Persyaratan Untuk Bisa Bekerja di Inggris

Persyaratan yang harus ditempuh oleh seseorang yang ingin bekerja di Inggris ada bermacam. Tapi, perlu kita bagi dua berdasarkan nasionality nya alias passport yang dia miliki atau jika dia punya dua passport maka passpor mana yang akan dia gunakan untuk masuk dan bekerja di Inggris.

Sebagai negara yang tergabung dalam komunitas negara Eropa, maka jelas saja Inggris memberi kemudahan bagi penduduk yang berdomisili di negara-negara Persatuan Eropa dan termasuk juga bagi orang perorang yang tidak berdomisili di Eropa tetapi memegang Passport Eropa.

Bagi mereka-mereka tersebut, bisa dengan mudah masuk melalui pintu pelabuhan manasaja di Inggris tanpa harus ditanya macam-macam.

Ada lagi penduduk negara tertentu yang bisa masuk ke Inggris tanpa ditanyain macam-macam oleh petugas Immigrasi, dengan catatan hanya sebagai turis, yaitu negara yang tergabung dalam Anggota Bekas Jajahan Inggris alias Persemakmuran.

Contohnya Singapore, Malaysia, Brunei, Brazil,Chile, tapi hanya untul holiday saja alias Turis.

Negara lain yang penduduknya juga bebas masuk dalam kapasitas turis adalah USA, Canada, Japan.

Bebas masuk bukan berarti juga bebas bekerja. Lain itu. Kalau untuk bekerja, mereka tetap butuh yang namanya Visa Kerja alias Work Permit. Tapi sudah agak mudah lah, wong sudah masuk ke negaranya.

Nah, ada kelompok ketiga, yang masuk aja buat jadi Turis, sudah dipersulit, apalagi buat kerja.

Kelompok inilah yang tergabung kedalam apa yang mereka sebut sebagai Visa National.

Termasuk didalamnya adalah misalnya Bangladesh, India, Vietnam, Kamboja, China, dan … Indonesia.
Ibarat katanya, mau jalan-jalan dan buang duit ke Inggris saja sudah dipersusah, apatah lagi mau kerja.

Bicara soal ijin kerja, yang umumnya dipakai adalah Visa Kerja alias Work Permit. Ada juga yang khusus yaitu Visa type HSMP (Higly Skilled Migrant Programme).

Bedanya,Work Permit memerlukan sebuah perusahaan yang menjadi sponsor dalam pengurusan Visa. Sedangkan HSMP tidak membutuhkan perusahaan mana pun juga untuk menjadi sponsor kita, cukup diri kita sendiri dengan berbekal Ijazah S1 atau S2 atau S3 plus pendapatan dari bekerja setahun belakangan yang dianggap cukup memenuhi persyaratan.

Buat kita orang Indonesia, ngedapatin perusahaan Inggris yang bersedia menjadi sponsor kita sekaligus mengurusi Work Permit ke Imigrasi Inggris disini, adalah ibaratnya menunggu Godot. Lama. Walaupun bukan nggak ada. Tapi jarang, kecuali kita punya skill yang disini nggak ada. Kalau begitu kan lain ceritanya. Kalau memang punya skill, ngapain mengharapkan perusahaan Inggris jadi sponsor, mendingan ngurus sendiri saja lewat jalur HSMP.

Lha, terus gimana? Kalau memang niat nya keras mau ke Inggris tapi tak ada yang mensponsori gimana?

Susah memang.

Paling bisa pakai Student Visa, terus bekerja nyambi, dan setelah lulus boleh kerja di Inggris 1 tahun dulu. Habis itu boleh terus kalau mau.

Jadi, buat yang masih di Indonesia dan mau pergi ke Inggris untuk kerja, memang agak susah untuk mencari jalan masuk ke Inggris secara legal.

Menurut saya, satu-satunya jalan saat ini adalah menggunakan STUDENT VISA.

Sekarang anggaplah sudah sampai di Inggris, apa langkah pertama?

Kalau dapat Work Permit, yang berarti ada yang mensponsori, harusnya sudah ada orang HR yang siap membantu setiba di tempat tujuan.

Kalau datang sendiri dan belum dapat kerja, atau pelajar yang mau kerja sambilan, yang paling pertama dikerjakan adalah mendaftar di Job Center untuk mendapatkan National Insurance Number.

National Insurance Number (NINO)ini penting sekali ketika melamar kerja pertama kali, karena menentukan code pajak kita. Biasanya, perusahaan yang akan menerima kita akan meminta NINO kita. Kalau kita nggak punya, walaupun mereka bisa saja menguruskan, tapi akan lebih baik kita sudah punya dan siap sedia. Lagi pula ada juga perusahaan yang nggak mau repot.

Jadi, jika punya National Insurance Number, maka kita akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan, tentu saja jika memang pas ada lowongan buat kita. Tapi nggak usah khawatir, lowongan banyak, asal nggak milih kerjaan.

Langkah selanjutnya adalah BANK ACCOUNT. Ini termasuk sulit, kecuali jika anda STUDENT yang bisa mendapatkan referensi dari UNIVERSITAS.

Karena, kalau mau buka Bank Account, diperlukan passport, utility bill yang menunjukan bahwa kita tinggal disuatu tempat. Nah ini yang susah, wong kita baru datang, masih tinggal di hotel atau numpang sama teman/saudara, mana punya kita tagihan listrik yang tertera nama kita, misalnya.

Cara yang paling mudah adalah memang menggunakan alamat sementara dimana kita tinggal, plus ada semacam jaminan dari Kampus atau Kantor kita bekerja. Biasanya dengan begitu BANK baru mengijinkan kita membuka Bank Account, itupun Bank Account yang paling Basic, dinamakan dengan BASIC BANK ACCOUNT, yang mana kita nggak bisa menggunakannya untuk berbelanja, kecuali untuk menarik uang dari ATM atau disini disebut CASH MACHINE.

Nanti setelah rekening berjalan 3 bulan, artinya anda kan sudah punya alamat tetap dengan nama anda pada rekening listrik/gas, maka berbekal dokument tersebut, anda bisa meminta Bank untuk menaikkan status rekening anda ke BANK ACCOUNT/CURRENT ACCOUNT. Dengan jenis ini, dimana anda diberikan kartu DEBIT CARD, maka bisa digunakan untuk berbelanja apa saja menggunakan kartu tersebut.

Bahkan pada saat anda upgrade tersebut, biasanya juga ditawari kartu kredit.

Satu hal lagi yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan diri pada Credit Agency, yaitu sebuah badan independent yang menyimpan credit history seseorang. Hal ini biasanya digunakan oleh Bank/Lender, Mobile phone company, untuk meng-check status seseorang sebelum diberikan kredit ataupun diperbolehkan mendapatkan sambungan Telephone MObile berlangganan.

Ini juga diperlukan untuk menjaga identitas kita dari pencurian dan penyalahgunaan oleh penjahat.

Untuk itu kita perlu menghubungi Credit agency tersebut, di UK yang terbesar adalah Experian; http://www.experian.co.uk.

Jadi yang perlu dilakukan:

1. Mendapatkan VISA STUDENT atau WORK PERMIT
2. Sesampai di Inggris, mencari Flat/accomodation
3. Contact Utility Company
4. Ke Job center untuk mendapatkan National Insurance Number (NINO)
5. Nyari KERJA
6. Buka BANK ACCOUNT
7. Daftar di EXPERIAN

About these ads
This entry was posted in Ceritaku, General. Bookmark the permalink.

196 Responses to Persyaratan Untuk Bisa Bekerja di Inggris

  1. vitri says:

    Dear Mas Dony,

    Kalo untuk dapat student visa tapi saya ga kuliah disana dan hanya untuk bisa kerja sambilan disana sambil cari kerja kantoran gimana ya? bisa ga?

    Thanks
    Vitri

    • Mochamad Effendi says:

      Hallo mas Don, ada yang mau saya tanyakan nih ”

      Saya adaRencana mau kerja dan sponsor sudah ada tapi perusahaan tdk menagggung biaya pembuatan work permit dan katanya agency yang ngurus di Immigrasi dn biaya ditanggung sendiri dn biayanya ckup besar 260 poundsterling dn biaya ticket dan visa ditnggung prusahaan sya ragu klw saya hrs transfer uang utk biaya work permit ke agency takutnya penipuan dn gmana menurut maDonny Trimakasih

      • Diah says:

        pertanyaan saya sama dengan mochamad Effendy saya punya sponsor di ingris dan perusahaan tidak menanggung pembuatan working permit dan harus agency yang urus biaya ditanggung sendiri dengan biaya 700pound untuk contract 2 tahun. ticket ditanggung perusahaan beserta acomodasi. saya juga ragu kalau harus mentransfer uang lewat western union takut penipuan. mohon jawaban secepatnya. terimakasih

      • arvin jazmi says:

        saya juga sama dengan mochamad effendi.. gimana nih pendapatnya tentang masalah ini??

      • arie says:

        mas moch efendi boleh minta emailnya ga..?

    • Mochamad Effendi says:

      Hallo mas Don, ada yang mau saya tanyakan nih ”

      Saya ada Rencana mau kerja di inggris dan sponsor sudah ada tapi perusahaan tdk menagggung biaya pembuatan work permit dan katanya agency yang ngurus di Immigrasi dn biaya ditanggung sendiri dn biayanya ckup besar 260 poundsterling dn biaya ticket dan visa ditnggung prusahaan sya ragu klw saya hrs transfer uang utk biaya work permit ke agency takutnya penipuan dn gmana menurut pak Donny Trimakasih

  2. Donny says:

    Vitri,

    Untuk ngedapetin Student Visa, paling tidak kan kamu mesti punya Letter of Enroment atau juga Offer Letter, yang artinya mesti daftar juga kan?

    Jadi, kaya’nya mesti daftar dulu, setelah itu baru bisa ngurus Visa, nah sampai disini mau kuliah apa kerja ya silahkan saja.

    don

    • ummu says:

      Mas donny,saya bsk brgkt ke manchester uintuk menemani suami sekolah disana.saya sgt ingin bekerja disana,tp saya tdk bs berbhasa inggris.apakah org spt saya tdk mngkn bs mendapatkan pekerjaan disana?mhn pencerahannya mas donny

  3. intanSip says:

    halo,mas donny!salam kenal…wah,blognya sgt informatif skali…saya pengen bgt ber-imigrasi ke inggris,krn kyknya keadaan di indonesia makin lama makin kacau.saya skg ini br lulus dr feui.sblmnya prnh jg magang en bantu2 penelitian dosen.kira2 ada peluang gak ya utk bs cari kerja di inggris trus reside ke sana?trus gmn caranya?i completely have no clue…thx bgt sblmnya… :)

  4. Donny says:

    Intan,

    Selamat ya baru lulus FEUI, hebat dong. Kalau bicara soal nyari kerja ke Inggris, satu hal yang selalu memberatkan kita orang Indonesia, adalah masalah Visa Kerja (Work Permit).

    Itu ibarat telur sama ayam. Kalau mau dapat kerja, mesti punya work permit. Kalau mau ngurus Work Permit, mesti ada kerja alias perusahaan yang mau jadi sponsor.

    Susah memang.

    Saya sendiri kalau ditanya seperti itu, ya nggak bisa jawab juga.

    Saat ini, menurut saya, satu-satunya jalan adalah melewati jalur STUDENT VISA.

    Mahal memang. Kecuali bea siswa, itu pun mesti pulang ke Indo selesai kuliah.

    Jalur lain, kerja dulu di Indonesia, ngumpulin duit plus nambah CV, baru bisa ke Inggris, baik dalam kapasitas Pelajar maupun Pekerja.

  5. intanSip says:

    thx atas replynya ya,mas donny.iya,stlh aku bc2 blognya mas donny dgn seksama tnyt ribet ya.tp kok kl imigran2 dr bangsa lain (misal:india,turki,dll) kyknya gampang2 aja ya?apa krn qta org indonesia prosesnya jd lbh sulit dbandingin mrk ya,mas?

  6. Donny says:

    Intan,

    Kalau masalah Visa kerja, saya rasa memang diberi aturan ketat bukan saja untuk orang kita, tapi juga dari negara mana saja.

    Tapi, untuk jadi turis, negara-negara anggota Persemakmuran, biasanya nggak perlu Visa.

    Kalau kita baca di forum tenaga kerja disini, banyak juga Student dari US yang baru lulus dan mau kerja, sulit juga dapat Visa nya.

    Prinsipnya, saya pikir, kalau kita punya skill yang dibutuhkan, Visa Kerja nya pasti gampang dapat nya, nggak peduli warna kulit kita maupun passport kita.

    Kalau boleh saya saranakn buat Intan, kalau bisa, ambil MBA di Inggris, yang jika lulus, langsung diberi Visa HSMP selama 2 tahun.

    MBA nya memang terbatas di beberapa Universitas tertentu yang diakui.

    Tapi, mungkin pantas dicoba kalau berminta, mumpung masih muda, dan masih bebas mengejar impian.

  7. PrimaSilva says:

    Hi mas donny,
    Saya lulusan D3 jepang Unpad dan sekarang bekerja di jepang selama 3 tahun sebagai trainee dan november nanti saya kembali ke RI.Kebetulan partner saya sekarang seorang warga negara inggris dan dia ingin secepatnya saya bisa ke UK.Orang tuanya sudah mengijinkan saya untuk tinggal di rumah mereka.Saya sendiri pengennya sih sekalian buat kerja di UK juga.Mohon saran dan bantuannya ya mas,thanks.

