, Causesco. Lebih banyak dari diktator muslim. Siapa yang membom atom Jepang dan menewaskan ratusan juta orang pada Perang Dunia 1-2, perang Korea-Vietnam ? Orang kafir. Menurut Davinci Code umat kristen Eropa membunuh jutaan penganut pagan saat perang kristen vs pagan termasuk membakar ribuan wanita hidup-hidup. Davinci Code buku terlaris dunia dan kristen yang mayoritas umatnya lemah iman tidak bisa apa-apa. Islam masuk ke Mekkah dengan puluhan ribu pasukan tetapi damai. Hati-hati jika anda mempercayai Islam dan teryata Islam salah tidak masalah karena tidak ada agama lain yang mengklaim paling benar dan selain penganutnya masuk neraka. Islam mengklaim agama paling benar dan diluar Islam masuk neraka. Bagaimana bila Islam yang benar ? Islam tidak pernah mendasarkan kebenaran agama pada prestasi duniawi penganutnya tidak seperti agama kafir yang sukses duniawi tapi masuk neraka. AlQuran tidak ada dokumen tertua karena kitab ini bisa dihafalkan, Islam satu-satunya agama yang umatnya terbanyak hafal kitabnya. Pemuka Agama kafir tidak hafal kitabnya sendiri dan harus membaca catatan saat memberi khotbah. Hitungan sains dalam AlQuran salah menurut sumber tertentu yang tidak bisa dipastikan sumber itu yang benar. Apa anda punya mesin waktu dan sudah melihat dengan MATA KEPALA ANDA SENDIRI ada apa di MASA NABI-NABI ? Semuanya masih perkiraan dan tebakan. COBA ANDA HITUNG JARAK MATAHARI-BUMI-BULAN SENDIRI ? TIDAK ADA YANG BISA ! HANYA CORET-CORETAN ANGKA PERKIRAAN DI ATAS KERTAS.
    Orang Arab kulitnya putih- hidung mancung dan tampan-cantik. Beda dengan orang Ambon, Jawa, Papua, NTT yang kafir dan berkulit hitam-pesek jelek mirip wajah iblis calon penghuni neraka. Nama Yesus mirip Zeus dewa Yunani kuno bahkan wajahnya juga mirip. Sama-sama jelek. Buku Davinci Code menelanjangi keburukan kafir. Mulai dari ritual pagan, alkitab yang palsu sampai ritual gereja dari setan. Coba bayangkan apa Yesus pernah mengajarkan umatnya menyembah patung dirinya sendiri dalam keadaan disalib dan telanjang ? Ritual itu dari manusia biasa yang dirasuki setan. Dasar agama porno menyembah orang telanjang. Dasar penyembah berhala. Semua agama selain Islam memiliki ciri sama : terdapat berhala dalam rumah ibadahnya, berlutut dan memohon pada berhala dan ritual ibadahnya muluk-muluk butuh banyak instrumen seperti dupa, minyak, roti, anggur, tongkat, bel, bunga khas penganut pagan. Ritual Islam penganutnya bersih karena wudhu, ritual agama lain penganutnya tidak bersuci sehingga bau najis. Mekkah dihadiri 3 juta orang beriman yang suci dengan ritual yang membuat menangis terharu dan orang kafir dilarang masuk Mekkah-Madinah. Vatikan ritual tidak bermutu berkumpul di lapangan dan tertawa dihadiri pasangan kumpul kebo, mafioso dan pengusaha keuangan yang membuat krisis di AS-Eropa. Cadangan minyak bumi terbesar di dunia di Arab Saudi 250 Milliar barrel dengan nilai ekonomis 12,5 Trillliun Dollar. Wilayah Arab Saudi, Iran, Iraq, Qatar, Kuwait, Uni Emirat Arab, Iraq dengan penduduk kurang dari 200 Juta orang punya total cadangan gas alam 2500 Trilliun kaki kubik dan cadangan minyak dunia 750 Milliar barrel dengan total nilai ekonomis USD 70 Trilliun. Dengan harga gas alam dan minyak bumi berdasarkan harga sekarang dalam belasan tahun mendatang harga minyak dan gas alam semakin naik. Amerika-Eropa dengan penduduk 1,5 Milliar orang kafir kekayaan minyak, gas alam dan batubara nilainya kurang dari USD 35 Trillun. Dengan kerakusan Amerika-Eropa maka terpaksa mengemis ke negara timur tengah untuk memberi energi. Tanpa kebaikan hati negara timur tengah yang sebetulnya bisa mengolah sendiri minyak dan gasnya, 1,5 Milliar orang kafir Amerika-Eropa akan mati kedinginan, mobil, mesin perang, mesin pabrik, listrik tidak bisa bergerak. Meskipun Amerika-Eropa mati-matian menggunakan tenaga Nuklir tetap saja butuh minyak. Di Amerika-Eropa terdapat puluhan ribu rumah bordil dengan jutaan WTS kafir, transaksi Narkoba bebas, penyakit AIDS merajalela, belum lagi mafia, obat bius dan motonya : Salib, Payudara, Darah dan Narkoba. Berdasarkan wikipedia dana kekayaan negara (Souverignity Wealth Fund) Abu Dhabi terbesar punya USD 875 Milliar atau USD 1 Juta per penduduk, Qatar punya USD 60 Milliar atau USD 250 Ribu per penduduk, berdasarkan data hutang negara, 20 negara penghutang terbesar adalah negara penduduk kafir yang sekarang semakin terjepit dengan sistem kapitalisme kafir yang berdasarkan saham, judi dan spekulasi. Ditambah tipuan investasi ala Yahudi Madoff yang membuat negara kafir makin merasakan azab Tuhan. Negara AS sudah bangkrut karena 10 juta rumah yang disita bank. Sedangkan Arab yang ekonomi Islam bersih tetap selamat apalagi didukung minyak dan gas pemberian Tuhan. Benar benar negara kafir. Orang Amerika-Eropa bau daging busuk.
    Negara kafir Amerika-Eropa-Australia sering terkena bencana alam seperti badai catrina yang menyapu jutaan rumah dan ribuan orang tewas itulah azab Tuhan. Negara Arab belum ada bencana, kecuali Iran yang memang banyak muslim murtad. Negara Arab tidak membuat senjata canggih seperti Israel, Eropa, AS karena Arab cinta damai, tidak berpikiran untuk membunuh apalagi berperang. AS-Eropa-Israel adalah bangsa kafir pembunuh sehingga menciptakan banyak senjata. Arab terpaksa membeli mesin perang tetapi bila digabung mesin perang Arab sekarang ini lebih banyak dari gabungan mesin perang Eropa dan Israel. TIPS MENGUJI AGAMA : COBA ANDA BERDIAM DI KUBURAN ATAU TEMPAT ANGKER DAN BILA DIDATANGI MAKHLUK HALUS COBA DOA AGAMA SELAIN ISLAM PASTI SEMAKIN BANYAK YANG MENDEKATI ANDA BAHKAN MENARI TERTAWA MENDENGAR DOA AGAMA LAIN SEPERTI LAGU SETAN, BILA DIBACA DOA ISLAM PASTI TERBAKAR……BILA ANDA BERIBADAH DENGAN RITUAL AGAMA LAIN HASILNYA KOSONG BILA DENGAN CARA ISLAM DILAKUKAN RUTIN PASTI DAMAI, MENANGIS, DAN TENANG. KEBANYAKAN ROH GENTAYANGAN ADALAH UMAT NON ISLAM, KAUM ATHEIS KOMUNIS, PENYEMBAH BERHALA DAN PENGIKUT AJARAN NENEK MOYANG TERUTAMA KEJAWEN. GAIB ITU MEMANG EKSIS!!
    Jangan nangis dan tidak usah di approve bila malu, cukup dibaca pembuat blog saja.

