Biaya Hidup di London

dsc01414.JPG

Berapa sih biaya hidup di London? Apa betul mahal?

Sebelumnya, mari kita mengenal London sedikit lebih dekat.

Kita lebih mengenal London sebagai sebuah kota. Tapi lebih tepat disebut dengan Greater London, dimana City of London berada dtengah-tengah nya.

londonnumbered.png

Greater London adalah City of London plus 32 Borough, yang terbagi atas 12 Inner London dan 20 Outer London.

Complete borough nya adalah:

1. City of London
2. City of Westminster
3. Kensington and Chelsea
4. Hammersmith and Fulham
5. Wandsworth
6. Lambert
7. Southwark
8. Tower Hamlets
9. Hackney
10. Islington
11. Camden
12. Brent
13. Ealing
14. Hounslow
15. Richmond upon Thames
16. Kingston upon Thames
17. Merton ( disini adanya Wimbledon)
18. Sutton
19. Croydon
20. Bromley
21. Lewisham
22. Greenwich
23. Bexley
24. Havering
25. Barking and Dagenham
26. Redbridge
27. Newham
28. Waltham Fore
29. Haringey
30. Enfieldst
31. Barnet
32. Harrow
33. Hillingdon

City of London adalah pusat bisnis dan keuangan dunia, yang sejajar dengan New York. Ini lah tempat berkumpulnya markas besar Bank dan lembaga keuangan dunia. Tempat ini juga dikenal dengan sebutan The City.

Di City lah para pekerja professional mencoba peruntungan dan karir nya.

Selain di City, ada dua perusahaan yang berada di dekat City, yaitu Bechtel di Hammersmith and Fulham, dan CB&I John Brown di Paddington of City of Westminster.

Beberapa nama besar lainnya sudah menyingkir keluar City seperty Worleyparson, Brentford di Hounslow, MW. Kellogg, greenford di Ealing, dan yang jauh diluar London adalah KBR di Leatherhead dan Fluor di Camberley.

Kebanyakan para pekerja di London tinggal disekeliling City of London tadi. Mulai dari paling utara di Enfield, di barat Hillingdon, timur Havering, dan di selatan, Croydon, yang rata-rata memerlukan 1 jam menggunakan Train ke pusat kota London.

Tiap borough mempunyai standard hidup yang berbeda, termasuk harga rumah atau pun sewa rumah. Bahkan didalam satu borough pun ada tempat-tempat yang mahal dan ada o=pula yang sedang atau murah.

Sebagai contoh, Wimbledon yang berada di borough Merton. Wimbledon adalah daerah yang ramai karena mempunyai station yang langsung terhubung ke London Waterloo atau juga ke City of London. Masih banyak daerah hijaunya dan open space. Penduduknya kebanyakan orang Inggris plus Perancis serta Jepang, dan saya orang Indonesia.

Harga sewa rumah 2 kamar saat ini adalah 1250 poundsterling per bulan. Kalau Flat atau Apartment, bisa dapat 1150 per bulan.

Diluar itu, kita harus bayar Council Tax, Listrik, gas, air, telephone, internet,TV Cable (kalau mau, kalau nggak ada juga Freeview), TV licence, mobile phone (kalau mau). Besarnya semuanya kira-kira 300 pound per bulan.

Selain itu, baru biaya makan. Biasanya, belanja bulanan, seperti sabun, shampo dll, kita beli ke Tesco atau juga Asda, yang seminggu ngabisin 70 pound atau 280 pund per bulan.

Kalau beli beras, cabe, bumbu masakan bisa beli di pasar Tooting yang harganya misalnya beras basmati, sekelas Bareh Solok, aau Cianjur, 5 kg = 9 poundsterling, kurang lebih.

Transport: jika kita sering bepergian, maka lebih baik beli Travel Card bulanan, misalnya untuk mencover zone 1-3, yaitu dari Wimbledon sampai ke City of London, maka selama sebulan anda boleh bolak-balik sampai puas naik bus, train, hanya dikenakan biaya 105 pound.

Apalagi ya?

Makan di McDonald, happy meal untuk anak-anak 1.99 pound, McChicken Sandwich meal: 3.99 pound. Tapi Chicken nya nggak halal jadi saya nggak pernah makan di McD.

Kalau pengen makan ayam goreng, ada restoran Nandos di Tooting yang halal, atau juga makan ayam goreng halal milik orang Pakistan, atau ke restorant Chinese food yang halal juga ada. Sekali makan di sana sekeluarga biasanya sekitar 20 pound.