    - PrimaSilva-

  8. Rinto B says:

    Selamat siang pak Doni,
    Salam kenal

    Saya Rinto B, alumni Teknik Lingkungan Trisakti, saat ini saya bekerja di Tangguh LNG Project di Papua barat, tapi saya hanya bekerja di sub kon nya saja. posisi saya di Perusahaan ini (Penta Ocean Construction) adalah sebagai Environmental Engineer. Setelah Membaca berita-berita pak Doni ttg UK, Satu Hal yang dapat saya Banggakan terhadap pak Doni adalah bapak sangat Luar Biasa.. Benar-benar luar biasa bagi seorang yang kecil seperti saya ini. Pasti 80% dari yang membaca BLOG bapak ini akan sangat tertarik untuk mencoba peruntungan kerja atau pun melanjutkan sekolah lagi ke UK. Termasuk saya sendiri. Sebelumnya sedikit banyak saya tahu bahwa biaya hidup di UK terhitung lebih tinggi dibanding kawasan eropa lainnya.

    Namun melihat bapak, semangat saya terpacu untuk suatu masa nanti bekerja di UK juga. yang ingin saya tanyakan adalah berapa biaya yang kita butuhkan untuk mencoba hidup disana? trik saya mungkin lebih ke melanjutkan sekolah terlebih dahulu baru kemudian mencari kerja. MBA di univ. apa yang paling murah?

    semoga saja suatu masa nanti saya memiliki kesempatan untuk UK. pengalaman kerja saya juga masih sangat hijau sekali alias masih sangat baru di TAngguh Project ini (1 tahun lebih).

    Salam Hangat,

    Rinto B

  9. Donny says:

    Mas Rinto,

    Saya termasuk yang percaya bahwa kita harus punya mimpi. Itulah yang membuat hidup kita lebih berwarna dari hari ke hari. Ada yang kita kejar. Tentu saja, bagi yang beragama Islam, persiapan hari akhirat juga diperlukan.

    Pasti ada yang bilang agar mimpinya nggak jauh-jauh, nggak muluk-muluk.

    Kalau Saya, mimpi lah semuluk-muluk nya. Mimpi adalah ibaratnya kumpulan ide.

    Biarin nggak tercapai seleuruhnya. Paling tidak tercapai separohnya, atau seperempatnya, itu sudah sangat menyenangkan, bukan.

    Kalau Mas Rinto ingin kuliah atau kerja di UK, pupuk terus keinginan itu, Insya Allah akan ada jalannya.

  10. Donny says:

    Prima,

    Untuk bisa memasuki Inggris, paling tidak butuh Visa kan. Nah, kalau mau kuliah, maka bisa saja partner Prima dan orang tuanya disana menjadi sponsor untuk kedatangan dan kuliah anda.

    Mereka bisa saja langsung ngurusin kuliah Prima di salahsatu Univeristas di Inggris, kemudian setelah dapat suratnya, mereka bisa kirim via post atau Email ke Prima. nah nanti berbekal dokumen pendukung seperti sponsorhip letter, financial statement dari keluarga nya, maka Visa Student bisa di urus.

    Sesampai disana, Prima bisa kerja sambil kuliah.

  11. sifan says:

    mas saya lulusan sarjana I.T di indonesia umur 24
    aq mo kuliah di U.K s1 I.T disana tapi bahasa and keuangan kurang memadai
    saya pingin kuliah sambil kerja disana gmn caranya.trims

  12. yoyo says:

    Salam Kenal,
    Saya sangat terkesan dengan info info dari Mas Donny,kalau boleh tahu info jika bekerja di restaurant fast food,restaurant buffet ,laundry,warehouse ,bisa dapat salary berapa?, dan apakah live in jika bekerja di restaurant tersebut..,sebelumnya terima kasih buanyak…

  13. Pepi says:

    Mas Dony thx for your story, informatif bgt:). Jd pengen kerja ke UK, hbs ke USA 2 kali ditolak, give up d. Kl ke UK pake visa student, skrg uda 26 y.o, smu aza, masa’ baru mau ke UL buat kuliah, apa ga buat officernya mikir, aneh2, hiks3. Thx atas infonya. Saya sama dgn Yoyo, mau ke UK ya kerja gituan, maunya pake visa turis trs tanpa ulang indo bisa ganti visa, tp setelah baca penjelasan om rasanya kudu balik indo. Dptkan visa turis UK n Schengen counry mkn ga gitu susah, cua pernah jjs di Asia, ya Asia doang seh, tp cukup banyak negara, he3. Ok mas, saya tunggu infonya, keep up d gud work there.God bless

  14. Donny says:

    Yoyo & Pepi,

    Kebanyakan pekerjaan yang tersedia adalah di Tesco (sejenis Hero atau Carrefour), Restorant, dan sejnis nya.

    Gaji minimum adalah 5.5 pound per jam. banyak juga mahasiswa yang kerja di sana, bisa kok buat biaya hidup plus nambahin biaya kuliah.

    Kalau mau coba sebagai visa turis bisa juga, cuma resiko nya kalau visa habis, gimana? ada dua pilihan memang, pulang atau tetap disini menjadi illegal.

  15. Pepi says:

    ok, thx bangets atas infonya, sukses!

  16. Pepi says:

    Mas, tanya lg neh,sorry. Pendapat mas ttg org2 illegal di sana gmn? Sejauh pengalaman slama ini, apa org Indo banyak ya yg illegal? Uihhh 1pound = Rp 19.000, he3 banyak y:), tp ya biaya hidup di sana jg gede, he3. Temen saya ajak ke London, saya takut, kl illegal di Amrik mending, tp kl di London, saya blm pernah denger, so mas pls critain di sini ya, be honest, baek buruknya gmn, again million thx.

  17. tulus hati says:

    hello mas dony…..
    salam kenal namaku tulus mahasiswa D3 bahasa jepang di UNDIP.
    salam kenal dan semangat ya mas….!!!!

  18. Pepi says:

    Mas Dony sibuk ya?

  19. Donny says:

    Hi Pepi,

    Sorry baru balas ya.

    Jadi illegal di London, agak berat memang. Soalnya nanti pada saat nyari kerja, nah disitu ditekan soal gaji. jadi, posisinya nggak kuat.

    Lain halnya, kalau bekerja smaa orang Indonesia, jadi lain ceritanya. Dan itu ada memang.

    Gimana, mau coba? Resikonya yaa dipulangkan.

  20. Pepi says:

    hi3, seram juga ya…ok, matur nuwun om, met puasa, Gbu

  21. Melda says:

    Hi Maz Doni,…. salam kenal Maz Don,….. Aku lagi nyari info2 ttg kerja di inggris & ga sengaja aku buka websitenya Maz Donie,…. info yg Maz Donie muat di website ini benar2 ngebantu saya banget. saya juga berminat sekali untuk dapat bekerja di Inggris lagi. Tapi susah banget untuk ngedapetin perusahaan yg mau bknin kta wp,….. :( aku jg smpt berpikiran utk mencoba pakai VISA Student tp,….. muahaaalllllll,….. Kira2 Maz Doni ada info ttg kampus yg murah ga biaya kulnya,……Saya tunggu kabarnya y,… Terima Kasih sebelumnya.

    Melda

  22. Donny says:

    Melda,

    Ada sih kampus yang murah, dan terdaftar di Depdikbud nya Inggris.

    Contohnya London College Wimbledon, bisa lihat webistenya di: http://www.londoncollegewimbledon.co.uk

    • Corry says:

      Mas Donny,
      Sy Corry.
      Sy juga sama seperti Melda, dan sy sudah coba search link sekolah yg Mas Donny kasih http://www.londoncollegewimbledon.co.uk
      Apakah sy perlu IELTS segala lagi atau apapun?
      Agak serem2 juga ambil resiko. Sy pengen banget kuliah sambil kerja di UK.
      Soalnya kalau pake jalur beasiswa itu sangatlah terbatas, secara banyak org yg incarin juga.
      Kira-2 modal awal yg perlu sy siapkan itu berapa ya Mas?

      Mohon bantuan informasinya Mas Donny.
      Email sy coconut_tree777@yahoo.com

    • Endah says:

      Selamat siang Mas Donny, salam kenal, saya endah…
      saya sangat terkesan bgt dg informasinya, terima kasih. Saya mau tanya ttg kampus murah dilondon, klo boleh tau berkisar berapa ya biaya untuk kuliah disana? terima kasih banyak ya mas Donny

  23. Melda says:

    Maz Donie,…. makasih buat responnya yg super cepat,… Aku baca comment2 yg sblmnya, mungkinkah bg sy tuk cb apply visa student ? Umur sy dah 26 taon n sbnrnya sy sich mo kerja di inggris berhubung sulit banget mknya sy berpikiran buat cb pake visa student. Malahan sy tdnya niat buat jd ilegal tp ga jadi soalnya tkt ketauan trus nanti diblack list lg.makasih

    Melda

  24. Donny says:

    Melda, mungkin saja, kenapa tidak. 26 kan masih muda. Mau ngambil jurusan apa?

  25. Melda says:

    mungkin perhotelan

  26. Melda says:

    Abis aku bingung mo pake cara apa lagi buat bisa kerja disana. Y,…. itung2 sekalian nambah ilmu [ itu jg kalo biaya kuliahnya ga terlalu mahal] :( Gmn Maz donie ada saran mungkin,…

  27. Melda says:

    Maz Donie lg sibuk y,…..

  28. Donny says:

    Melda,

    Biasalah kerja…email nya ada?

  29. Pepi says:

    Hi Mas Dony, sorry bugging u again. Mas, kisah pepi kurang lbh sama dgn melda. Umur uda mau 26, tp saya cuma smu, trs mau ke london buat study apa officernya nanti ga berpikir terlalu mengada2? ntar malah dicurigai mau disalah gunakan, ya kul sambil kerja gitu mauinya, mau perbaiki nasib neh. Kemarin saya coba tanya2 u/ study, lewat EF, homestay, awwww tebak harganya brp? Rp 140 jt, weks, ga kuku, tunggu lebaran monyet kali ya….Mas, would u mind to email me at ekajasa2002@yahoo.com,thx

  30. Ida says:

    Mas Donny, websitenya sangat informatif sekali. Saya memang lagi browsing-2 untuk cari informasi tentang kuliah dan kerja di Inggris dan ketemu dengan website mas. Insya Allah mas, tahun depan saya mau ke Inggris untuk kuliah dan kalau mungkin sambil kerja, saya butuh informasi apakah susah bagi visa student untuk mencari kerja di sana? Dan kalau boleh tahu bagaimana caranya dengan visa student kita bisa kerja? Mohon bantuan informasi sebanyak-banyaknya ya mas. Email saya di thalula.id@gmail.com. Terima kasih banyak dan selamat berpuasa.

  31. Donny says:

    @Pepi,

    Kalau mau kuliah di UK, walaupun sudah 26 tahun nggak masalah kok.

    Kalau mau coba ambil S1 di london college wimbledon juga bisa dan murah lagi. Banyak juga mahasiswanya dari malaysia.

    @Ida

    Kalau sudah punya Visa Student, nyari kerja disini sih gampang aja. Yang penting, kamu mesti daftar dulu di Job center, buat ngedapeting National Insurance Number, tapi biasanya di kampus banyak informasi seperti ini.

    • Endah says:

      Mas Donny,
      Lagi sibuk ya, tanya dong mas, sekitar brp biaya kuliah 1 tahun di kampus murah London College Wimbledon itu mas, mohon infonya donk mas, saya sangat membutuhkan sekali.. terima kasih banyak ya

  32. ari says:

    lam kenal…
    mas donny, saya lg nunggu sidang niy, mau nanya dong, fakultas psikologi buat s2 yg lumayan bgus dan lumayan murah di universitas apa? minta websitenya dong…

  33. ari says:

    thank’s b4….

  34. Pepi says:

    thx mas dony, wah kasian mas dony, saban hr harus jawab rubrik ini, he3, gratis pula:) oh ya buat yg baru, coba baca smua comment, so biar ga mengulang pertanyaan yg sama, he3 setdk2nya bs membantu mengurangi kesibukan mas dony:)

  35. Pepi says:

    sorry, wrong type : mas DONNY, sorry again!

  36. Ida says:

    Mas Donny makasih banget udah bersedia untuk menjawab. Mas saya mungkin akan sekolah bahasa dulu 1 tahun. Saya ingin tahun bagaimana chance saya untuk dapat kerja di sana? Saya hanya lulusan diploma dan saya tahu dengan visa student saya hanya bisa kerja part time. Bagi saya untuk saat ini nggak masalah krn utk living cost +accomodation saya ada saudara yg menanggung semua. Utk kerja part time (resto, supermarket) apakah susah? Di Indonesia saya sudah pengalaman kerja +/- 6 tahun di bagian administrasi. Saya denger katanya di sana kalo kerja dilihat kewarganegaraannya ya? Krn kita termasuk immigran yg nggak terlalu skill apa kita bakalan susah walaupun hanya untuk part time? Maaf ya mas panjang banget. Many thanks utk jawabannya.