    Country – Entity
    External Debt
    (million US$)
    External Debt
    Per Capita (US$)
    External debt (% of GDP)
     United States[1]
    $13,703,567
    $42,343
    99.95%
     United Kingdom
    $10,450,000
    $174,167
    374.96%
     Germany
    $4,489,000
    $54,604
    159.92%
     France
    $4,396,000
    $68,183
    211.86%
     Netherlands
    $2,277,000
    $136,795
    352.75%
     Ireland
    $1,841,000
    $448,032
    960.86%
     Japan
    $1,492,000
    $45,287
    34.93%
     Switzerland
    $1,340,000
    $509,529
    441.95%
     Belgium
    $1,313,000
    $126,202
    348.74%
     Spain
    $1,084,000
    $176,019
    79.65%
     Italy
    $996,300
    $124,049
    55.35%
     Australia
    $826,400
    $38,798
    106.91%
     Canada
    $758,600
    $35,574
    59.69%
     Austria
    $752,500
    $90,289
    233.70%
     Sweden
    $598,200
    $65,048
    176.72%
     Hong Kong
    $588,000
    $84,445
    200.48%
     Denmark
    $492,600
    $89,853
    242.30%
     Norway
    $469,100
    $98,530
    190.23%
     China
    $363,000
    $271
    5.11%
     Russia
    $356,500
    $2,500
    17.00%

  22. Yos@ABI says:

    hoalah… iki opo yo ???

  23. hahaha says:

    Di AS-Eropa wanita kulit cokelat Latin dan keturunan Afrika tetap berkulit cokelat dan hitam karena di AS-Eropa kulit cokelat dianggap bagus. Di AS-Eropa sedang marak salon pencokelat kulit. Di AS-Eropa banyak wanita kulit putih rambut blondie-mata biru yang kulitnya jadi cokelat karena salon. Menurut wikipedia ada 30 Juta wanita kulit putih AS pelanggan 50 Ribu salon pencokelat kulit dengan nilai pasar Rp. 50 Trilliun setahun. Miss Universe 2006 Zuleyka Rivera, Miss USA 2007-2008 Rachel Smith-Crsytle Stewart adalah wanita kulit hitam. 90% pria AS kulit putih, 10% pria kulit hitam Barack Obama jadi Presiden AS karena dianggap tampan wanita kulit putih AS di California, New York, Florida dan Ohio. Di Bali banyak wanita kulit putih-blondie AS-Eropa jadi pacar pria Indonesia kulit cokelat, karena bosan dengan 1 Milliar pria kulit putih AS-Eropa yang lebih putih dari pria kulit putih Indonesia. Iklan krim pemutih kulit pakai wanita kulit putih yang tinggi, seksi, bentuk wajah menarik hingga kulit putih terkesan bagus. Orang kulit putih Indonesia yang pendek, kurus atau gemuk, wajahnya jelek, tonggos, jerawatan tidak ditampilkan di Televisi untuk menjaga citra kulit putih. Wanita kulit putih-blondie AS berkulit kecokelatan karena salon pencokelat lebih manis dari wanita Indonesia pakai pemutih yang pucat. Artis kulit hitam-cokelat AS Leona Lewis-Eva Mendez lebih cantik dari artis kulit putih Indonesia.
    Pembunuhan karakter dimulai ketika AS-Eropa melalui film Holywood secara sepihak menetapkan dan mempromosikan fisik makhluk Tuhan yang bagus adalah fisik kulit putih-hidung besar ala Keanu Reeves-Angelina Jolie dengan bantuan fashion, kosmetik, beragam skenario romantis yang intinya pemujaan fisik kulit putih-hidung besar. Ini sebenarnya berbau penipuan terbesar sepanjang sejarah umat manusia, karena jika kita pergi ke AS-Eropa kita akan melihat 1,5 Milliar warga Amerika-Eropa fisiknya ternyata berkulit putih-hidung besar mirip Keanu Reeves-Angelina Jolie. Fisik kulit putih-hidung besar sebenarnya biasa dan pasaran di Jalanan AS-Eropa. Fisik kulit putih-hidung besar Richard Kevin-Christian Sugiono terlihat menarik bagi warga Indonesia karena jarang di Indonesia. Di AS-Eropa fisik kulit-hidung besar Richard Kevin-Christian Sugiono-Cinta Laura dianggap jelek dan pasaran. Perasaan wanita AS-Eropa melihat pria kulit putih-hidung besar seperti Andrew White sebenarnya sama dengan perasaan wanita Indonesia melihat pria kulit cokelat-hidung kecil Thukul. Jika di Indonesia fisik kulit cokelat-hidung kecil dianggap biasa dan ndeso karena identik dengan wajah buruh, sopir angkot, preman, pengemis, orang kampung maka di Amerika-Eropa kita akan melihat 500 Juta buruh, sopir angkot, penjahat, pengemis dan orang kampung berkulit putih-hidung besar mirip Richard Kevin-Andrew White-Mike Lewis-Christian Sugiono. Kalau Tom Cruise tampan AS-Eropa 1 jam runtuh karena semua wanita AS-Eropa mengejar 200 Juta Buruh Amerika-Eropa yang semuanya berkulit putih-hidung besar mirip Tom Cruise. Sepakbola Eropa di Televisi, saat pemain bola yang dianggap tampan mencetak gol, ada belasan ribu suporter telanjang semuanya pria kulit putih-hidung besar mirip pemain bola pencetak gol. Karena rasisme warga Amerika-Eropa memuji fisiknya sendiri bagus di media. Film Holywood memuji fisik kulit putih-hidung besar karena mirip 4 Juta tentara AS, Media Indonesia harus mendukung kulit cokelat karena mirip 400.000 TNI. Film Holywood yang mempromosikan pria kulit putih tampan seperti Tom Cruise dilempar ke Negara yang mayoritas pria kulit cokelat seperti Indonesia, India, Afrika, Amerika Latin, Arab Saudi, Kuwait, Oman sementara film Holywood yang mempromosikan pria kulit hitam-cokelat tampan seperti Will Smith-Dwayne Johnson dilempar ke Negara yang mayoritas pria kulit putih seperti Rusia, Eropa Timur, Palestina, Afghanistan, Iran, Iraq, Argentina, China, Jepang. Karena film Holywood memanfaatkan efek psikologis suatu negara yang penduduknya mayoritas pria kulit putih termasuk pengemis dan gelandangan, wanitanya pasti bosan melihat pria kulit putih dan suka dengan pria kulit gelap, di Negara mayoritas pria kulit cokelat tentu pria kulit putih terlihat menarik. Itu sebabnya Agen CIA di Indonesia-Afrika-India adalah pria kulit putih. Di Rusia-Polandia-Iran-Korut-China yang dikirim Agen CIA kulit gelap.
    Kenapa Donat JCo warna cokelat-hitam lebih laris daripada Donat JCo warna putih putih ? Karena Warna cokelat-hitam terlihat lebih menggemaskan dan manis daripada warna putih. Donat JCo warna cokelat simbol dari kulit cokelat-hitam dan Donat JCo warna putih simbol dari kulit putih. Dahulu tanpa televisi, manusia secara ALAMI lebih menyukai kulit cokelat-hitam karena seksi dan manis daripada kulit putih yang aneh dan hambar. Jaman dahulu Ratu, Nabi berpredikat tampan-cantik itu berkulit cokelat seperti Shifa/Balqis istri Nabi Sulaiman, Cleopatra, Nabi Yusuf. Tanpa promosi televisi Kulit cokelat-hitam manis seperti warna brownies, silverqueen, muffin, roti Boi, untuk seks tidak cepat bosan, tahan cuaca, anti penyakit kulit, awet muda tidak cepat keriput. Kue Brownies dan Black Forest dari Eropa lezat manis dari kata Brown dan Black simbol pria-wanita berkulit cokelat-hitam manis.
    Warga AS-Eropa melihat kulit cokelat sama seperti orang Indonesia melihat kulit putih. Warga AS-Eropa jenuh dan bosan melihat kulit putih-hidung besar karena 90% warga AS-Eropa berkulit putih-hidung besar, minoritas kulit cokelat-hitam terlihat seksi, tampan-cantik, menarik. 500 Juta warga AS-Eropa berkulit putih-hidung besar menjadi orang miskin-desa, pengangguran, supoter, gelandangan, pengemis, pekerja kasar, 3 juta narapidana, pasien rumah sakit jiwa jadi citra kulit putih-hidung besar buruk. Citra kulit cokelat bagus karena Penyanyi kulit cokelat-hitam mendominasi musik AS-Eropa, Basket olahraga favorit AS 90% atletnya kulit hitam, Pemain bola terhebat adalah kulit cokelat-hitam Brazil, Prancis, Afrika, Atletik penyumbang medali terbanyak di Olimpiade adalah kulit hitam warga AS, Oprah Winfrey kulit hitam selebritis terkaya di AS. Pendapatan menengah kulit hitam naik lebih pesat dari kulit putih Amerika. Di AS jumlah etnis India dibawah 5% dari populasi AS tetapi lebih dari 20% Ilmuwan, Peneliti NASA dan Profesional perusahaan teknologi, keuangan dan farmasi di AS adalah orang India berkulit cokelat sederhana dan istri mereka wanita kulit putih-blondie AS kaya raya yang sudah berkulit kecokelatan karena salon dan spa.
    Tiap musim liburan jutaan wanita bule AS-Eropa berlibur ke pantai tropis Hawaii, St Tropaz Eropa, Kuta Bali berjemur matahari demi kulit cokelat dan cari kekasih pria kulit cokelat karena seksi dan cute. 25% populasi artis film, artis TV, bintang iklan dan model AS-Eropa adalah warga berkulit hitam padahal populasi warga berkulit hitam hanya 12,5% penduduk AS-Eropa. 50% Artis kulit putih seperti Lindsay Loohan, Britney Spears, Nicholas Cage, Jessica Alba, Paris Hilton, Pamela Anderson, Tom Cruise sudah berkulit kecokelatan karena pakai krim pencokelat kulit mocca. Di Internet search “tanning” ada tren sejak Tahun 1970 wanita kulit putih AS-Eropa ke salon tanning pencoklat kulit. Bandingkan warna kulit wanita selebritis-kaum kaya AS-Eropa pasti kadar keputihannya berkurang jadi semu kecokelatan dibandingkan wanita AS-Eropa biasa yang berkulit putih pucat itu karena krim kulit cokelat dan berlibur ke tempat tropis biayanya mahal. Miss Inggris Danielle Lloyd kulit putih-blondie jadi kulit cokelat karena salon dan pacar Marcus Bent pemain bola kulit hitam miskin. Di TV Sepakbola Eropa, Miss USA, James Bond, Baywatch, Film Holywood Trans TV-TV7, Acara Berita CNN Pemainnya atlet, artis, presenter berkulit putih semu kecokelatan. Banyak wanita kulit putih-blondie AS-Eropa menikahi pria kulit cokelat-hitam. Seperti artis kaya Heidi Klum-penyanyi miskin Seal, supermodel Adriana Sklenarikova-pengangguran Christian Karembeu, borjuis Ellie Nordegreen-pegolf Tiger Woods, penyanyi Mariah Carey-Nick Cannon.
    Di AS-Eropa Leonardo Di Caprio, Keanu Reeves, Britney Spears, Angelina Jolie, Maria Sharapova, David Beckham adalah fisik biasa, pasaran dan mudah ditemui di jalanan AS-Eropa, mereka disebut tampan-cantik karena punya prestasi musik, film, dan olahraga. AS-Eropa menghargai fisik kulit putih khas bangsanya sendiri walau sebenarnya sudah biasa. Namun dipilih yang seksi, tinggi atletis, bentuk wajah bagus, punya prestasi, dipoles fashion, kosmetik pencoklat kulit. Artis AS-Eropa kulit cokelat-hitam yang sebenarnya disukai publik AS-Eropa seperti : Halle Berry, Will Smith, Beyonce Knowles, Craig David, Jamie Foxx, Jennifer Lopez, Eva Mendes, Eva Longoria, Rihanna, Leona Lewis dan dibayar Rp. 10 Milliar per bulan, menikahi wanita bule AS-Eropa payudara besar, rambut blondie, pakai krim pencoklat kulit. Pria kulit putih tanpa prestasi dianggap jelek di AS-Eropa kabur ke Indonesia jadi artis Blasteran Indonesia dibayar Rp. 100 Juta per bulan dan menikahi wanita Indonesia pakai pemutih, rambut hitam.
    Pemerintah Indonesia bisa mencontoh pemerintah China, dulu etnis China dan orang kulit hitam di Amerika Serikat adalah budak pembangunan rel dan jalan namun pada akhirnya orang kulit hitam AS bisa melejit jadi jutawan mendominasi Pemerintahan AS, pengacara, artis, model sampai pemain basket sementara etnis China masih miskin dan banyak yang menjadi pengemis di AS, lebih parah lagi Etnis Latin dan India berkulit cokelat yang berstatus pendatang langsung bisa jadi eksekutif perusahaan. Setelah diselidiki ternyata karena fisik kulit cokelat-hitam Afrika, India, Latin bertebaran di Film Holywood, Telenovela dan wanita kulit cokelat-hitam Latin-India sering menang Miss Universe-Miss World, fisik orang China tidak ada yang jadi artis-model Holywood dan wanita China belum pernah menang Miss Universe-Miss World. Fisik etnis China dianggap biasa oleh orang China di negaranya sendiri karena semua 1,5 Milliar penduduknya berkulit putih-hidung kecil-mata sipit termasuk gelandangan, pengemis, buruh, petani, tentara dan orang China suka fisik orang Amerika-Eropa yang kulit putih-hidung besar-mata besar karena dipromosikan film Holywood dan fisik itu jarang di Negara China sehingga terlihat menggemaskan. Akhirnya orang China tahu bahwa fisik kulit putih-hidung-besar adalah pasaran di Amerika-Eropa. Akhirnya pemerintah China mempromosikan fisik Etnis China melalui film mandarin mirip skenario film Holywood, tetapi pemeran si tampan-cantik diganti fisik kulit putih-hidung kecil-mata sipit ala Jet Lee-Gong Li mirip fisik 1,5 Milliar orang China.