Sakit? ke GP (General Practitioner) adalah free-of-charge. Jika perlu obat, baru nebus sendiri, biasanya satu obat bayarnya kira-kira 5 pound. Kalau anak-anak yang sakit, obatnya ikutan gratis.

Sakit gigi? Anak-anak masih gratis, tapi bapak sama ibunya harus bayar.

Sekolah? Selama masih bersekola di sekolah negeri, maka ngga usah pusing mikirin biaya karena sudah gartis, kecuali kalau ada extra kurikuler seperti swimming, baru bayar.

Sekolah free sampai anak mencapai usia 16 tahun, saat dia sudah tamat SMA.

Satu hal lagi, jika bekerja di Inggris, anda bisa mendapatkan child benefit atau juga child tax credit, sehingga bisa mengurangi pajak yang anda bayar ke Taxman.

Jadi berapa biaya hidupnya: 1150 + 300 + 280 + 105 + 200 (lain-lain) = 2035 poundsterling.

About these ads
This entry was posted in Ceritaku, Kerja di London. Bookmark the permalink.

101 Responses to Biaya Hidup di London

  1. Maurice says:

    Kalo gajinya 40000/pound, apa bisa nabung?

  2. bobby says:

    kalo 40k, tuh pajaknya mungkin sekitar 25%. So, netto take home pay: (40k-10k)/12, sekitar GBP2500.

    Jd dengan biaya hidup yg sebut diatas, uang sisanya sekitar 450pound!

    Tp ini belum kalo pas belanja jaket winter, sepatu, baju kerja, sepeda buat anak, de el el…

    Gitu deh, dinilai sendiri aja kira2..
    London termasuk tempat yg cukup mahal utk hidup.

    salam

  3. fariz says:

    makanya kalo di Inggris pas lagi bujangan aja, kan ngga ada tanggungan

  4. Bachtiar says:

    kapan-kapan saya kesana.hehe

  5. Donny says:

    40ribu pound atau 2500 per bulan, harusnya bisa nabung.

    Ada teman orang Indonesia disini, dengan gaji segitu, dia bisa beli rumah di Greater London. Bisa pulang ke Jakarta sekeluarga paling tidak, kalau mau, 1 tahun sekali atau 2 tahun sekali.

    Satu hal yang mesti dipertimbangkan adalah bahwa jika bekerja dan tinggal di Inggris, gaji itu ibaratnya hanya untuk makan dan tinggal serta di tabung. Karena, kita nggak mikirin lagi biaya sekolah dan kesehatan, plus anda bisa tiap minggu jalan-jalan ke London Eye, Parliament Square, Trafalgas Square, Science and Natural History Museum, dan lainnya.

  6. edratna says:

    Saya pernah dikirim seminar di London, di Royal House, dekat stasiun Embankment. Awalnya tidur di Wisma Caraka (murah, hanya 17 pound/malam plus makan pagi), tapi jauh dari Central London (ehh ini maksudnya sama dengan City, yang diceritakan ya)…terus pindah ke hotel kecil depan Embankment station, sehari 90 pound plus makan pagi…dan ternyata hotel tadi tamunya orang2 tua, family…jadi enak deh, keluar sedikit udah sampai Trafalgar Square, ada toko buku di sisinya, bukunya bagus-bagus…cuma mau bawa ke Indonesia, berat di kopernya, maklum pulangnya udah bawa bahan seminar.

    Sepulang seminar, sore s/d malam hari masih sempat jalan-jalan, beli tiket untuk sekaligus seminggu…sayang seminggu nggak cukup untuk mengenal Central London…

    Pulangnya mencoba Euro Star, turun di Paris, menginap di Ibis di daerah Place d’ Italie (90 euro per malam, kalau week end 80 euro). Untung kami berempat, jadi kamar bisa share….dan menurut saya harga-harga di London memang mahal…tapi saya suka kotanya, walau padat, namun orang-orangnya disiplin dan banyak tamannya. Jadi ga takut naik bis, tube ataupun taksi….dibandingkan Jakarta, kalau mau naik taksi harus merk tertentu, karena bisa-bisa ga pulang kerumah.

  7. maria says:

    ehm..kalo untuk yang fresh graduate seperti saya gini gimana??? susah juga ajuin visa ke UK….pertanyaannya macem2…saya ada temen di UK.. dia orang Portugal ( orang Tim-tim yang udah resmi jadi warga Portugal)…

    mesti pake sponsor2 juga yah Pak??