  37. Abdi says:

    Assalamualaikum.
    Hati ini benar2 terenyuh membaca kriteria kualifikasi orang2 yang diterima bekerja di UK. Untuk orang2 biasa seperti saya yang hanya medambakan kehidupan lebih baik dari Indonesia, ditambah sedikit modal pengalaman kerja di kantoran (8 tahun), ada nggak lowongannya ya Mas……

  38. Ryza Rediana Koswara says:

    Mos Don salam kenal ! saya seorang lulusan Fakultas Hukum, pengalaman saya jadi Lawyer selama kurang labih 6 tahun,adik dan kaka saya masing-masing bekerja di US dan UK, saya tertarik untuk kerja di UK, dalam arti kata pekerja tanpa skill yang memadai. bahasa Inggris saya agak kurang bagus, bisa ngga mas don bantu saya? Trims

  39. Ryza Rediana Koswara says:

    Mas Don berapa biaya yang harus dikeluarkan unutk mendapatkan VS,trus kalau sdh dapat VSnya,berapa uang yang harus dipersiapkan untuk awal tinggal di london, berapa biaya sekolah termurah di Inggris? trims

  40. Wiah Subhan says:

    Assalamualaikum,
    salam kenal Mas Donny, saya wiah, mau nanya nih, kalo untuk student spouse cari kerja gimana?banyak lowongan atau ga ya? kerja apa aja, spt di store ato restoran, yg penting kerja…
    saya seperti Mas Donny, kalo mimpi semuluk2nya, krn pengejar mimpi,skrg lg S2 di Melbourne dgn beasiswa, setelah dari sini saya pengen apply beasiswa ke UK, Manchester uni ato Leed uni krn bidang yg saya tekuni (teknologi tekstil) ada di 2 uni tsb, masalahnya suami masih belum mengijinkan krn belum tahu keadaan disana, apa nanti suami bisa cari kerja dengan mudah ato tdk, kl apply australi lg, suami setuju krn di sini org indo bejibun jd banyak jaringan dan cari kerja realatif mudah. Mas Donny,mohon masukan dan sarannya ya. Terimakasih sebelumnya

  41. Donny says:

    Ryza,

    Biaya mengurus Visa di Kedutaan Inggris di Jakarta, kalau nggak salah Student itu 1.8 Juta atau 100 pound. Yang penting, ya itu tadi, mesti punya surat tanda diterima di Universitas di UK, baru bisa ngurus Visa Student.

    Kalau S2 hukum ada tuh di London College Wimbledon, seperti yang pernah saya utarakan sebelumnya.

    Wiah,

    Hebat ya sudah bisa sampai ke Melbourne ambil S2.

    Kalau tertarik S3 ke UK, nggak usah ragu-ragu, bi;ang sama mas nya, soalnya gampang kok suami kerja, malah bisa full time, sementara istri kuliah sambil kerja juga bisa.

    Kayaknya kalau S3 banyak tuh beasiswanya.

  42. andi says:

    mas aku lulusan tek mesin ui 07, mau bgt alis ngimpi penegen kayak mas donny……..beridaku info tentang tips sukses dikau yap……

  43. kaizen says:

    Salam kenal mas Donny,

    Mas Donny, kmrn aku baru dpt offering kerjaan jd process engineer di salah satu EPC di London, melalui head hunter dptnya. Setelah dikurangi akomodasi, basic utility dan biaya transportasi (ktnya akomodasi yg disediakan itu deket dgn kantor) sebelum pajak dapat sekitar 1900 pound per bln. kira2 gaji segitu reasonable ga yah untuk process engineer dgn experience 5 thn spt aku? makasih bnyk yah mas Donny

  44. Rahmat.Dadang says:

    Pak Donie, saya mau mencari pekerjaan di UK, bgmn caranya,
    mungkin bapak bisa memberi petunjuk dan saran.
    terima kasih.

    Salam.
    Rahmat.D

  45. Sofian says:

    Mas Dony,
    Assalamu’alaikum…
    Salam Kenal. Nama Saya Sofian Sauri.
    Setelah membaca riwayat dan perjuangan Mas Doni, saya juga jadi merasa salut dan acungkan jempol. Hebat!
    Seperti teman2 yang lainnya, saya juga tertarik sekali untuk kuliah, kerja dan tinggal di negara maju. Terutama di Inggris -yang merupakan impian saya sejak kuliah dulu. Namun, mungkin memang belum rejeki, jadi sampai saat ini impian itu belum terwujud.
    Berkaitan dengan artikel2 yang Mas Doni tulis diatas plus artikel tentang visa HSMP, saya memiliki beberapa pertanyaan:
    1. Apakah di Inggris memiliki kebijakan yang sama dengan Malaysia (contohnya) jika pendatang yang hanya memiliki visa belajar dilarang dan ilegal, bahkan sampai di cambuk.
    2. Apakah visa course sama dengan visa belajar.
    3. Bagi saya untuk mengajukan HSMP kayaknya tidak mungkin, tapi yang paling mungkin visa pelajar. itupun keuangan saya sepertinya masih tidak memungkinkan. Mungikn mas Dony bisa bantu saya/kami memberikan solusinya.
    4. Tempat tinggal Mas Dony di mana yah, dekat dengan UK School of English, 71A South End Croydon, Surrey London CRO 1BF UK?
    Sekian dulu, dan terima kasih banyak atas bantuannya.
    Wassalam…

  46. alitopan says:

    hello mas Donny,
    salam kenal sebelumnya, mas Q mau nanya nih, habis aku baca blog mas tuk cari visa kerja emang kayaknya ribet and susah, aku jadi pesimis nih. aku sekarang baru lulus s1 bahasa jerman and bekerja diperusahaan jerman yang ada di lombok. pada waktu kerja ketemu ama orang inggris and dia nawari saya tuk kerja di inggris, dia pinginnya semua urusan document seperti visa, ticket dll diuruskan di inggris, apa bisa begitu mas n saya berfikir kayaknya lebih baik di indonesia aja, gimana baiknya mas.
    makasih banyak n tolong jawabayna dikirim ke emailq mas, thanks sekali lagi.

  47. hari says:

    oh Lupa Mas Alamat Web Saya : http://www.clpd_rie@ yahoo.co.id

  48. hari says:

    Ass…

    Mas Saya Mahasiswa universiatas swasta di bandung. Kebetulan mamah saya udah resmi jd warga disana, yang saya mau tanyakan, kira2 kalau saya pengen ikut mamah kesana bagaimana?dan bisa dapetin visa buat dari kedutaan di jakarta. Masalahnya kakak saya pernah di tolak ketika bikin visa melalui travel. di mohon advice nya..

    wass…

    @Mas hari,

    Memang untuk bisa menjadi dependant Visa, umurnya mesti dibawah 17 tahun, nah itu baru gampang dapat visanya. Kalau lebih dari umur segitu, perlakuannya sama dengan pemohon biasa, harus melalui persyaratan umum.

    Misalnya, jika ingin kuliah, maka si orang tua yang di UK harus bersedia menjadi sponsor penangung segala biaya selama kuliah. Repotnya, jika kita adlah orang diluar negara eropa, maka biaya kuliahnya mahal sekali 3 kali lipat dari orang UK dan Eropa.

    Visa biasanya nggak akan ditolak jika mempunyai supporting dokument yang kuat, jadi saran saya lengkapi dokument seperti surat sponsor dari orang tua yang di UK serta, ini yang penting, dukungan finansial yang kuat dari sponsornya.

    wass

  49. Donny says:

    Waduh, mohon maf ya, lama nggak online menjenguk blog nya, biasalah..

    Sekarang saya coba satu persatu saya jawab, sebisanya ya..

    Langsung saja di masing-masing pertanyaan..ya

  50. nka says:

    Halo Donny,

    saya ada rencana melanjutkan kuliah tahun depan ambil S2 jurusan MBA, mohon dibantu informasinya dong:

    Bagi para employer di uk, Penting gak siyh asal university-nya/ lulusan dari mana?

    Sekarang kan ada program baru, extended visa bagi lulusan uk selama 1 tahun. Kira2 susah gak siyh cari kerja di sana, trus untuk lulusan MBA prospeknya bagaimana?

    Thank you
    ditunggu yah kabarnya, ato email ke saya aja di: nika.firista@gmail.com

  51. Donny says:

    nka,

    Mau ambil MBA di UK? Wah bagus itu. Lulusan MBA dari UK dapat Visa langsung 2 tahun melalui Scheme HSMP.

    Hanya saja memang, hanya dari 10 MBA Program dari 10 Universitas saja yang bisa langsung, yaitu:

    1. Ashridge
    2. Bradford School of Management/Nimbas
    3. City University
    4. Cranfield School of Management
    5. London Business School
    6. Manchester Business School
    7. University of Cambridge
    8. University of Oxford
    9. University of Strathclyde
    10. Warwick Business School

    Diluar itu, nggak otomatis diberi Visa kerja, tapi harus melalui proses Work Permit normal, yang agak berbelit-belit.

    Sebagai informasi, hanya 2 Universitas dari Australia yang program MBA nya diakui melalui program ini, yaitu:

    1. Australian Graduate School of Management
    2. Melbourne Business School.

    Kalau nyari kerja sih buat lulusan sini cepat kok. Teman saya yang lulusan Cranfield, nggak lama nunggunya, langsung diterima di IBM, sekarang malah sudah pindah ke Accenture.

  52. nka says:

    Mas donny,

    tanya lagi dong..aku ada offer dari badfordshire university, dulunya namanya luton university, bagus gak mas universitasnya? (letaknya kurang lebih 1 jam dari London)

    thank you
    Nka

  53. Donny says:

    Nka,

    Kalau dilihat dari League table Good University keluaran Koran Times, maka Bedfordshire University berada diperingkat ke-84.

    Profil singkatnya ada di:

    http://www.timesonline.co.uk/tol/life_and_style/education/good_university_guide/article2166296.ece

    thanks

  54. hari says:

    trims ya mas dah kasih masukan, satuhal lagi mas yang mau hari tanyakan..misalnya hari ga kan kuliah disana,tp pengen kunjungi mama disana.Apa hari punya hak untuk tinggal disana, mengingat status mamah yang dah resident disana. Dari segi finansial kira2mesti ada berapa?Apakah cukup di rekening orang tua ja, pa hari juga mesti ada?kan status rie masih kuliah and blom punya penghasilan sendiri.

  55. Donny says:

    hari,

    Kalau hanya mau mengunjungi saja, bisa pakai Visa Turis yang nantinya Mamanya bisa membuatkan “Sponsor Letter” yang dilengkapi dengan, misalnya bukti keuangan yaitu berupa “Bank Stattement-mamanya” atau jika yang men-sponsori Papanya, ya pakai Bank Stattement papanya plus surat spopnsor dari papanya, sudah cukup itu.

    Berbekal surat-surat tersebut, nanti bisa langsung ke UK Visa di Jakarta.

    Biasanya kan diurusi sama Travel Agent yang juga mem-print kan Ticket dan itenerary (rencana perjalanan).

  56. C-aja says:

    mas Dony, lam kenal yah,,
    aku C. aku bentar lagi lulus S1 jur bahasa and sastra inggris. ku pengin banget bisa kerja di UK. but, ku gak punya saudara and sanak family at all. kasih tau dong enaknya gimana ya mas langkah2nya. kalo gak usah pake kul disana but langsung dapat kerja caranya gimana?
    thanks.

  57. hari says:

    kmarin kakak jg udah coba,cm da problem dari segi financial,, pertanyaannya. Dari segi finansial kira2mesti ada berapa?Apakah cukup di sponsor ja, pa hari juga mesti ada?kan status rie masih kuliah and blom punya penghasilan sendiri.

  58. Donny says:

    @C-aja,

    Jujur saja, kalau baru lulus S1, sulit sekali untuk menembus pasar tenaga kerja di Inggris. Pastilah mereka akan melakukan proteksi, minimal dari dipersulitnya untuk mendapatkan Visa, walaupun Visa untuk Training sekalipun. Kecuali kalau memang dikirim oleh perusahaan di Indonesia untuk training di UK, nah itu baru bisa. Selain itu, saya melihatnya, agak pesimis.

    @hari,

    Biasanya Finansial yang dipertanyakan adalah Finansial si-Sponsor nya, jarang finansial kita yang akan berangkat. Asal saja sudah jelas apa tujuan kita.

    Tapi, ada memang double-standard dari Inggris, yang walaupun sudah ada sponsor nya, tapi dengan kekhawatiran bahwa kita akan menetap di Inggris, maka Visa bisa-bisa di tolak.

    Kalau sudah begitu, kita nggak bisa apa-apa, karena itu memang sudah hak nya Pemerintah Inggris.

    Banyak pengalaman orang Indonesia di Inggris yang sudah permanent resident atau kawin sama Bule Inggris, tapi kesulitan untuk membawa anaknya yang sudah berumur diatas usia sekolah (alias diatas 18 tahun), karena statusnya sudah bukan lagi tanggungan Or-Tu nya.

  59. mas,klo welding inspector,UT level2,MT/PT level2 tapi sertifikat dalem negri kepake nggak di inggris,soalnya klo kerja di indonesia sebanyak apapun keahliannya kayaknya klo masih pribumi harganya sangat kecil.Apa aja perusahaan sponsor di inggris.

  60. HERI RUSDIYANTO says:

    saya sudah ngelamar kerja di hotel uk london,inland city.

  61. SETIAWAN says:

    Salam kenal mas donny.!

    saya mahasiswa teknik informatika, tapi saya sekarang sedang nyusun skripsi, inginnya kalo dah selesai s1 lanjut nyari s2 di inggris kira2 bagaimana caranya, dan kalo ada link nama2 kampus disana yang bisa nerima tapi yang biayanya ga terlalu mahal tolong kirim ke email saya di jhody007@yahoo.com terima kasih.
    Tujuannya sih sama seperti semua yang ada di blog supaya bisa kerja dengan legal di Inggris. tolong ya mas Donny

    Lets Go To England……….!!!!