  24. haha says:

    Ikut MLM apapun juga kalau berhasil pasti menguntungkan dan dapat bonus, cuma masalahnya sekarang ini sudah susah cari member lain karena MLM pasarnya sudah jenuh khususnya Tianshi, mending kita balik ke bisnis konvensional, jadi PNS, pegawai swasta yang pendapatannya pasti. sekarang gini aja misalkan member tiansi sekarang katakanlah 1 juta dan masing masing sudah presentasi 100 kali berarti sudah 100 juta orang Indonesia tahu tianshi? misalkan lhooo… member tianshi yang dapat reward biasanya adalamh member yang joinnya sudah lama sekali saat itu belum banyak penduduk tahu tianshi? selain itu MLM kesannya di mata masyarakat sebagai bisnisnya pengangguran yang ditolak masuk perusahaan yang cuma pintar bicara? maaf kalau ada yang tersinggung

    HEHEHE JANGAN MARAH DONK, MEMBER TIANSHI MEMANG BANYAK YANG KERJA DAN PUNYA JABATAN TETAPI SEBAGIAN BESAR ADALAH KAUM PENGANGGURAN DAN TIDAK TERDIDIK..JADI MALU IKUT TIANSHI

    reply
    bobi (not verified) on November 04th 2008

    DI NEGARA MAJU SEPERTI AMERIKA-EROPA, YANG IKUT TIANSHI ADALAH BULE MISKIN DAN BODOH, SERTA IMIGRAN CINA YANG SIPIT PESEK JELEK MIRIP BABI! DI INDONESIA YANG IKUT TIANSHI BIASANYA ADALAH ORANG BODOH, MALAS, MANJA TIDAK PUNYA KEAHLIAN IPTEK, KEUANGAN, KEDOKTERAN, OLAHRAGA, SENI, NYANYI, SEHINGGA TIDAK PUNYA KEMAMPUAN MENCARI UANG, WAJAHNYA JELEK JADI DITOLAK JADI ARTIS, MODEL SERTA BODOH JADI TIDAK DITERIMA JADI PNS-PEGAWAI SWASTA! KERJA MLM ADALAH PEKERJAAN MINUS KEAHLIAN, TANPA STATUS, KASTA TERENDAH, MALU-MALUIN KARENA BISANYA CARI ORANG TERUS NAWARI SAMBIL MODAL NEKAT DAN LUDAH! MIRIP SALESMAN HIIII JIJIK! BIAR KAYA PUN TETAP MEMALUKAN! ORANG KAYA YANG TERHORMAT ITU JADI PENGUSAHA, POLITISI, PEJABAT, ILMUWAN, DOKTER, PENGACARA, DIREKTUR, MANAJER, ARTIS, MODEL, DLL! ADA GENGSINYA! LAGIAN YANG KAYA DAN PUNYA PENDAPATAN PASIF DI TIANSHI HANYA BRONZE LION, SILVER LION, GOLD LION, DIREKTUR YANG CUMA 200AN ORANG ATAU 0,0005% DARI 1 JUTA MEMBER TIANSHI INDONESIA! 1 JUTA MEMBER LAIN BINTANG 1 SAMPAI BINTANG 8 GAK JELAS! KALO JARINGAN MACET YANG GAK DAPAT UANG! ALIAS KERE MISKIN! UNTUK JADI PERINGKAT LION MINIMAL BUTUH 500AN DOWNLINE COBA BAYANGKAN ANDAI 1 JUTA MEMBER TIANSHI INDONESIA BUTUH 500 ORANG DOWNLINE BERARTI TOTAL 1 MILLIAR ORANG ATAU 5 KALI TOTAL PENDUDUK INDONESIA! KAYA DARI TIANSHI MAKSIMAL DAPAT HADIAH MURAH MERIAH : MERCY 500 jUTA, KAPAL 1 MILLIAR, PESAWAT BALING-BALING PERANG DUNIA 2 MILLIAR, VILLA 3 MILLIAR! PENGUSAHA BISA BELI MOBIL MAYBACH 4,5 MILLIAR, KAPAL YACHT 10 MILLIAR, PESAWAT JET 100 MILLIAR, ISTANA 100 MILLIAR ! YANG HEBAT ITU AMERIKA-EROPA PERUSAHAAN KOMPUTER, MOBIL, ELEKTRONIK, MESIN, FARMASI, ROKOK, PERBANKAN, ASURANSI, KONSTRUKSI MANTAP DAN MEMANG DIBUTUHKAN! SUPLEMEN TIANSHI UNTUK MENCEGAH SESUATU YANG BELUM TERJADI ATAU PENYAKIT YANG TIDAK PASTI! BELUM TENTU KITA MINUM TIANSHI BISA BEBAS DARI PENYAKIT ITU! BELUM TENTU KITA TIDAK MINUM TIANSHI KITA KENA PENYAKIT ITU! EFEK JANGKA PANJANG TIANSHI JIKA DIKONSUMSI TERUS MENERUS BELUM DIKETAHUI! TIANSHI BARU BERDIRI 15 TAHUN ARTINYA JANGKA PANJANG OBAT 20 TAHUN KEATAS BELUM TERBUKTI! TOTAL BIAYA YANG DIKELUARKAN BILA MENGKONSUMSI TIANSHI RUTIN LEBIH BANYAK DARIPADA BIAYA RUMAH SAKIT BILA KITA KENA PENYAKIT ITU! MENDING BAYAR ASURANSI KESEHATAN LEBIH MURAH CUMA RP. 100 RIBU PERBULAN TETAPI SEMUA PENYAKIT DITANGGUNG! MEMBER TIANSHI KALAU KECELAKAAN, SAKIT PERLU OPERASI APA ADA YANG NANGGUNG? APA BISA SEMBUH MINUM TIANSHI? KALO PEGAWAI DITANGGUNG PERUSAHAAN JADI AMAN! TIANSHI PRODUKNYA TIDAK BIBUTUHKAN MASYARAKAT! HEI DALAM DAFTAR 600 ORANG TERKAYA DUNIA (WWW.FORBES.COM) YANG DARI TIANSHI CUMA 1 ORANG YAITU LI JIN YUAN BANGSAT SENDIRI ITUPUN CUMA PERINGKAT 500AN ALIAS PALING BONTOT! KEKAYAAN NYA HANYA Rp. 1,2 TRILLIUN HASIL NIPU ORANG BODOH!
    MASIH KALAH DARI ABURIZAL BAKRI RP. 54 TRILLIUN DARI BATUBARA, MINYAK, TEKNOLOGI COY! ATAU DARI BILL GATES RP 540 TRILLLIUN DARI TEKONOLOGI JUGA COY! DARI 1 JUTA MEMBER TIANSHI KALAU SUDAH PRESENTASI 100 KALI PER ORANG BERARTI SUDAH 100 JUTA PENDUDUK INDONESIA YANG PAHAM TIANSHI DAN SUDAH NOLAK! TIANSHI SUDAH BASI! YANG 100 JUTA ITU MASING2 MENGHUBUNGI 1 ORANG BERARTI 200 JUTA PENDUDUK INDONESIA SUDAH MUAK TIANSHI! BUBARIN TIANSHI!

    • Chandra says:

      @ haha
      emang benar rata2 yang join tiens itu orang malas tp punya impian..
      mungkin karna anda gagal dan tidak mau mencoba jadi merasa penduduk indo sudah banyak yang mengenal tiens.
      seharusnya anda senang banyak org tau tentang tiens,itu berarti sudah tidak diragukan lagi..
      semangat aja bro,jgn terpaku terlalu lama sama pintu yg tertutup..
      @ bobi
      emang iya tienser itu malas2 dan g pny ke ahlian.
      tp kita pny impian.
      perlu anda tau,95% sukses di pengaruhi oleh impian dan 5% yg lainnya seperti life skill (hal g penting)
      sekarang microsoft aja mau kerja sama sama tiens dan china sudah menggeser peringkat german sebagai negara pengekspor no 1.
      yang kamu liat peringkat Mr Li taun kpn,?
      kalo mebernya aja bisa pada pny fasilitas mewah pasti Mr Li pun lebih mewah daripada membernya.
      INGET !! yang sudah merasakan itu bukan hanya1/2 org,sudah jutaan penduduk di dunia..
      Termasuk saya.
      Cukup fokus dan konsisten selama 2 tahun,,sekarang saya punya BMW E90 dan penghasilan /bln + dari 40jt..
      Kerja dimana 2 tahun sudah pny BMW,?
      mau kerja di kantoran?
      sampai anda mati dan hidup lagi jg blm tntu pny BMW.
      BMW ini jelas mobil mewah gk sembarang orang pny BMW.
      hehehe
      udah mas,jgn karna gagal jd ngejelekin..
      itung2an nya gak masuk akal,saya aja cma pnya downline 14 tp bisa menikmati hidup.
      Nikmatin aja bro kalu anda memang member tiens..
      Dan sudah pasti member tiens adalah orang sukses dan calon orang skses..
      @_@

      • asal ngomong says:

        kalo ga sukses jangan ngejelekin mas….coba aj kerja dua tahun…paling anda masih mencicil motor bebek.
        kami disini sudah pernah jalan2 ke luar negeri berkali2 padahal bukan musm liburan. knp bisa..? kamu tidak terikat pekerjaan yang menghabiskan waktu kami. kami tidak seperti anda, yang rela mengabiskan hampir seluruh waktu dan hanya dibayar kcil oleh pemimpin kalian. itu smua karena kami punya mimpi. orang yg tidak punya mimpi, hidupnya sama saja tidak berguna dan bisa dibilang sudah berakhir.

  25. Someone says:

    Setiap hari kurs Dollar bergerak naik turun sebesar 100-300 poin terhadap kurs Poundsterling, Swiss Franc, Yen Jepang, Dollar Australia, Euro. Setiap pergerakan 1 poin bila kita tepat memprediksi kita dapat untung Rp. 100.000 untuk tiap lot yang ditransaksikan. 1 lot senilai Rp. 10 Juta sehingga investasi minimal Rp. 100 Juta sehingga Rp. 10 Juta ditransaksikan atau 1 lot sementara Rp.90 Juta untuk cadangan. Kita bisa untung-rugi Rp. 100.000 x 100-300 poin = Rp. 1-3 Juta perhari untuk tiap 1 lot yang kita transaksikan. Trik paling jitu dalam 1 hari transaksi hanya 1 lot bila rugi 5-10 poin langsung keluar, bila untung 5-10 poin langsung keluar. Setiap hari transaksi pasti ada pengumuman harga tertinggi dan terendah kemarin. Dan bila pembukaan harga hari ini mendekati harga tertinggi setelah itu biasanya langsung turun sedikit 10-30 poin baru kemudian langsung melejit menciptakan harga tertinggi baru. Bila pembukaan harga hari ini mendekati harga terendah biasanya langsung naik sedikit 10-30 poin baru kemudian langsung turun terus. Setiap kantor cabang futures harus membukukan transaksi minimal Rp. 6 Milliar per bulan/Rp. 300 Juta per 20 hari kerja atau 600 Lot per bulan atau 30 Lot per 20 hari kerja. Ini berarti dana investasi nasabah minimal Rp. 3 Milliar sehingga bisa ditransaksikan Rp. 300 Juta per hari. Komisi yang diterima Rp. 500.000 x 600 Lot = Rp. 300 Juta. Pembagiannya = Rp. 120 Juta bonus marketing (Rp. 200.000 x 600 Lot), Rp. 60 Juta untuk setor ke kantor pusat (keuntungan, pajak, komisi Bappebti), Rp.120 Juta untuk biaya operasional kantor cabang = Rp. 20 Juta untuk listrik, air, telpon, konsumsi, iklan, bensin, sewa gedung dll, Rp. 30 Juta gaji tetap 4 Sekretaris-HRD-Admin, 4 Dealer, 2 Satpam, 2 Respsionis, 2 Office Boy, Rp. 70 Juta untuk Gaji dan Bonus = Branch Manager Rp. 25 Juta, 2 Marketing Manager Rp. 25 Juta, 4 Asisten Manager Rp. 20 Juta. Tiap kantor cabang bisa punya 50-100 Marketing yang dapat target 30 Marketing masing-masing dapat dana Rp. 100 Juta per bulan. Saya melamar marketing tahun 2004, sebelumnya saya jadi pembantu, kuli, pengemis, pengamen. Kerja keras keliling kota 5 bulan pertama jadi marketing saya gagal tapi bulan ke 6 saya menemukan HP Vertu seharga Rp. 200 Juta di ATM sebuah mall di Jakarta. Langsung saya investasikan dan saya transaksikan sebesar Rp. 20 Juta per hari (2 Lot). Tiap untung 5-10 Poin saya keluar = Rp. 500.000-1 Juta x 2 Lot = Rp. Rp. 1 Juta-Rp. 2 Juta per hari. Tetapi tidak tentu karena kadang rugi. Tetapi 1 bulan bisa untung rata-rata Rp. 30 Juta ditambah Bonus 40 Lot x Rp. 200.000 = Rp. 8 Juta saya bisa kantongi Rp. 38 Juta perbulan. Dan semakin meningkat karena keuntungannya saya investasikan kembali. Singkatnya 4 tahun kemudian kekayaan saya menjadi Rp. 60 Milliar. Akhirnya tahun 2009 saya memutuskan berhenti. Kini saya hidup mewah bangun jam 10 siang makan daging babi dan keju-susu ditemani 4 wanita China,Mando, Blasteran Thailand, Blasteran Korea cantik kulitnya putih seksi. Setiap hari saya bisa seks sampai 10 kali. Sebenarnya mereka terpaksa tetapi saya bayar dan saya ancam. Harta Saya : Rumah Rp. 12 Milliar (Pondok Indah 800 Meter Rp. 8 Milliar, Apartemen Da Vinci Rp. 2 Milliar, Resort Bali Rp. 2 Milliar). Alat Transportasi Rp. 4 Milliar (Jaguar Rp. 1,5 Milliar, Mercedes Benz C Class Rp. 550 Juta, BMW Rp. 450 Juta, Toyota Innova Rp. 250 Juta, Audi Rp. 750 Juta, Honda City Rp. 200 Juta, Nissan X trail Rp. 300 Juta), Kapal Pesiar Pribadi Rp. 2 Milliar). Lain-Lain Rp. 4 Milliar (Peralatan Rumah Tangga Rp. 1 Milliar, Perhiasan Rp. 2 Milliar, Pakaian Rp. 1 Milliar). Tabungan Rp. 20 Milliar, Di luar negeri Rp. 20 Milliar (Tabungan di Singapura, Swiss, Prancis). Saya akui hidup saya bergelimang dosa kira-kira bila kalian jadi saya apa yang kalian lakukan? Kalian mau hidup miskin lagi? Coba mikir..Sekarang saya berhenti main Futures karena harus mengamati komputer 24 Jam jadi malas. saya hidup dari bunga bank Rp. 2,4 Milliar per tahun..Sudah banyak nasabah yang saya tipu..kira-kira 100 orang dengan dana lebih dari Rp. 100 Milliar, karena saya pernah jadi kepala cabang (Branch Manager) jadi yang ditipu anak buah juga tanggung jawab saya, tetapi saya benar gak tahan untuk ngeluarkan spreman dan mencium tubuh putih seksi..apa yang harus saya lakukan?