  62. Agoeng says:

    Mas Don,

    Wah gak tau mo ngomong apa..amazing banget blognya very helpfull..

    Pengen banged kerja di London, kebetulan experience di oil and gas company ( more than 12 years ) production offshore,..memang sih persyaratannya ketat, pernah dapet offer utk di North Sea weleh gak tahan weathernya..

    btw, thanks infonya mas dan salam kenal,..

  63. NaYLa says:

    Dear Mr.Dony yg Informatif

    Mas, february ini kul aq selsai, rencananya aq mw ke U.K buat kerja. Sama temen aq yg memang warga negara sana nyaranin aq untuk bkin visa n working permit lewat link globaltourinternational2@london.com atw di gtitravelagency1@mail2world.com . Ada informasi tentang link diatas ga mas? Apa aq masih hrs cari sponsor?

    Thanks a lot yah…

  64. Ibham Veza says:

    Sebagai alternatif…….

    Utility bill, bukti bahwa kita tinggal di UK, bisa digantikan dengan provisional driving licence. Sebuah kartu yang dapat digunakan sebagai proof of address.

    Sehingga untuk daftar Bank account, buat kartu perpustakaan, apply for NI number ataupun bikin janji ke dokter tidak perlu membutuhkan utility bill.

    Prosenya sangat mudah. Bisa datang ke post office atau untuk yang di London bisa datang ke DVLA office yang berada di sebelah kanan stasiun wimbledon.

    At office….
    Naik satu lantai, ambil antrian, isi form D1, tunggu dipanggil, kasih passport (ditahan), bayar £45, terus pulang. Prosenya sekitar 3 minggu dan kartunya + passport akan dikirm ke alamat kita jika sudah jadi. Walaupun bilangnya 3 weeks, tapi kasus saya dulu satu minggu dah kelar.

    Semoga bermanfaat

  65. Eddy says:

    Mas Donny, sy mau tanya, kalo sy ngajuin visa turis ada sponsor dari suami tante sy (dia orang inggris) setelah sampai di UK,, bisa tidak visa turis itu dirubah menjadi study atau kerja,,, sebenernya sehh pengen kerja sambil bisa kursus b.inggris.

    Mas Donny separah-parah apa? jika sy ilegal disana, kerja dengan visa turis,? dihukum cambuk atau hukum apa?

    Nah jika sy nikah disana sm org UK, trus visa turis itu jadi apa? permanet atau apa TRIMS ya MAS DONNY,,,SY salut sm mas donny “patut jadi contoh bagi orang2 yg mau maju”

  66. eri says:

    Mas Donny,
    baru2 ni sy iseng-iseng ikutan program au pair, dan ternyata ada 1 keluarga dari london ‘ngelamar saya’.
    Dengan tawaran gaji yang lumayan (2600 pounds/month), y saya oke2 ajalah.
    tapi belakangan dia minta saya ngirim uang untuk melengkapi biaya pengajuan work permit yang katanya c sebagian udah dia bayar. kurangnya 350 pounds harus saya yg kirim k akuntan dia via western money.
    wah duit segitu kan lumayan gede, kira-kira bener g ya…
    trus kalo dah ada work permit nanti, yang saya ajuin visa apa?
    Oia, dia nyuruh saya kontak travel agentnya di london, shenfield travels & tours, tapi pas saya liat di web, tu no telp & alamat email yang dia kasih beda sama yg di situs.
    Kasih tips dong, gimana cara mengkritisi hal ini…
    trus apa nih yang harus saya lakukan????

  67. gune says:

    kalo misalnya mau tinggal di sana aja bisa nggak ya pak donny?

    kalo udah punya beberapa perusahaan di indonesia, jadi cuman tinggal tapi nggak kerja di sana.

    saya harus keluarin duit berapa?
    rumah udah ditawarin sama temen yg disana.

    pajak disana kira kira berapa ya?

    thankyou so much

  68. gune says:

    - tinggal di bradford (mau beli rumah)
    - udah ada banyak teman di sana
    - nggak mau kerja di sana
    - penghasilannya di indo (ada beberapa perusahaan)

    jadi pertama harus ngurus apa dulu?
    walaupun mahal ga papa.

    minta informasinya ya pa donny. thanks
    kirim ke email saya: sbkoaatred@hotmail.co.uk

    thankyoo

  69. Fonda says:

    Hallo Mas Donny,
    Mas Donny, informasinya bagus sekali..informatif, lengkap. Jendela pengetahuan saya jadi bertambah.

    Mas Don, membaca informasi mas Don, saya dan suami saya jadi ingin mengadu nasib untuk kerja di Inggris. Suami sy sdh 6 th bekerja di teknik sipil. Saya bekerja 5 th di purchasing.

    Sepertinya enak diInggris, dari negaranya tidak extrim terhadap muslimnya.

    Mungkin ada saran dari mas Don, langkah pertama apa yang harus kami lakukan ?
    Adakan situs untuk mencari pekerjaan disana ( di Indonsia = jobs,db, karier.com, dll) , utk mempermudah kami mencari info..?

    Terimakasih mas Donny,

  70. Donny says:

    Fonda,

    Langkah pertama menurut saya adalah mendapatkan Visa Kerja dulu, kalau bisa yang type HSMP. Karena dengan type ini, kita nggak membutuhkan sponsor letter dari perusahaan di Inggris.

    Tapi kalau nggk bisa jga nggak apa-apa. Bisa mengajukan Visa Kerja yang akan diurusin sama Perusahaan yang mau meng-hire kita.

    Kalau untuk engineering, bisa dicoba:

    EPC Global,
    NES UK
    First Recruitment

  71. Astrid says:

    O ya Mas Donny,
    tadi kan itu daftar list MBA Aussie.
    Kalau jurusan yang lain mungkin masuk HSMP juga ga??
    Aku kan Psikologi, kira2 yang termasuk HSMP itu apa aja ya… terus liat daftar list UNI yang diakui untuk HSMP itu liat dimana ya Mas. Ada websitenya ga ya??
    Kalo daftar UNI yang di Jerman ada ga…
    Makasi sebelumnya

    Astrid

  72. Addi says:

    Hallo Mas Donny,

    Saya mau tanya nih. Sekarang ini saya berumur 30 tahun, apakah saya masih bisa dapet student visa ? dan apa saja persyaratan untuk dapet student visa itu ? Ada yang bilang butuh Letter of Enroment atau juga Offer Letter, ada juga yang bilang butuh sponsorhip letter dan financial statement , mana yang bener ya Mas ?
    Trus kalo mau dapet working visa itu syaratnya apa aja ya Mas, selain sponsor dari perusahaan ?

    Mas, pls ya balas secepatnya, saya butuh banget informasi ini

    terimakasih .

  73. dicky says:

    pa mau tanya neh ,
    saya bulan depan ke inggris neh ambil course di london college of fashion , untuk 3 bulan
    visa saya student visit
    saya mu tanya memungkinkan ga sih kerja kasar ( cuci piring atau apa gitu ) hehee
    mohon infonya , butuh banget neh buat nambah2 hehehe

    regards

    dicky sukmana

  74. poppie says:

    Hallo Mas Donny,
    wah surely usefull banget deehhhh
    Mas pengen nanya, boleh kaannn
    gini, klo mo cari kerja di Irlandia ngurus visanya kemana yak ?
    kan katanya embassy nya udah ditutup, apa musti ke irish embassy yg di singapore ? wah jauh dong ? emang bisa gak ya mau ke Irish tapi ngurusnya ke embassy UK ? bisa nggak ya ?

    terimakasih banget ya Mas, semoga direspon hehe
    peace ^_^

  75. taufiq says:

    mas donny proses untuk sekolah di inggris dari awal sampai kita dateng kesana seperti apa? biasanya kalau untuk ngurusin di indonesia dipersulit apa tidak?

  76. Donny says:

    @Taufik,

    Prosesnya bermula dari mengirim formulir aplikasi ke Universitas yang dituju. Nanti setelah dilengkapi dokument yang diperlukan, Unievrsitas akan memberikan Letter of Enrolment, yang dibutuhkan untuk ngurus Visa ke Konsulat Inggris di Jakarta. Nah, berbekal surat itu, kamu bisa mengurus Visa Student, tentu saja melengkapi persyaratan yang diminta.

    Sampai di Inggris, biasanya perwakilan Sekolah sudah ada yang menjemput di Airport, dimana mereka akan membimbing step-by-step yang harus dilakukan.

  77. Donny says:

    Poppie,

    Coba hubungi alamat ini:

    Ireland Consulate , Indonesia
    c/o Jakarta International School, JI.Terogong Raya 33
    PO Box 1078 JK7
    Jarkata
    Indonesia
    12430
    Phone:
    +62-21-7695142
    Fax:
    +62-21-7503644

  78. fina says:

    Mas Donny,
    baru2 ni sktr seminggu yg lalu saya mendapat tawaran pekerjaan di UK
    tetapi lewat internet. jadi nanny 2 anak.
    dan saya ingin memastikan apakah tawaran itu benar adanya..

    Dengan tawaran gaji yang lumayan (2600 pounds/month), y saya oke2 ajalah.
    tapi belakangan dia minta saya ngirim uang untuk melengkapi biaya pengajuan work permit ,NATIONAL IDENTIFICATION NUMBER, dan UK NON-SETTLEMENT VISA yang katanya c sebagian bakal ditanggung sama dia. kurangnya 250 pounds harus saya yg kirim k manager in care travel managemen nya via western union.
    wah duit segitu kan lumayan gede banget, kira-kira bener g ya…

    Oia, dia nyuruh saya kontak travel agentnya di london, British Airways Travel Agency, tapi pas saya cari2 di web saya ga nemuin info yg berhubungan dengan agent tsb. malah hanya ada web british airways (web utk beli tiket pesawat gitu)
    Kasih tips dong, gimana cara mengkritisi hal ini…
    trus apa nih yang harus saya lakukan???
    saya bener2 bingung!!

    thx bngt y mas
    semoga cpet direspon
    ^____^
    (lgs lwat e-mail kalo bisa)
    thx u

  79. yuyun says:

    iya sama… aku jg penasaran ttg lowongan jadi nanny..

  80. priagung yusuf says:

    Assalamu’alaikum Mas Donny,

    Perkenalkan saya Priagung Yusuf, dari Bogor, usia sudah 31 tahun alias kepala 3 dan suda berkeluarga dgn 1 orang anak.
    Kebetulan saya sedang cari info Kerja di Inggriss…atau paling ga bisa kerja sambil ngelanjutin S2 di Inggris.
    saya lulusan S1 Ekonomi/Manajemen, dan pengalaman kerja kurang lebih 8 tahun. saya sudah pernah ke Eropa sebelumnya, tepatnya Januari 2006.
    Paspor saya masih berlau s.d 2010.
    Kira-kira Mas Donny bisa ga ya bantu saya, untuk kasih info masalah lowongan pekerjaan yang ada di Inggris sana juga kalo ada Info S2 yang murah tapi berkualitas.
    Saya masih ingin terus menggali potensi saya mas, pernah punya cita2 sekolah S2 tapi belum kesampaian.
    Kalo ada juga tips2 buat kesana untuk orang semacam saya Mas.
    Thanks sebelumnya ya Mas.
    Mudah2an silaturahmi ini bisa berlanjut di kemudian hari.

    Wassalam
    Priagung Yusuf
    GSM : 08161459943, CDMA : 021 94293952, Home : 0251 633746
    email : priagungy@yahoo.co.id, priagungyusuf@hotmail.com

  81. Supriyanto says:

    Mas Dony,..
    Saya Supriyanto baru lulus S1 jurusan Elektro pengin mendalami piping sterss analizys yang saya mau tanyakan adalah apakah nantinya mudah utk mencari kerjaan krn basicnya berbeda
    dan lebih bagus mana dng mendalami etap ( electrical transient analisys program ) dan skg usia saya sdh 40 th

  82. Kelep says:

    Salam kenal,
    Permisi mas Donny, saya mau berbagi sedikit informasi untuk teman2 yg mau ke UK. Untuk teman2 yg mau kuliah di UK bisa lihat info di http://www.educationuk.org atau versi bhs Indonesia nya http://www.educationuk.or.id. Di web tersebut teman2 bisa mendapatkan info mengenai segala sesuatu ttg pendidikan di UK dan juga ada semacam search engine untuk mencari universitas atau jurusan tertentu yg diinginkan. Kalau ada yg menanyakan kampus yg cukup murah tuition fee nya, yg saya tahu univ of sunderland yg kira2 biayanya 7000 pounds/thn.

    Saya sendiri akan brgkt ke UK utk mengambil program master dlm waktu dekat dengan harapan bisa bekerja di UK setelah lulus nanti. Saya mengambil jalur studi ini sebagai pembuka jalan menuju UK karena saya tdk mgkn utk mendapatkan Work Permit krn saya sadar saya tdk punya pengalaman dan skill istimewa yg bisa membuat sebuah perusahaan di UK bersedia utk menjadi sponsor saya. Begitu juga dgn HSMP, saya tdk mgkn mendapatkan visa ini krn saya tidak memiliki penghasilan yg cukup besar dlm 12 bulan terakhir sehingga tidak dapat mencukupi jumlah point yg telah ditentukan. Sedangkan utk bekerja ilegal di UK saya tdk berani krn beresiko dideportasi dan dicekal jika tertangkap dan employer saya pun akan didenda 10rb pounds krn telah mempekerjakan saya. Jadi ketiga opsi tersebut tdk mgkn saya ambil saat ini.