  26. Hahaha says:

    Rejeki seseorang tidak tergantung kepandaian dan kerja kerasnya. Contoh perhatikan kisah 1 orang Malaysia bodoh mengalahkan 7 orang Jawa pandai :
    Kisah ini menceritakan tentang 7 orang pemuda pandai selalu juara kelas, meraih nilai tertinggi dan selalu belajar sampai larut malam. 7 orang pemuda pandai itu akhirnya berhasil lulus S1 dengan menjadi wisudawan terbaik di bidangnya bahkan mereka memperoleh beasiswa S2-S3 gratis. 7 orang pemuda itu terdiri dari lulusan fakultas kedokteran yang menjadi dokter spesialis, lulusan fakultas teknik perminyakan yang jadi tenaga ahli di BUMN, lulusan fakultas teknik informasi yang menjadi programmer provider telepon seluler, lulusan Akuntansi yang jadi Akuntan Departemen Keuangan, lulusan fakultas hukum yang jadi pengacara terkenal, lulusan fakultas ekonomi yang jadi Manajer Bank Asing, lulusan fakultas teknik pertambangan yang kerja di perusahaan asing. 7 orang itu memiliki kesamaan : etnis Jawa, wisudawan terbaik, dari universitas paling hebat di Indonesia, dan bekerja dengan penghasilan Rp. 100 Juta perbulan (Menurut survey Human Resources Consulting pekerjaan sebagai dokter, staff ahli minyak BUMN, programmer provider telepon seluler, akuntan departemen keuangan, pengacara, pegawai pertambangan asing dan pegawai Bank asing kerja 1-3 tahun gajinya Rp. 5-10 Juta perbulan, kerja 3-10 tahun gajinya Rp. 10-50 Juta perbulan, kerja diatas 10 tahun gajinya Rp. 50-200 Juta perbulan). 7 orang itu berasal dari daerah sehingga agak kampungan, berkulit hitam legam, pendek, gemuk dan mukanya sangat jelek tapi karena merasa hebat jadi sombong. Suatu saat ke 7 orang itu pergi ke Plaza Ambassador di Jogjakarta dan bertemu 4 wanita Jawa asli mirip Dian Sastrowardoyo, Dhini Aminarti, Agni Pratishta, Ririn Dwi Ariyanti dan 3 wanita Jawa blasteran mirip Nadine Chandrawinata, Luna Maya dan Rianti Cartwright. Berhubung 7 wanita itu berkulit putih cantik seksi dan tinggi, 7 pria itu langsung terpikat dan jatuh hati. Tetapi karena 7 pria itu sangat jelek dan seram maka 7 wanita cantik itu jijik langsung 7 pria kaya pandai tapi agak “ngowoh” mengeluarkan jurus saktinya pamer harta dan jabatan. Akhirnya setelah diancam, 7 wanita cantik itu mau jadi istri tetapi minta uang belanja gila-gilaan beserta rumah dan mobil. Setelah disanggupi akhirnya mereka menikah, tetapi setiap malam 7 pria itu selalu tertidur lelap tanpa sempat menikmati tubuh istrinya. Karena pria Dokter dibelikan PS oleh istrinya dan ketika malam pria Dokter suka bermain PS dan akhirnya tertidur lelap, pria pegawai BUMN selalu diberi susu dicampur obat tidur oleh istrinya, pria programmer dibelikan fasilitas Komputer dan internet oleh istrinya sehingga selalu bermain internet sampai malam dan akhirnya ketiduran, pria akuntan karena sering menghitung angka akhirnya selalu tertidur terkena hipnotis angka dari istrinya yang mantan pesulap, pria pengacara selalu sibuk membaca dokumen kasus sampai malam hingga ketiduran, pria pegawai Bank juga terkena hipnotis tapi agak sadis karena dia dihipnotis agar seolah-olah merasa berhubungan badan dengan istrinya padahal dengan pembantunya dan di kamar pembantu, pria pekerja perusahaan asing pertambangan dibelikan mainan robot, kereta api dan tentara oleh istrinya sehingga selalu bermain sampai malam dan akhirnya tertidur. Hari demi hari hanya itu yang dilakukan 7 wanita itu terus menumpuk harta dan setiap kali mau dicium selalu menghindar dan selalu lolos dari hubungan badan di malam hari. Diam-diam 7 wanita itu sudah merencanakan merampas semua harta 7 pria kampungan itu namun mereka menunggu sampai hartanya sudah terkumpul banyak. Saat 7 wanita itu sedang pergi ke Mall bertemu dengan 1 pria pengangguran lulusan SMU di Indonesia asal Malaysia yang tinggi, atletis dan berwajah tampan dengan rambut agak gondrong. 7 wanita itu langsung tergila-gila dengan 1 pria Malaysia itu dan bersedia dipoligami. Namun pria Malaysia itu memberi syarat agar 7 wanita itu bersedia menguasai semua harta suaminya dan memberikannya kepada pria Malaysia itu. 7 wanita itu sanggup dan merencanakan taktik “Final Solution” dengan meminta suami masing-masing untuk melakukan korupsi besar-besaran terhadap tempat mereka bekerja namun agar aman dari KPK semua harta hasil korupsi termasuk harta yang diperoleh dari hasil kerja kerasnya secara jujur selama ini menjadi atas nama 7 wanita itu dengan hadiah hubungan badan 24 jam penuh non stop setiap hari. Ke 7 pria malang itu bersedia dan akhirnya terkumpul harta puluhan Milliaran rupiah semua atas nama istri. Diam-diam 7 wanita itu menghubungi KPK-Kejakgung menceritakan ulah suaminya dan mengaku sebagai tetangganya. Dalam hitungan hari petugas KPK-Kejakgung langsung menciduk 7 pria itu dan 7 wanita itu sudah kabur bersama pria Malaysia itu. Ketika disidik KPK-Kejakgung 7 pria itu mengaku semua harta hasil korupsinya diatasnamakan kepada istrinya. Tetapi ketika 7 wanita itu dipanggil mereka mengaku tidak kenal dengan 7 pria itu dan petugas KPK-Kejakgung berasumsi bahwa harta hasil korupsinya sudah habis untuk hura-hura akhirnya 7 pria itu menjadi tersangka dan masuk penjara. 7 wanita cantik itu sudah kabur dengan pria Malaysia entah kemana….