    Rencananya setelah lulus nanti saya akan apply post-study work visa yg memungkinkan saya utk bekerja selama 2 tahun di UK tanpa perlu sponsor (kebetulan peraturan ini baru berlaku 30 Juni 2008 yg lalu). Rencananya juga setelah bekerja 12 bulan dgn visa post-study work saya akan apply visa Tier 1 General Highly Skilled Worker (sebelumnya bernama HSMP).

    Demikian informasi yg bisa saya berikan untuk teman2 yg ingin ke UK dan semoga bermanfaat dan dpt dijadikan bahan pertimbangan disamping informasi yg telah diberikan oleh mas Donny tentunya.

    Best regard,

    Kelep

  83. Sharee says:

    Mas doni permisi yah.. mau tanya, Kelep ada alamat emailnya ga??makasi..

  84. Sharee says:

    Mas doni, saya bole berbagi cerita yah.. Sebelumnya saya ada tawaran juga untuk tinggal sambil mencari kerja di luar negeri, tapi saya slama ini mrasa khawatir dengan perlakuan negara lain dengan orang muslim..Bagaimana dengan di UK, apakah perlakuan yang diterima orang muslim baik, dan saya mengenakan kerudung (apa tidak terlalu masalah ya?).. terima kasih banyak yah.. ditunggu responnya dari mas doni :)

  85. Sharee says:

    oia, sebelumnya saya maw kasih komentar, mas doni ini LUAR BIASA, sudah bersedia membagikan info yang sangat bermanfaat dengan sangat detail.. makasi ya atas info2nya.. GBU..

  86. Donny says:

    Sharee,

    Thanks atas pujiannya….muslimah dan berjilbab? ndak masalah dong…jumlah orang Islam di UK itu sudah lebih dari 5 juta orang, sudah diakomodir di Parlemen, kementrian di skotland dan di kepolisian.

    Tenang saja, wanita ber jilbab yang kerja sudah suatu pemandangan umum di London..

    So..what are you waiting for? Come…

  87. Sharee says:

    eh maab.. mas Donny

  88. Sari says:

    Hi Mas Doni,

    Salam kenal.
    Kalau sudah berumur hampir 40, apakah masih bisa mencoba Visa student di UK, untuk akhirnya bekerja di sana ?
    Apakah tidak terlalu tua ?

    Thanks,
    Sari

  89. Donny says:

    Hi Sari,

    Tentu saja boleh, nggak ada batasan umur kok. Apply saja, habis itu kan bisa langsung kerja karena sudah berpengalaman kan..

    40 belum tua lah Sari..

  90. wawan says:

    assalamualaikum mas donny…wah pengalaman hidup mas donny menyenangkan sekali…btw saya ingin tanya mas, seberapa besar engineer kita disana mendapatkan peluang kerja diperusahaan2 asing di UK? dan menurut mas donny apa saja yg hrs dipersiapkan oleh seorang pemula seperti saya agar dpt bs berkompetisi disana….sblmnya pglmn krja saya br 3 tahun mas sebagai design engineer di bidang metering station dan sekarang di EPC utk divisi pressure parts project…insya Allah mas donny saya mau memperdalam PDMS…oiya kira2 org PDMS diEropa byk yg cari nga mas…..thx for u attention

  91. ira says:

    mas donny
    Ira pusing bgt urus visa UK.. mana embassy pindah kJkt:(
    Partner Ira bilang come quick mulu, coz he’ve friends from pakistan so easily 2 apply visa. Ira jadi bingung juga yah knp bisa geto but, Ira coba jelasin kalo quote tiap negara beda2:) Ira sempet dikasih info, tolong yah dikritisi. Pertama, use Tourist visa. Kan cm dapat 2 minggu, sibukin cari kerja yang bisa ksh sponsorship letter. Agak gambling juga kalo kita gak ulet. Trus, langkah berikutnya, apply tourist visa 2 France, u must out from UK n France more nearly. Disana, apply work permit 2 British Council sama bawa sponsorship letter. Gimana yah cara tsb?
    Balas secepatnya ya… Ira rencana kesana June 2009, so harus dimtengin dari sekarang sblm resign, tul gak, mas Donny?
    Thanks ya

  92. virza says:

    mas Don maaf , saya minta ijin untuk pemberitahuan tentang pekerjaan yang ditawarkan di london menjadi nany “BOHONG” saya korban dari mereka. jadi di himbau supaya tidak mengirim uang sepeserpun.
    trims

  93. moch taufik says:

    hallo mas donny, sorry ganggu bentar
    aku mo nanya cara dapetin visa hsmp gimana yah?
    utk info sy taufik s1 metallurgy n welding inspector
    tolong bisa lewat alamat email aku
    thanks ya mas atas infonya

  94. santi says:

    mas donny adik saya mau ke uk. dia dikirimkan kesana dlm kaitan tugas kerja selama 1minggu. skrg ini mau buat visa, dia agak ragu utk bt visa karena berkerudung. khawatir ditolak. selain itu dia jg kebingungan dgn waktu sholat selama disana. sangat ditunggu jawabannya. tks sebelumnya.

  95. rafie says:

    mas donny salam kenal, mau tanya lulusan SMU bisa ga langsung kuliah di UK denger2 harus ikut A level dulu yang saya bener2 ga ngerti. Thx atas infonya

  96. dewi says:

    Dear Mas Dony,

    Mohon bantuan informasinya.
    Jika kita mau coba ke UK dengan menggunakan studen visa, berarti kan kita harus enroll dulu.
    Boleh bantu ga, berapa si kira2 uang yang harus di sediakan dari mulai daftar sekolah dan dana persiapan, tiket, urus visa, akomodasi untuk antisipasi sampai dengan kita dapat kerja untuk bisa hidup disana.
    Btw, pengalaman kerja aku di finance, apakah akan sulit cari kerja disana (FYI-aku ga pilah pilih jenis kerjaan, yang penting halal).

    Thanks a ton

  97. Lene says:

    Pak Donny, terima kasih info seputar visa nya. Sangat membantu.

    Saya baca di atas banyak teman2 yg dapat tawaran jadi au pair/nanny di inggris. Saya kebetulan juga pernah bikin account di salah satu website aupair dan mau bagi2 info aja (dan mau tanya juga).

    Jadi gini, satu masalah kl kita bikin account spt itu adalah banyak SCAM/penipuan seperti yg teman2 utarakan di atas. Saya banyak menerima email seperti itu (keluarga yg mencari Au Pair/nanny dengan gaji yg besar bgt tp kita jg disuruh kirim uang). Nah, yg seperti itu SCAM!

    Biasanya kalau mereka serius, mereka akan kirim email yg menyatakan dari mana mereka dpt email & info ttg kita. Trus gaji yg ditawarin biasanya cuma sekitar USD 200-300/minggu (berdasarkan pengalaman). Yang paling penting, mereka TIDAK MINTA KITA UTK MENGIRIMKAN UANG KEMANA PUN!

    Nah, Pak Donny… Saya mau tanya nih. Kebetulan ini pertama kalinya saya ditawari jadi nanny di Inggris (sebelumnya di Hong Kong & utk short-term saja). Semua info yg mereka berikan genuine dan saya memang tertarik utk menerima tawaran mereka.

    Masalahnya biasa : VISA.

    Seperti yg Pak Donny sudah jawab di atas, orang Indonesia TIDAK BISA masuk melalui YOUTH MOBILITY SCHEME. Jadi, saya coba cek lg di http://www.ukba.homeoffice.gov.uk mengenai work permit.

    Hanya saja, saya bingung dengan kualifikasi saya. Untuk apply di dlm kategori Tier 2 (skilled worker & highly skilled worker), berdasarkan POINTS-BASED SYSTEM saya tidak punya cukup point krn jatuh di EARNINGS. Spt yg Pak Donny tahu, pendapatan tau pair di sana di bawah GBP 17,000.

    Keluarga yg menawarkan pekerjaan itu bersedia menjadi sponsor & akan mengirimkan work offer in written. Tapi mereka kan bukan perusahaan/organisasi.

    Saya ingin minta saran, dengan kualifikasi S1 Sastra Prancis UI, bank account orang tua (saya tidak punya bank account dengan saldo yg mencukupi syarat selama 3 bln terakhir.), sponsor dr keluarga di sana, dan rencana untuk mengambil night classes di Inggris,

    APA LEBIH BAIK SAYA APPLY VISA VISITOR ATAU LANGSUNG APPLY VISA TIER 2 yg saya sudah sebutkan di atas??

    Maaf kalau bertele-tele & kepanjangan. Terima kasih sebelumnya.

    Regards,
    Lene

    • brockland says:

      halo mbak..salam kenal hehe…kok au pair ke inggris,kenapa gak ke prancis gitu? hehe..

      saya juga mahasiswa sastra prancis n lagi nyari2 info au pair tapi sepertinya inggris dan irlandia menarik nih ..

  98. ricky says:

    mas donny tolong dibantu pencerahannya kalo saya mau ambil kuliah di london college wimbledon gimana apa bisa sambil kerja juga trus kira2 brp jam bisa kerja sambil kuliah? trus cukup ga untuk biaya hidup + nambahin biaya kuliah ?
    atau bisa nabung jg ga ? soalnya rencana mau kesana pake pinjaman duit jg seh kl ada soalnya mau merubah nasib + waktu yang dipunya cmn sedikit soalnya jg sambil mikirin masa depan cewe gua……..mohon bantuan & pencerahannya mas donny email yah kl bisa minta jg email mas donny
    sv1ll15chs@hotmail.com

    terima kasih banyak

  99. RYAND HARYANTO CLARKE says:

    salam kenal..

    langsung saja saj ya, say mohon advisenya, saya ngajukan UK visa 4 kali dan semuanya ditolak. sakit hati ga sih Buu?
    padahal semua data dan dokument udah kompliiiit, bahkan pakai jaminan lawyer UK dan Indonesia, it’s sound rediculous. mereka seolah olah make up story gituu, cari alasan buat nolak visa saya. please sent email to my email address ya, kalau sempet. nech alamatnya ryand2250@yahoo.com.thanks b4

  100. Micky G says:

    Mas Doni,salam sukses selalu buat mas yang selalu mau berbagi bekal dan ilmu buat kita semua.
    Mas, kalau saya daftar kuliah di london seperti London College Wimbledon yang Mas Doni tawarkan itu berapa yah harganya? trus aku takut setelah bayar nanti gak dikasih offer letter sama sekali alias scam.
    trus kalo uda dapet offer letternya,tuh visa student pasti diberikan/dikeluarkan nggak mas dari embassy?
    sesudah sampai disana dimana kita bisa tinggal mas yang murah atau gratis kalo ada?hehheeh sampai disitu kalo kita batalin untuk kuliah dan habiskan waktu untuk kerja bisa ada masalah gak mas? Mohon balasannya yah Mas,,saya udah gak tahan lagi ingin adu nasib disana.

  101. Micky G says:

    Mas Doni lupa satu hal lagi,kira2 pelajaran apa yang harus aku ambil? yang menurut mas bisa berguna untuk kerja disitu.
    Saya lulusannya manajemen ekonomi.
    Terima kasih yah mas.

  102. Micky G says:

    Mas Doni,,kalo uda baca tolong dibalas yah,aku tunggu.

  103. Micky G says:

    Mas Donni,,kalo kita uda dapet visa studentnya tapi sesampai disana kita gak jadi lanjut sekolah atau kuliah gak apa2 kan mas? trus visa student itu validnya berapa lama yah Mas?
    Satu lagi mas,KIBRAH itu tempat perkumpulan orang Indo yah mas? ada tempat tinggalnya gak Mas? kalo ada berapa yah? Mas aku bener2 minta maaf yah mas, aku bener2 mau memperjuangkan nasibku Mas hehe

    aku tunggu balasan darimu Mas,sebelumnya aku ucapkan terima kasih sebanyak2nya buat Mas dan keluarga.
    Sehat dan sukses buat Mas Donni selalu.

  104. Donny says:

    Halo Micky,

    di London College Wimbledon kamu bisa mengambil bahasa Inggris dulu selama 1 tahun biayanya (jam 0-12.15) adalah GBP3600. Setelah itu bisa melanjutkan untuk kuliah Associate Business Executive (4 tahun) dimana 1 tahunya 3500 pound. Kamu bisa bekerja maksimal 20 jam seminggu, tapi kebanyakan mahasiswa kerja lebih dari itu. Visa Student validnya biasnaya sesuai dengan lamanya kuliah.

    KIBAR itu organisasi keluarga muslim di UK, dan tidak ada punya asrama atau tempat tinggal. Jadi pasti aja gak bisa membantu. Anggotanya yang mungkin bisa membantu mencarikan.

    Yang jelas, untuk bisa mendapatkan visa masuk UK kan mesti bayar dulu uang kuliahnya, jadi sayang juga kan kalau gak kuliah.

  105. Micky G says:

    halo Mas Donni, lupa aku mau ucapin salam kenal sebelumnya hehe

    thank you banget atas replynya yang cepat.

    Mas Don, aku kesitu gak ada tujuan untuk belajar tapi untuk kerja sepenuhnya,tapi seperti yang Mas bilang lewat Student Visa aja,nah kira2 ada resiko gak Mas kalo aku pake student visa tapi aku kesitu gak jadi ikut kuliah?habis duitnya cuma bisa buat bayar uang pendaftaran kuliah aja kkkkkkkkkk

    tapi kalo pake visa student disitu gak masalah kan buat cari kerja Mas?