  27. Hahaha says:

    Survei gaji BTI Consultant dalam majalah SWA 2009 : Bidang Migas. Gaji Presdir Rp 125-250 juta perbulan, dengan tunjangan : tunjangan rumah, mobil, THR, opsi saham, bonus, klaim transpor, klaim ponsel, bonus prestasi, biaya pengobatan dan rumah sakit beserta keluarga, Jamsostek, dana pensiun, tunjangan liburan, keanggotaan golf. Gaji Direktur Rp 80-125 juta perbulan, Gaji Manajer Rp 30-79 juta perbulan, Gaji Manajer Junior Rp 11-50 juta perbulan dan Gaji Staf (officer) Rp 5-16 juta perbulan.
    Bidang Perbankan. Gaji Presdir Rp 130-200 juta perbulan, dengan tunjangan : program kepemilikan mobil, kredit rumah, personal loan, asuransi jiwa dan kesehatan, klaim transpor, tunjangan sopir, klaim ponsel, bonus level senior, pembagian keuntungan, keanggotaan eksekutif, bonus prestasi dan Jamsostek. Gaji direktur Rp 60-130 juta perbulan, Gaji Manajer Rp 20-60 juta perbulan, Gaji Manajer Junior Rp 10-20 juta perbulan dan Gaji Staf Rp 5-10 juta perbulan.
    Bidang Telekomunikasi. Gaji Presdir Rp 100-200 juta perbulan dengan tunjangan : mobil dan sopir, klaim bensin dan parkir, bonus retensi, opsi saham, bonus manajemen, keanggotaan klub, klaim ponsel, biaya pengobatan dan rumah sakit, asuransi. Gaji Direktur Rp 60-100 juta perbulan, Gaji Manajer Rp 16-60 juta perbulan dan Gaji Staf Rp 5-16 juta per bulan.
    Bidang Perkebunan. Gaji Presdir Rp 107-164 juta perbulan. Gaji Direktur Rp 35-100 juta perbulan, Gaji Manajer Rp 12-30 juta perbulan, Gaji Manajer Junior Rp 6-10 juta perbulan dan Gaji Staf Rp 3,6-8 juta perbulan.
    Bidang Asuransi. Gaji Presdir Rp 100-150 juta perbulan, Gaji Direktur Rp 60-80 juta perbulan, Manajer Senior Rp 15-40 juta perbulan, Manajer Junior Rp 9-15 juta perbulan dan Staf Rp 3-7 juta perbulan. Sementara Gaji pokok PNS berdasarkan PP no 8 tahun 2009 :
    Golongan 1A dengan masa kerja 0 tahun sampai golongan 1D dengan masa kerja 27 tahun Rp. 1 Juta-Rp. 1,6 Juta perbulan
    Golongan 2A dengan masa kerja 0 tahun sampai golongan 2D dengan masa kerja 33 tahun Rp. 1,3 Juta-Rp. 2,3 Juta perbulan.
    Golongan 3A dengan masa kerja 0 tahun sampai golongan 3D dengan masa kerja 32 tahun Rp. 1,6 Juta-Rp. 2,7 Juta perbulan.
    Golongan 4A dengan masa kerja 0 tahun sampai golongan 4D dengan masa kerja 33 tahun Rp. 2 Juta-Rp. 3,4 Juta perbulan.
    Pendapatan maksimal PNS : Seandainya ditambah tunjangan keluarga, tunjangan fungsional, tunjangan jabatan yang besarnya 2-4 kali gaji pokok maka seorang pejabat PNS tertinggi setingkat Dirjen golongan 4A masa kerja 33 tahun mendapatkan gaji maksimal Rp.10-20 Juta perbulan. Pengecualian hanya untuk PNS Departemen Keuangan yang menerima Tunjangan Khusus Pembinaan Keuangan Negara (TKPKN) Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No. 289/KMK.01/2007 dan 290/KMK.01/2007 : Dirjen dan pejabat eselon satu menerima TKPKN antara Rp32,54 hingga Rp46,95 juta per bulan, sehingga pendapatan total setelah ditambah gaji pokok dan tunjangan keluarga bisa Rp. 60 Juta perbulan. PNS Departemen Keuangan dibawah Dirjen bisa mendapatkan Rp. 1,3 Juta-Rp. 24 Juta perbulan. Itu karena Depkeu yang punya APBN hingga sombong bisa menaikkan gajinya sendiri. Tapi PNS yang sederhana tidak sombong di pemerintah daerah dan instansi lain seperi Bappenas, Departemen Perdagangan gajinya Rp. 1 Juta sampai Rp. 3,4 Juta perbulan. Jika diadu kepandaian pegawai Depkeu lulusan Ekonomi versus pegawai Bappenas lulusan Ekonomi belum tentu pegawai Depkeu unggul.
    Artinya : Pegawai di bidang Migas, Perbankan, Telekomunikasi, Asuransi dan Perkebunan semur hidup kerja bisa menabung rata-rata Rp. 15 Juta x 12 bulan = Rp. 180 Juta x 30 tahun masa kerja total Rp. 5,4 Milliar ditambah bunga bank, rumah dan mobil total hartanya bisa Rp. 8 Milliar sampai 10 Milliar.
    Pegawai PNS Departemen Keuangan seumur hidup kerja bisa menabung rata-rata Rp. 10 Juta x 12 bulan x 30 tahun masa kerja total Rp. 3,6 Milliar ditambah bunga bank, rumah dan mobil hartanya bisa Rp. 5 Milliar sampai 8 Milliar. Ditambah berbagai sampingan tidak heran pegawai Depkeu makmur.

  28. hahaha says:

    Saya melihat website pemerintah kota Makassar perekonomian Makassar tahun 2006 Rp. 18 Trilliun dan di Majalah SWA ekonomi 1,2 Juta orang penduduk Makassar tahun 2007 Rp. 21 Trilliun sehingga pendapatannnya Rp. 17,5 Juta per orang. Ekonomi Semarang tahun 2004 sebesar Rp. 20 Trilliun. Di website BPS tahun 2006 data ekonomi Semarang Rp. 26,6 Trilliun dan Solo Rp. 6 Triliun. Tahun 2007 masih menurut BPS ekonomi 1,4 Juta orang warga Semarang Rp. 30 Trilliun dan 400 Ribu orang rakyat Solo Rp. 7 Trilliun berarti pendapatan Semarang Rp. 21 Juta per orang dan Solo Rp. 17,5 Juta per orang. Ekonomi 800 Ribu orang anggota kota Kudus penghasil rokok nasional terbesar Rp. 24 Trilliun atau Rp. 30 Juta per orang. Ekonomi 2 Juta orang umat kabupaten Cilacap Rp. 26 Trilliun penghasil minyak dan bijih besi atau Rp. 13 Juta per orang. Ekonomi 450.000 orang kawula kota Yogyakarta tahun 2007 Rp. 9 Trilliun dan pendapatannya Rp. 20 Juta per orang.
    Makassar memimpin propinsi Sulawesi Selatan yang ekonominya Rp. 70 Trilliun berdasarkan data BPS tahun 2007. Berarti 30% ekonomi Sulsel untuk Makassar 6,8 Juta penduduk Sulawesi Selatan di 24 kota/kabupaten yang lain dapat Rp. 49 Trilliun . Ekonomi seluruh Sulawesi Rp. 144 Trilliun hanya menghidupi 1 kota metropolitan. Semarang memimpin propinsi Jateng yang ekonominya Rp. 312 Trilliun dan Yogyakarta menguasai propinsi DIY yang ekonominya Rp. 32 Trilliun. Perekonomian Jateng-DIY setelah dikurangi ekonomi Semarang-Solo-Kudus-Cilacap-Yogyakarta Rp. 100 Trilliun masih banyak sisa Rp. 245 Trilliun untuk 33 Juta penduduk di 31 kota/kabupaten di Jateng dan 3,5 Juta penduduk DIY di 4 kabupaten lagi Ekonomi Solo-Yogyakarta dan Makassar bertumpu perdagangan terutama sektor perhotelan, ritel dan pariwisata. Data hotel mewah berbintang diatas 1 dan diatas 4 lantai dari biro perjalanan Solo punya 7, Makassar 7 dan Yogyakarta punya 16. Semarang punya 10 hotel mewah berbintang diatas 1 dan diatas 4 lantai Semarang bandara udara kecil jelek dibandingkan bandara udara Makassar yang megah karena dibantu oleh Wapres Jusuf Kalla. Solo-Yogyakarta juga memiliki brand image wisata yang kuat. Ekonomi Semarang dari Industri dan perdagangan. Listrik di Solo-Makassar-Yogyakarta terpakai dalam jumlah besar di malam hari untuk menghidupi hotel dan mall. Listrik di Semarang itu 24 jam pagi-siang-malam kerja keras menyala karena pagi-siang dipakai industri dan malam hari dipakai hotel dan mall. Gedung tertinggi di Semarang baru 17 lantai, Yogyakarta 20 lantai, Solo 25 lantai. Rencana konstruksi gedung diatas 10 lantai : Semarang 12 yang tertinggi 25 lantai, Solo-Yogyakarta masing-masing 5 tertinggi 40 lantai.Makassar hanya 4 dengan gedung tertinggi 20 lantai
    Menurut data pusat perbelanjaan modern Solo-Yogyakarta punya 10 dan Semarang punya 15. Makassar 7. Menurut data konstruksi diatas 7 lantai Solo-Yogyakarta punya 15-30 gedung dan Semarang punya 30 gedung. Makassar hanya 15. Semarang-Solo-Yogyakarta sangat panas sehingga tiap rumah orang kaya ada AC dan wanita Semarang-Solo-Yogyakarta banyak yang manja dan suka ke salon perawatan kulit seperti mandi susu sehingga cantik. Biaya perawatan kulit-mandi susu-spa 100.000 wanita kaya manja pemalas Solo-Semarang-Yogyakarta yang jijik dan anti dengan kulit hitam itu setara dengan ekonomi 1 Juta orang yang berkulit hitam sebagai petani-buruh. Tiap malam pukul 19.00-21.00 wanita kaya Semarang-Solo-Yogyakarta duduk manis di sofa depan TV sambil menikmati hidangan, pembantu duduk di lantai dan menonton acara favorit : sinetron !

    3. Ekonomi penduduk Sulawesi Rp. 144 Trilliun
    Ekonomi Jateng-Yogyakarta Rp. 345 Trilliun
    4. PDRB Ekonomi Kota tahun 2007 :
    Ekonomi 3,4 Juta penduduk Surabaya Rp. 130 Trilliun pendapatannya Rp. 40 Juta per orang. 24% dari ekonomi Jatim.
    Ekonomi 2,2 Juta penduduk Medan Rp. 55 Trilliun pendapatannya Rp. 25 Juta per orang. 30% dari ekonomi Sumut Rp. 180 Trilliun.
    Ekonomi 2,4 Juta penduduk Bandung Rp. 48 Trilliun pendapatannya Rp. 20 Juta per orang. 9% dari ekonomi Jabar Rp. 526 Trilliun.
    Ekonomi 1,8 Juta penduduk Tangerang Rp. 40 Trilliun pendapatannya Rp. 22 Juta per orang. 37% dari ekonomi Banten Rp. 108 Triliun.
    Ekonomi 720 Ribu penduduk Pekanbaru Rp. 32 Trilliun pendapatannya Rp. 44 Juta per orang. 15% dari ekonomi Riau Rp. 210 Trilliun.
    Ekonomi 800 Ribu penduduk Batam Rp. 32 Trilliun pendapatannya Rp. 40 Juta per orang. 62% dari ekonomi Kep. Riau Rp. 51 Trilliun.
    Ekonomi 600 Ribu penduduk Balikpapan Rp. 30 Trilliun pendapatannya Rp. 50 Juta per orang. 15% dari ekonomi Kaltim Rp. 210 Trilliun.
    Ekonomi 1,4 Juta penduduk Semarang Rp. 30 Trilliun pendapatannya Rp. 21 Juta per orang. 9,6% dari ekonomi Jateng Rp. 312 Trilliun.
    Ekonomi 1,4 Juta penduduk Palembang Rp. 28 Trilliun pendapatannya Rp. 20 Juta per orang. 27% dari ekonomi Sumsel Rp. 109 Trilliun.
    Ekonomi 1,3 Juta penduduk Bekasi Rp. 26 Trilliun pendapatannya Rp. 20 Juta per orang. 5% dari ekonomi Jabar Rp. 526 Trilliun.
    Ekonomi 700 Ribu penduduk Banjarmasin Rp. 21 Trilliun pendapatannya Rp. 30 Juta per orang. 52% dari ekonomi Kalsel Rp. 39 Trilliun.
    Ekonomi 1,2 Juta penduduk Makassar Rp. 21 Trilliun pendapatannya Rp. 17,5 Juta per orang. 30% dari ekonomi Sulsel Rp. 69 Trilliun.
    Ekonomi 800 Ribu penduduk Padang Rp. 17 Trilliun pendapatannya Rp. 21 Juta per orang. 30% dari ekonomi Sumbar Rp. 59 Trilliun.
    Ekonomi 500 Ribu penduduk Samarinda Rp. 15 Trilliun pendapatannya Rp. 30 Juta per orang. 7% dari ekonomi Kaltim Rp. 210 Trilliun.
    Ekonomi 450 Ribu penduduk Yogyakarta Rp. 9 Trilliun pendapatannya Rp. 20 Juta per orang. 30% dari ekonomi DIY Rp. 32 Trilliun.
    Ekonomi 400 Ribu penduduk Solo Rp. 7 Trilliun pendapatannya Rp. 17,5 Juta per orang. 2,2% dari ekonomi Jateng Rp. 312 Trilliun.

  29. assugiarta says:

    bagus juga artikelnya, tapi kepanjangan pak….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s