    Mas,tempat tinggal paling termurah yang kecil2 juga gak apa2 di london apa yah mas? yang banyak orang indo juga.

    tinggal masalah kerjanya,gimana yah Mas? aku memang gak milih2 tapi sekrg kan lagi krisis disitu.

    Mas Donni,,seribu maaf Mas kalo aku banyak tanya soalnya aku takut sampai disitu aku mati langkah karena aku sendirian dan butuh teman juga disitu juga informasi2 awal yang mengawal langkah pertamaku.

    Terima kasih yah Mas Donni, aku ingin membalas lebih dari sekedar terima kasih sebenarnya kalo bisa.
    aku tunggu balasannya yah Mas.

  106. Micky G says:

    Mas Donni,

    Sorry,aku ingin memperjelas pertanyaanku yang pertama mengenai student visa di atas.

    kalo aku uda dapat student visanya,bisa nggak setelah aku sampai disana aku gak jadi belajarnya tapi untuk kerja saja alias aku menghindar dari kuliahnya.

    mungkin nggak nanti collegenya cari2 aku lalu laporin aku ke embassy dan polisi?

    thank you Mas Donni,Mohon penjelasan-penjelasannya.

  107. Micky G says:

    Mas Donni,

    Sorry,aku ingin memperjelas pertanyaanku yang pertama mengenai student visa di atas.

    kalo aku uda dapat student visanya,bisa nggak setelah aku sampai disana aku gak jadi belajarnya tapi untuk kerja saja alias aku menghindar dari kuliahnya.

    mungkin nggak nanti collegenya cari2 aku lalu laporin aku ke embassy dan polisi? itu yang aku takutkan. kalo aku kesana lanjutin kuliah yah sama aja aku bukan nyari duit Mas. hehehe

    thank you Mas Donni,Mohon penjelasan-penjelasannya dari pertanyaan-pertanyaan aku.

    • Kelep says:

      Buat Micky,

      Skrg ini peraturan utk student visa sudah diperketat. Universitas yg mensponsori mahasiswa internasional diwajibkan untuk melapor ke UKBA (UK immigration office) kalau mahasiswa tsb tidak benar2 menjalani kuliahnya. Kalo memang niatnya dr awal mau kerja ilegal di UK kenapa susah2 lewat jalur studi? Kenapa tdk apply tourist visa saja? Tapi kalau bisa sih jangan kerja ilegal disini karena imigrasi disini lagi ketat2nya apalagi di zaman krisis begini.

  108. Heri says:

    Mas Donni,
    kalo yang bukan sarjana tapi berbekal pengalaman & bisa bahasa inggris bisa gak ya ikutan kerja di London?

  109. Cindyekawati says:

    Mas Donny,
    aku Cindy mau tanya, 2 minggu yang lalu saya ditawarin kerja sebagai nanny di England dengan gaji Euro 1400/bulan dan euro 200/minggu. Akhirnya keluarga di England bilang kalau mereka akan menanggung biaya tiket pesawat, surat-surat dokumen. Dan dia akan pakai lawyernya di sana. setelah berapa lama dia kirim surat kontrak kerja, yang isinya hak dan kewajiban saya bekerja dan juga harus ditanda tangani. Kalau visa saya harus mengurus sendiri di Indonesia.
    Bagaimana syarat2nya? dan apakah umur saya bisa masuk buat visa kerja jika saya 30 tahun?
    Terima kasih mas Donny…. harap balas ke email saya.
    Saya sungguh bingung…. bila harus mengurus work permit itu sendiri.

  110. rudee says:

    mas donny, lam kenal…..aku rencana maw kerja di london….dan kata aaagent aku dapet di euro queen hotel itu tempatnya di crystal palace….nahh apa itu pake HSMP ato working permit yah??makasi mas donny

  111. simkuring says:

    hmmmmmmmmmm bgmana anak2 ?
    siapa aja yang udah pindah ke UK?

  112. Dedy says:

    Mas Donny,
    Mohon share pengalamannnya. Saya sudah kuliah di UK satu tahun, di visa saya di cap : Work (or any changes) must be authorized, apakah itu artinya kalau mau kerja (part-time) harus minta work-permit? Apakah ada student visa yang berbeda, kan sbg mahasiswa katanya bisa kerja maksimal 20 jam/minggu, tanpa work permit kan? Ok makasih sebelumnya.

  113. hallo mas donny salam kenal,,,saya marcella kuliah S1 di STBA Yapari aba bandung,,,2 semester lagi saya akan lu2s kuliah,,,,saya rencana ingin bekerja di UK,,tapi bagaimana cara mendapatkan workpermit,,,saya mengikuti program au pair dan baru saja mendapatkan kabar kalau indonesia sdh di cut oleh pemerintahan UK untuk visa Au pair,,,tapi saya ingin sekali bekerja sebagai Au pair di Inggris,,,tuan Rumah d UK sudah tertarik untuk mempekerjakan saya dan mereka meminta saya menghubungi Visa agency,,,tapi saya masih bingung,,,,bagaimana saran mas Donny? saya benar2 ingin sekali pas lu2s kuliah bisa langsung berangkat ke UK,,,sementara sambil saya menunggu lu2s kuliah saya bisa memanfaatkan waktu untuk prosedur lainnya jika ada ,,,?? saya tunggu balasannya y,,,terima kasih

  114. Liviana Wijaya says:

    Halo salam kenal buat mas Donny,

    Informatif sekali soal visa di blog anda. Impressive.
    Saya ada satu kasus, bingung sekali karena saya jadi dilemma. Saya mau apply PSW ( post study work visa), nah,
    menurut prosedur saya haru submit bank statement etc., boleh tidak yah paka akaun dari orang tua? Atau apakah saya haru pakai akaun bank atas nama saya ( punya sendiri)? Sudah saya cek di website2 tentang visa uk, tapi tidak pernah dijelaskan. Saya tanya VFS sendiri mereka bilang bisa, tapi entah kenapa saya agak ragu sendiri. Kira kira ada teman2 yang menghadapi situasi seperti saya ini. Mohon balasannya, thank you very much.

  115. Reza says:

    ASS Mas Donny,

    Salam kenal namanya Reza…semoga mas bisa bantu memberikan informasi kepada saya…Pada tahun 2007 saya sempat apply 2 kali untuk student visa, sayangnya (atau sialnya) ditolak, padahal surat dari college sudah ada dan dimasukan dalam aplikasi visa saya…Alasan kedutaan menurut saya sangat tidak relevan, karena kalau menurut saya semua sudah saya lengkapi, misalnya dokumen keuangan (sesuai bahkan melebihi dari yang diajurkan pihak College) dan juga surat letter of acceptance. Tapi itu tahun 2007, sekarang tahun 2009 ini, saya berencana untuk kembali apply student visa untuk 2010, kebetulan saat ini saya tengah menempuh studi bahasa Jerman di Austria. Pertanyaannya saya, bagaimana kans saya untuk mendapatkan visa student UK? Passport saya sudah saya ganti per tahun 2009 (yang 2007 dibuang karena ada cap ditolak). Apakah institusi/college yang menerima saya juga berpengaruh dalam proses visa? Setahu saya, college yang saya pilih sudah terakreditasi dari berbagai macam badan pendidikan di UK misal BAC, ABC, etc…Trus apakah keberadaan Visa schengen saya dapat membantu mempermudah proses visa ke UK? Jujur saya sangat tertarik sekali untuk studi sekaligus bekerja di UK…BTW usia saya 30 tahun.

  116. Hendrik la Heri says:

    Assalamualaikum wr,wb.
    salam kenal mas donny..saya hendrik, saya orang yang biasa biasa saja/tidak mempunyai apa2. akan tetapi, saya mempunyai cewek di london dia ingin aku kesana dan tinggal bersamanya dan keluarganya dan bekerja disana. kami akan menikah. dia akan datang keindonesia untuk bertemu dan menikah dengan saya. yang ingin saya tanyakan, apa yang harus saya siapkan(surat -surat dan lain2) untuk bisa ikut bersamanya kelondon.setelah saya menikah dengannya diindonesia. mohon jawabannya mas donny..beberapa bulan lagi, cewek saya akan keindonesia.

  117. Tony says:

    Mas Donny, boleh tanya kalo mau kuliah di Inggris yang bagus apa yaa? Kalo kira-kira mau ambil kuliah tentang IT atao Business. Terus visanya bagaimana? Berapa kira2 biayanya?

    Trims buat jawabannya

  118. PUTRA says:

    mas doni saya baru lulus SMA tapi skrng sy sudah belajar di salah satu kampus di malaysia,saya mau benar kerja disana menjadi housekeping atau houseworker,its ok both..tapi ak binggung gmn ya??apa kah ak masih ada harapan untuk kesana menjadi pekerja2 seperti itu .

  119. andre says:

    makasih buat informasinya bung dony,pingin kerja di usa susah dapetin visanya ke england apalgi lbh ribet lagi yg gampang keman ayah dah putus asa nih,pingginnya sih ke uk tapi prosesnya bejibun persyaratan iya kalau di terima dah lengakp di tolak stress dah kita hehehe,kasih saran ke kita dooong

  120. aie says:

    Doh susah ya, musti student visa dulu, thanks mas dony sangat informative, musti mikir lagi deh hehehe mungkin aku musti cari sekolah disana ya, maunya sih sekolah Art getu kira-kira biayanya brapa ya? :D anyway thanks a lot

  121. widhi says:

    mas donny,

    saya sudah sering bekerjasama dengan perusahaan di UK khususnya di HULL nah untuk dapat LG mgkn gampang minta rekomendasi visit dari mereka..yang saya tanyakan adalah mudah kah kita mencari kerja disana..? dan apa aja urutan unt bisa kerja di UK

    thanks

  122. Jabon says:

    ok terimaksih ya mudah mdahanasy bisa aya …

  123. Arif says:

    Ass. mas Donny,

    Salam kenal dari saya. Seperti halnya yang lain, saya pun tertarik utk hidup di UK. Jika boleh, saya ingin menulis melalui e-mail mas Donny saja krn selain agak sedikit panjang dan ada beberapa hal yg saya tidak ingin terbaca oleh orang lain.

    Wassalam.

  124. nana says:

    hi mas,,,

    aku mau nanyak,,,,
    tahun 2011 khan aku baru lu2s SMA,,,
    mau kuliah langsung kerja disana,,,,
    kira2 di inggris ada ga ya permanent resident?
    istilahnya kaya penduduk tetap untuk sementara?
    n aku juga mau nanyak umr 17th hidup di inggris sendiri susah ga ya mas??

  125. Supriyanto says:

    Salam kenal,

    Saya sdh berumur 41 th dan berkeinginan sekali kerja di oil & gas dan baru lulus kuliah dua th yg lalu, gimana mas Doni kiat2 utk bisa masuk ke dunia kerja migas krn saya sdh mencoba berkali2 blm ada satupun perusahaan yg memanggil saya utk wawancara padahal sdh puluhan lamaran yg sdh saya email padahal saya juga punya sertifikasi ETAP dari Ap-Greid, tlg dibalas

  126. Mutia says:

    Ass.wr. wb.
    Mas informatif sekali blognya…

    Mas, aku dapet tawaran beasiswa dari London School of Business and Finance, tapi ga full mas…

    Nah terus aku dapet letter bwt ngajuin LOAN ke OCBC NISP

    masalahku adalah aku jadi maju mundur nih…takut ga dapet student VISA nya…karena orang tuaku ga punya uang jaminan di bank sebesar yg diminta oleh UK embassy…

    Gimana ya mas caranya supaya dapetin Student visanya??

    Thanks before

  127. meri says:

    salam kenal mas doni
    saya mo minta tolong dari smp saya benci bahasa inggris karena kebencian itu saya gk bisa belajar sekarang saya di jepang untuk sekolah sekarang tahun ke 4. tahun 2011 bulan 3 saya lulus dari sekolah senmong gakko saya ngambil jurusan transleter bahasa inggris jepang tapi tetep bahasa inggris percakapannya gk berkembang……..rencana saya sesudah lulus kerja dulu di jepang selama 1 tahun untuk ngumpulin duit……….kalau misalnya ada duitnya pengen sekolah belajar bahasa inggris di inggris…trus pengen tanya biayanya untuk belajar bahasa inggris trus harus daftar ke mana
    makasihh

  128. dr.Nurman Hidayat says:

    Assalamu’alaikum..

    Mas Doni perkenalkan sebelumnya sya nurman, sya sangat tertarik membaca blog mas doni.
    Sya seorang dokter umum, sya sangat berminat bekerja di inggris utk mengembangkan potensi diri sya, dan niat sya juga mudh2an bs skalian berdakwah.

    Mohon sekali informasinya tentang pekerjaan dokter disana apa msh dipersulit juga.
    Mohon dibantu informasinya.
    Bisa lewat email sya dr.noerman@yahoo.co.id

    Terimaksih bnyak sebelumnya sudh dibantu.

  129. nindya says:

    mas dony salam kenal

    saya pengen jadi ratu inggris bisa gak ..?

  130. charlles says:

    mas don ,q pengend jdi princes bisa gak ya? jenis visa apa tuh yg hrus d pake, dan jg permitnya

  131. doni says:

    mas tolongin aku donk….
    aku dapt surat pengangkatan jd pgwi di inggris stlh mlalui test di internet.aku suruh byr biaya 350 GBPS untk pengurusan visanya .Berhub wktu tugas ku mendesak bln feb ini mk ukb ngurus suratnya lgsg dr markasnya di sana lwt jalur geometric katanya krnmajikannnya ingin sgr mempercepat proses krangkatan ku katanya.aku minta saran ini benar-banr enggak yah..? krn ktnya kalau lwt jkt negri ketolak krn proses nya bgitu cepat.aku bingung mas.

  132. tric says:

    mas, mau tanya, suami saya dapat job offer dari pemas offshore utk penempatan di scotland UK.
    disuruh utk urus work permit sendiri ke
    IMMAC IMMIGRATION SOLICITORS dan menanggung biayanya, meskipun nanti katanya bisa di claim ke perusahaan.
    memang biasanya begitukah mas? calon pekerja mengurus sendiri work permitnya (bukan diurus perush?) dan immac solicitors itu apa betul badan yang sah?
    saya ragu saja krn tidak pernah face to face dengan perusahaan ini (semua via email).
    terimakasih sebelumnya

  133. hermanto sianturi says:

    Horas Bg Donny.. Slm kenal ! Sy Hermanto Sianturi,ingin bekrja di UK.,tp blm fasih Bhs Inggris. Kerja tukang Cuci Piring/Cuci Mobil/atau apa aja.. agar bs fasih brbahasa Inggris stlh fasih Sy mw kuliah S2 di UK. If you have a relation in UK,Can U help me please ? Thanks before. >> Reply please to my e-mail : hermanto_sianturi@yahoo.com

  134. peter john says:

    Saya menawarkan pinjaman dengan tingkat bunga rendah 3% jika berminat sila mengisi
    form dibawah ini dan e-mel saya di christianloanlender2010@yahoo.com, saya meyakinkan anda
    bahawa anda akan mendapatkan pinjaman dalam masa 24 jam. Nama anda ………………………..
    Anda negara ………………………..
    Alamat ……………………….
    Anda Usia …………………………..
    Jumlah Kredit Diperlukan Seperti ………………..
    Tujuan Dari Kredit ……………………
    Jangka masa ………………………….
    Anda pendudukan ……………………..
    Status perkahwinan anda ………………….
    Status di tempat kerja ………
    Telefon …………………………
    Pendapatan Bulanan ………………………..
    Best Regards sebagai Mr peter john

  135. Diah says:

    Dear Mas Doni,

    saya punya sponsor di ingris dan perusahaan tidak menanggung pembuatan working permit dan harus agency yang urus biaya ditanggung sendiri dengan biaya 700pound untuk contract 2 tahun dan kalau 1 tahun 400 pound. saya sudah cek di internet bahwa sponsor sya memang ada dan web site agency memang ada juga. saya sudah menghubungi sponsor sya dan beliau mengatakan bahwa saya harus membayar working permit secepatnya. ticket ditanggung perusahaan beserta acomodasi. saya juga ragu kalau harus mentransfer uang lewat western union takut penipuan. mohon jawaban secepatnya. saya benar benar bingung..mohon dijawab ke email saya ya mas doni segera.. terimakasih

  136. sisca says:

    mas saya sisca, boleh nggak minta email pribadi mas donny ? saya mau kuliah dan mencari kerja di UK. Ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan dan mohon bantuan mas donny utk saran2. thank you Mas Donny.

    Regards.

  137. yayan hadi rahman says:

    hallo mas doni,,,sebelumnya saya ucapkan salam kenal…
    nama saya yayan hadi rahman,,,
    saya lulusan s1 di yonsei university of korea,,,,tehnik mesin,,,sblm nya saya penah bekerja dikorea selama 3thn,,,namun skrg saya ingin bekerja di UK,,,selain persyaratan2 yg telah mas don,,,utarakan di atas apakah tdk ada yg lain mas,,,selain itu apakah tehnik mesin juga di butuhkan di sana sbg pkrj ?mksh sblm nya mas,,,,,,atas info nya yg sgt berharga,,,

    • adri says:

      hallo mas Donni …….. sebelumnya saya ucapkan salam kenal…
      nama saya Adrianus Tenga.
      saya lulusan D3 Akademi Bahasa Asing (inggris) ingin bekerja di Inggris
      syaratnya apa saja ya………..dan berapa besar biaya ke inggris ……..selanjutnya ………..langka apa yang harus ditempu sehingga mudah untuk bekerja disana ………soalnya belum ada yang saya kenal …….

  138. hallo mas doni…
    salam kenal..
    nama saya mohamad hery kiswanto, beberapa waktu lalu saya mengajukan lamaran ke Inggris untuk menjadi NANNY, setelah itu interview dan langsung dikirimi surat kontrak kerja oleh calon majikan saya. karena ini pertama kali buat saya, dan banyak hal yang saya tidak tahu tentang inggris. mohon informasinya.

    terima kasih atas perhatiaanya.

  139. lin says:

    saya punya sponsor di london, tapi mereka tidak menanggung ijin kerja, perusahaan hanya menanggung tiket n visa. Mrk jg meminta saya mentransfer secepatnya ke western union u/ biaya pengurusan dokumen tersebut, agar dokumen imigrasi saya bs cpt selesai n bs bekerja tepat wkt sesuai dgn kontrak kerja. apa yg hrs saya lakukan? mhn bantuannya. ada email bpk yg bs dhubungi? thanks

  140. Ana says:

    salam kenal pak dony, boleh saya tau email pak dony, karena ada yang ingin saya tanyakan mengenai kerja di inggrs. Thx pak.

    email saya : kristin_desiana@yahoo.com

  141. deni ismatuloh says:

    salam mas doni
    saya sekarang sudah di eropa saya pengen sekali dpt kerja di london bisakah mas doni bantu langkah2 apa hrs sy lakukan
    1. visa schegen (ok)
    2. skrg kerja di sushi bar (di malta)
    3. sy bisa kerja di tusrkish kebab, chick king (seperti kfc) crap maker
    4. kerja apa saja ok
    harapan dan sangat berterimakasih sekali jika bisa bantu,
    atau ada ref yg bisa saya hub. asal saya jawa barat (sukabumi) terima kasih mas.

  142. Ana says:

    Mas Dony, saya sudah pernah apply beberapa lowongan di inggris, dan sekarang dapat respon awal dari salah satu perusahaan di sana ( di Banbury ). Untuk biaya hidup disana, apakah sama dengan London atau lebih murah (terutama tempat tinggal ). Gaji yang ditawarkan sekitar 18-10K annual. apakah dengan gaji tsb bisa mencukupi kebutuhan hidup dan apakah gaji tsb akan di potong pajak lagi ? Mohon informasinya mas. Thx Ana

  143. Mr.Louis Morris says:

    Kami menerima respon email Anda sesuai minat Anda dalam memperoleh pinjaman dari kami, Di bawah ini adalah istilah kami serta informasi yang dibutuhkan dari Anda, (KREDITUR GLOBE) telah diakreditasi oleh dewan pemberi pinjaman untuk memberikan pinjaman kepada klien lokal dan internasional.

    Kami telah diberi hak istimewa untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Isu kredit tidak harus berhenti Anda mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan dan kami telah membuat perbedaan dalam industri pinjaman. Kami memberikan pinjaman kepada individu dan perusahaan yang membutuhkan kredit / bantuan keuangan, tertunda pada motif Anda aplikasi.
    MORRIS KREDITUR GLOBE (NG) Ltd merupakan sebuah perusahaan yang Terdaftar di Nigeria dengan nomor pendaftaran NG07325

    * Pinjam dari $ 2, 000 untuk, $ 50 000, 000 USD
    * Fleksibel pembayaran lebih dari 3 sampai 35 tahun
    * Pinjaman untuk tujuan apapun.
    * Kami menawarkan 2% suku bunga bulanan.
    * Pinjaman Dijamin & Tanpa Jaminan, Kredit Usaha, Kredit Buruk Kredit, Kredit Rumah

    Kami menjamin Anda bahwa kami menyetujui permintaan pinjaman dan aplikasi dalam 72hrs subjek pendaftaran untuk persetujuan oleh Direktorat kami. Harga tahunan kami Persentase adalah variabel dan dinegosiasikan. Kami menawarkan harga terendah di Pasar Lending.

    Setelah aplikasi Anda telah didokumentasikan, Anda akan diberi pinjaman Syarat dan Kondisi (yang dikeluarkan oleh papan) setelah pinjaman Anda akan diberikan.

    FORMULIR PERMOHONAN PINJAMAN
    Formulir Fsltd. / 1075
    Reg: NG07325?

    A. Peminjam INFORMASI

    Peminjam Nama Lengkap: ________________
    Residential Address: _____________________
    Negara: __________
    Alamat Bisnis: _____________________
    Tanggal Lahir: _________
    Gender: __________
    Status Perkawinan: ____________
    Kebangsaan: ____________
    Telepon: ________ Fax ?:___________
    Pekerjaan: ____________________
    Pendapatan Tahunan: ________
    telah Anda menghubungi setiap pemberi pinjaman sebelum now____________________

    Darimana Anda mendengar tentang kami?
    Apakah Anda dihubungi bank sebelumnya? Apa hasilnya?
    Apakah Anda memiliki garis ekuitas kredit?

    B). PINJAMAN INFORMASI
    Jumlah Pinjaman: ____________
    Pinjaman Jangka waktu: ______
    Tujuan Kredit :__________

    Dan setiap sarana Identity (Misalnya paspor internasional, Nasional kartu identitas atau izin tinggal). Setelah menerima informasi yang kita dapat melanjutkan dengan syarat dan kondisi dari Anda mengamankan pinjaman.

    Menunggu balasan Anda dalam menanggapi ini.

    Best Regards
    Mr.Louis Morris

    Alamat: No Street Eromon 14,
    Nigeria T1G 2BI
    Nomor Registrasi: NG07325
    Email: mr.louismorrisloan@gmail.com
    Tel: +234-7024-045-609
    +234- 7024-026-811
    Fax: 234-844 -774 -3.045

  144. salam kenal..mas doni..belum lama ini saya ada tawaran jd nanny di inggris tepatnya london sama si mr jordan smith..ya gitu working permitnya suru diurus sendiri lewat agency yg dia siapan dengan biaya 150 pounds..gaji yg ditawarkan 1800 pond sebulan..logiskah itu..dia nyantumin no tlpnya ini +447035912435. mohon bantuanya mas don valid ga itu no tlp..bener punya jordan smith..makasih mas doni

  145. hendra says:

    Selamat pagi mas dony,

    Aku mau nanya ni mas, utk pmbuatan student visa itu kena berapa ya?
    Dan yg aku dnger” klu ksana pke agen lbih gmpang masukny??

    Trus mas mau nanya lgi.. Saya bngung biaya yg hrus di prsiapkan brp? Mohon bntuanny mas dony…soalny aq lg rencana mau m’prsiapkan utk ksna mas,

    Terima kasih,

  146. hendra says:

    Selamat pagi mas dony,

    Aku mau nanya ni mas, utk pmbuatan student visa itu kena berapa ya?
    Dan yg aku dnger” klu ksana pke agen lbih gmpang masukny??

    Trus mas mau nanya lgi.. Saya bngung biaya yg hrus di prsiapkan brp? Mohon bntuanny mas dony…soalny aq lg rencana mau m’prsiapkan utk ksna mas,

    Mohon bntuannya ya mas dony

    Terima kasih bnyk sblumny,

  147. Adhikara says:

    mas donny saya mau nanya nih,
    kebetulan saya baru lulus s1 juga,
    mau apply master degree di eropa,
    nah kt mas kan kl udah lulus kuliah disana bisa langsung dpt visa kerja yah untuk beberapa tahun, nah itu prosedurnya gmn yah?
    apa apply ulang kyk apply visa gt, atau ada jalur khususnya?
    thx..

  148. Selamat pagi mas Donny.. Jika saya ingin bekerja di Ireland, Eropa, dan saya sudah mendapatkan calon majikan disana, bos saya menyuruh saya untuk membuat passport dan visa. Ongkos akan ditanggung oleh bos saya. Sementara info yang saya dapat, tidak ada kedutaan Irlandia di Indonesia sejak 2005. Kedutaan Irlandia terdapat di Singapur…Ada 7 pertanyaan yang ingin saya ajukan pada mas Donny, 1) Mengingat hal tersebut apa yang harus saya lakukan
    2) Apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan visa kerja dari kedutaan Irlandia tersebut ? 3) Apa yang harus bos saya lakukan untuk mempermudah keberangkatan saya ? 4) Apakah saya harus mempunyai sejumlah uang dalam jumlah yang sudah ditentukan agar saya bisa mendapatkan visa kerja ? 5) Kalo ya, berapa jumlah uang yang harus ada dalam rekening saya dalam bentuk Euro ? 6) Apakah passport untuk ke irlandia berbeda pengurusannya dengan passport ke negara lain ? 7) Kemana saya harus mengajukan surat permohonan visa kerja ke irlandia ? Atas segala bantuan mas Donny, saya ucapkan terima kasih. Semoga Allah swt membalas semua kebaikan mas Donny ??

  149. ayu lestari says:

    salam kenal ms donny… saya dapat tawaran kerja jd Au Pair untuk beberapa keluarga di Inggris dan mereka sudah mau kirim Letter of Contract ke saya. masalahnya sampe sekarang saya bingung kalo saya kerja sebagai Au Pair, saya bikin visa nya jadi untuk keperluan apa ya? Apakah temporary worker ato gimana?

    dan kira2 dokumen apa saja yg harus saya lengkapi ya mas? makasih banyak.. please reply soon. I really appreciate it. thank you for your time..

  150. Neta says:

    sore mas, to the point aja ya mas Don..

    aku lagi bingung bgt mas, aku kan dpt tawaran u/ jadi nanny dengan bos langsung/individu. Diaberjani akan menanggung semua biaya dokumen dan pengurusan visa via barrister di UK. Dan saya hanya bikin passport aja. Yang saya mau tanyakan :

    1. Apakah sulit untuk saya setelah sampai di London?
    2. Saya diminta u/ mengirimkan data-data u/ keperluan pembuatan
    visa di London.

    mohon jawabannya ya mas Don, aku bingung bgt soalnya dan masih mikir2 untuk buat passportnya. Tolong ya mas…

    Hormat Saya,

    Neta

    • Endah says:

      Selamat siang mba Neta,
      Salam kenal, saya endah. saya mau tanya soal kerja jd nanny di UK, mba caranya gimana ya bisa dpt panggilan kerja sprti itu, boleh gak saya diberikan infonya,saya sgt membutuhkannya mba Neta, makasih byk sebelumnya ya..

  151. rika says:

    Hello mas Doni……

    Saya mau tanya saya di tawari kerja di U.K harus buat VISA dengan biaya sekitar 800.00 GBP, saya bingung ko bikin visa pake sponsor Ɣªήğ di bilang mas doni dan perusahaan juga , jadi bagai mana klo langsung ke kedutaan U.K di indonesia dengan membawa L.G dri perusahan dan ttd kontrk dri perusaha UK. Tolong jwb terima kasih

  152. Abdul Sholeh says:

    Mas Donny Tolong saya mas….saya dapat over dari Perusahaan inggris namanya Expro North Sea Ltd,Oil and Gas,apakah mas donny pernah mendengar perusahaan ini mas….
    Ceritanya saya melamar lewat internet terus dapat balasan dari mereka dan Sekarang ini kontraknya sudah dia kirim ke saya mas…
    Dalam 7 hari jika tdk saya tandatangani kontrak di batalkan…..
    Dan dalam kontrak tersebut di jelaskan Basic salary 13,125 GBP exlusive of any taxation.All payment of salary after assumption of duty in uk shall 50% paid into an ofshore account to be provided by employee with the remaining 50% paid locally in uk. This in line with the uk Expatriate Financial Statutory Laws.
    saya masih ragu mau berangkat…kalau misalnya saya berangkat kesana dan terjadi hal yang butuh bantuan pertolongan kemana kita harus pergi mas……
    Tolong saya mas….Thanks, so bagaimana perlindungan hukum di sana terhadap orang indonesia mas…

  153. mas, saya ingin sekali kerja U K, dan saya punya teman disana. cuma saya bingung karena tidak tahu caranya. klo hrs nyari student visa susah ya ? and kira2 mahal gak biaya kuliah disana ? saya tamatan S1 mas.

  154. Linda Sari says:

    mas doni..
    nama saya linda,saya dapat tawaran kerja di UK,kebetulan visa kerja saya diosetujui oleh homebritish,tapi ada biaya yg harus dikeluarkan cukup besar totalnya 8900 gbp, saya sdh menyelesaikan sebesar 6900 gbp,kekurangannya tinggal 2000 gbp, dgn sgt menyesal saya tidak bisa melunasinya karena ada musibah dan uang untuk pelunasan terpakai..,yg ingin saya tanyakan,jika saya tak menyelesaikan tunggakan tersebut bagaimana dgn nasib Visa saya,dan apakah saya dpt mengambil kembali uang yg telah saya berikan kepada home.british,mohon infonya..karena sekarang saya sangat bingung..

  155. arnie says:

    Assalmlkm. Mas Donny…,
    Salam kenal, saya arnie 41 thn, karyawati swasta, dari gadis pengen bgt bisa kerja n tinggal di UK, suami lbh muda dr saya (35 thn), karyawan swasta juga, kami ingin sekali memperbaiki hidup dan mewujudkan mimpi saya untuk bisa bekrja dan tinggal di UK. Kebetulan ada 2 org teman saya yg sdh tinggal dan bekerja disana. Apakah mereka bisa jd sponsor saya?sementara saya atau suami urus visa utk belajar di sana?(ada batasan umur tdk utk visa study). Atau dimana saya bisa mendapatkan info kerja semisal di Supermarket atawa di restaurant?mohon petunjuknya…?Btw mas Donny sendiri kerja di UK diperusahaan apa?terima kasih banyak atas jawabannya….
    E-mail saya : arnie.nurrohman@gmail.com atau ke suami nung.nurrohman@gmail.com

  156. siti says:

    mas donny, sejak kecil saya ingin sekali ke luar negeri khususnya negara inggris,dulu saya pernah ditawari bekerja di inggris ketika mau menjadi TKW di brunai,katanya majikan saya menikah dengan orang inggris dan butuh pengasuh dan pembantu yang bisa bahasa melayu sedikit bahasa inggris, tapi waktu itu nggak jadi karena agency saya memberangkatkan saya ke brunai pakai kapal laut,saya takut dijual.
    Sekarang minat saya untuk bekerja disana masih kuat,,jadi apa saja yg pnting halal..mas donny tolong carikan pekerjaan buat saya disana jadi pembantu juga gak pa2.saya siti,30th no hp saya 082139648303

  157. sisy says:

    Assalamualaikum,
    mas doni salam kenal yaa
    saya ike 28thn lulusan smu ,pngen bekrja diinggris .kerja apa aja yg penting halah .
    ksh info yaa mas doni 081357212788
    thx

  158. andina says:

    Hi mas Donni,
    saya mau tanya e-mail mas donni karena kebetulan saya mendapatkan tawaran kerja di U.K namun saya ragu ini benar atau penipuan. karena itu saya mau kirim offering letter nya ke mas donni kalau blh saya minta di bantu untuk melihat apakah surat itu asli atau bukan.
    mohon bantuannya mas. karna saya msh kuliah sedangkan perusahaan tsb merupakan oil company yg bernama ‘ fuels oil corporation’ saya di tawarin bag. administrasi .
    thanks , email : andina_nadia@hotmail.co.id

    • Coconut Tree says:

      Hi…
      Itu udh pasti “penipuan”. Krn byk modus penipuan yang suka mengatasnamakan dari UK dan bbrp negara maju.

      Hati-hati.

      Salam,
      Corry
      Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  159. tirta says:

    Wah.. Ribet jg y kang…

    Modal pesawat.a aja brp tu buat ke inggris? Ane jg pengen nyari kerja disana belum fokus lanjut pendidikan… Gmn tu?

  160. salman says:

    Dear mas Dony

    Salam kenal mas, saya termasuk org baru di blog ini, mau nanya, jika seorang lelaki WNI akan menikah dengan Cewek WN Inggris, acaranya diadakan disana, visa apa yg sebaiknya di urus, mungkin akan tinggal disana dlm waktu lama,

    Thanks atas infonya

  161. dani says:

    saya sudah ditawari kerja di london di rumah peribadi, saya ajukan pekerjaan Enggineering. saya harus daftar di ASAF. sewaktu saya bekerja di Projeck DAMAC TOWER KSA. setelah itu saya kehilangan kompirmasinya. apa susah pengurusan Visa Permit di Konjen Inggris di Jakarta ?

  162. Slamet says:

    Salam kenal Mas Donny.Saya Slamet Waluyo umur 48th dari Cilegon Banten. Saya mau tanya nih.Saya dapat panggilan bekerja di Inggris untuk kontrak kerja 2 tahun.Saya harus buat visa dengan biaya 700GBP dan transfer ke Agency di Inggris.Ticket dan akomodasi ditanggung sponsor perusahaan Inggris.Saya ragu apakah itu benar.Gaji 10.000GBP per bln,hazard/inconveience 350GBP/bln,car 625GBP/bln,house 5000GBP/th,recreation 285GBP/bln.Apakah itu cukup buat biaya hidup sendiri di London.Mohon jawabannya.Terima kasih banyak.

  163. Kanjeng says:

    Salam kenal mas donny.. Pertanyaan2 yg simple yg inginsaya tanyakan adl :
    1. Apakah ada universitas di inggris jurusan kesehatan seperti : kebidanan, kesehatan masyarakat. Karena saya beranjak dr pendidilan d3 kebidanan indonesia yg insyaallah ingin mewujudkqn impian utk melanjutkan dan bekerja disana. Jika ada mohon dgn sangat infromasi detail dan info web ttg kampus
    2. Apakah ada diskriminasi ttg agama di sana. Misalnya (maaf) islam
    3. Apakah jika kita blm fasih berbahasa tidak mampu bekerja dan belajar disna..

    Itu saja, trims sblmnya.. Wasalam ^^

  164. Pak Donny yang saya hormati,saya mau tanya kira-kira untuk bisa kerja di Inggris harus punya Sertifikat IELTS dengan Band Score tertentu tidak?Baru-baru ini saya coba nglamar sebagai Teknisi Toyota di Dealer Inggris melalui Internet dengan bermodalkan pengalaman sebagai Toyota Teknisi selama 9 tahun dan sampai sekarang masih kerja di Arab Saudi,
    .Terus dia HR nya bilang Aplikasi saya sedang di proses jadi disuruh tunggu selama 28 hari kalaw di setujui dia bilang akan dikabarin lagi.Yang jadi pertanyaan saya adalah: 1. Apa langkah selanjutnya atau test berikutnya? 2. Butuh test IELTS dengan score tertentu tidak?Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

  165. saparwadi s.pd says:

    gemana cr agar saya bisa ke inggris

  166. son says:

    mas,kalo kerja di inggris yang pendapatannya bisa 65.000 puonds setahun (2 tahun juga gak papa) itu apa ya ?,terus kalo kota yang deket sama dunsfold apa ya?

  167. 02272005 says:

    Halo mas Dony salam kenal ya
    Saya Erikson…
    Saya ada tawaran kerja di Leicester UK. dan saya punya sponsor dari Rodfsea offshore & Drilling Company Ltd.
    Pertanyaan saya mas Dony..persyaratan apa saja yang harus saya persiapkan untuk memperoleh visa supaya dapat berangkat ke UK ??
    sementara tanggal 6 april 2014 saya sudah harus disana menurut perjanjian kontrak kerja saya dengan rodfsea offshore?/
    Terima kasih sebelumnya..

  168. Bima tri anggoro says:

    Mas, bisa gak kalau lulusan SMK bekerja di UK .? Tapi kita sudah ada pengalaman kerja di indonesia sebelumnya. Caranya gimana mas kalau yg gituan . Apa harus S1 dulu.baru bisa bekerja di sana .? Saya sih nyari nya kerja di restaurant atau di franchais gitu mas, soalnya saya berbidang di culiner. Trimakasih mas

  169. philip tabaga says:

    halo, mas Doni: salam kenal
    saya mendapatkan penawaran kerja ke London di Sat Hotel London melalui email tanpa menggunakan logo perusahan, seperti email biasa saja. saya sudah mengirimkan data pribadi saya sesuai yang diminta oleh pihak hotel. Di email tertulis :
    National Insurance Number (NIN), City Permit, Working Permit, Contract, Bank Statement, Higher Authorization, Invitation Letter, Flight Ticket ( semunya difasilitasi oleh perusahan ) setelah saya mengirimkan : scan passport copy, passport number, Birth Certificate, scan copy of ID card,
    scan passport photo. untuk proses traveliing document.
    yang saya ingin tanyakan :
    - Apakah ini trik penipuan, karena setelah lihat di websitenya memang ada hotelnya, tapi saya
    diminta untuk tidak boleh menelepon ke pihak hotel. dengan alasan karena status saya masih
    applicant bukan worker.
    - Apakah saya tetap mengurusi dokument yang diperlukan untuk keberangkatan saya.
    - kira kira resikonya bagaimana kalau saya tetap melanjutkan proses pembuatan dokumen.

    Saya minta saran bapak, Tindakan apa yang harus saya lakukan . terimaksih .

  170. rahman says:

    Pengen kerja di liverpool, bsa liat tim.kesayangan maen tiap.weekend

  171. ana says:

    Salam kenal mas doni dari ana di jakarta ,saya minta email mas doni ada hal yang ingin sy konsultasikan ,terimakasih (Urgent)

  172. zulmy says:

    Salam mas dony…..butuh bgt info untuk bisa kerja d inggris.saya 27th lulusan SMA th 2005.apabyg hrus d siapkan.kalo memang lebih cepat pake visa student.mohon info kuliah dmn serta perkiraan biaya.makasih sebelumnya mas. E mail saya zulmy.syah@gmail.com

  173. Ana says:

    saat ini saya sudah berdomisili di Inggris selama 1 tahun semua document termasuk apartemen pribadi ,bank,Nino semua komplit tapi kenapa masih merasa kesulitan ya untuk mencari pekerjaan di Nursery / teaching assistant di Prep/ Primary school lokal area. tapi nationality saya masih Indonesia ? ada yg bisa kasih any idea : Mas Dony.

  174. nooradira says:

    salam mas dony,

    kalau menikah dg warga negara inggris bisa bekerja di sana nggak? kerja apa aja deh yg penting halal. nanti minta visa apa kalau menikah dg wn inggris trus pengen kerja disana? mengurus surat-surat menikah dg warga negara inggris susah nggak? terima kasih

  175. I Putu Satrya Wibawa says:

    Hello mas Dony,
    Saya baru di blog ini, saya mau tanya, saya dapat tawaran kerja di Inggris di Stafford Hotel London. Persyaratan apa yang harus saya penuhi, sedangkan di kontraknya saya hanya mengurus visa Inggris dan Residence Working Permit. Saya harus sudah mulai kerja di sana per 30 June 2014. Terima Kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s