  8. maria says:

    email saya: maria_octavia2001@yahoo.com

    hmm..saya S1 ambil mnagement keuangan…oh iya mau tanya..mesti lampirin IELTS juga yah Pak???? haduhhhhhh………minimum scorenya berapa tuh???

  9. Hananta says:

    dear pak don,
    salam kenal.
    pak, kalo ingin bisa kerja di inggris sebagai expat, syarat dan procedurenya bagaimana?
    mohon informasinya.

    Terima kasih.

  10. Zairina says:

    Kalo baca cerita disini, kayaknya hidup di London itu ga susah2 amat kali ya, buat org asing.
    Kebetulan saya skrg kerja di KL, secara kehidupan sehari2 sih krg lbh sama lah sama di Jakarta, cuma org2nya malah lebih ga ramah. Nah saya baru aja dapat tawaran kerja serius utk projek di London. HR nya bilang mau sponsorin working permit & expenses needed. Saya blm tanya detail nya sih. Soalnya rada ga pede juga :)
    Belum pernah jalan2 ke eropa sih. Ke London khususnya.
    Apa nanti waktu ngurus keberangkatan ke sana akan di cek rekening tabungan, dll ya?
    Terus budaya kerja org2 sana gmn ya ? Rasis ga? Solat lima waktu kita akan terganggu ga?
    Mungkin Pak Donny bisa tolong kasi pencerahannya. Terima kasih byk sblmnya. Oia, saya kerja di bidang IT.

  11. Zairina says:

    Oia nambah info lagi, kantor yg nawarin kerjaan ke saya berlokasi di 21 Sinclair Rd, Hammersmith. Termasuk city of london kali ya?

  12. Donny says:

    @Maria,

    Kalau Fresh Graduate, memang sebaiknya kudu nyari pengalaman dulu, habis itu bisa ikut Scholarship ambil S2.

    Sponsor diperlukan jika mau ngurus Visa baik sebagai Turis, Student maupun Work Permit.

    IELTS nya minimal 6.0

    @Hananta,

    Sebagai expat maksudnya apa nih? Disini sih kagak ada expat-expatan. Pokok nya kalau bisa masuk ke Inggris, trus dapatin kerja disini, ya sudah, status nya persis sama dengan warga Inggris dengan fasilitas yang sama juga.

    Jadi nggak ngerti nih expat yang bagaimana?

    Kalau anda sudah perngelaman, maka bisa ngajukan Visa type HSMP (Highly Skilled Migrant Programme), dan bisa nyari kerja apa aja disini, jika keterima tentu saja.

    @Zairina,

    Kalau sudah ada yang sponsorin Work Permit dan expenses nya, sudah sikat aja, bagus itu. Nanti Petugas kedutaan juga nggak bakalan nanya tabungan kamu, yang penting si sponsor nya mengeluarkan surat yang juga mencantumkan bahwa segala expense bakalan di cover, pasti lancar .

    Kalau rasis sih ya dimana-mana ada aja. DI Indonesia juga ada, misalnya buat orang keturunan Cina, ya kan? Jadi, tergantung kita sih. Artinya, kalau kita baik-baik aja, terus nggak memandang rendah orang juga nggak memandang tinggi orang, saling menghargai, orang juga akan respect sama kita.

    Sholat 5 waktu juga tidak akan menjadi persoalan, karena itu adalah hak Individu yang dijamin oleh UU.

    Jadi, ngggak usah takut ya..

    Hammersmith? Itu deket kantor saya yang dulu. Nggak masuk Zone-1 alias bukan City of London. masih Zone-2, dan nggak mahal lah. Kamu nanti bisa tinggal di Hammersmith atau Fulham atau juga di Chiswick. Wah bisa nonton Chelsea atau Fulham nantinya tuh…

  13. Nezzar says:

    Saya pernah 2 bulan di Wilton. UK cuacanya wow…. langit gelap kalau musim dingin.

    Once before the agent from Singapore offered me working for Petrochemical industry in Darlington for 44K poundsterling / annum. Do you this wage is OK for the engineer with over 10years experience?

    Waktu itu saya susah pergi karena istri lagi mengandung. Contact college di sana katanya Uk semakin welcome ama Asian.

    Bos saya kbeneran dr UK. Dia bilang “gimana transport? Dia bilang Pake sepeda aja. Tapi perhatiin contract kerjanya dulu, medicalnya gimna? katanya ada medical covered by council tapi ya bayar pajak ato by corporate medical.

    Makanan, kalo mo cari Indomie yang kayak di Indon, waktu itu agak susah. Rasanya wah … ga sama ama supermie atau indomie kayak di sini. Kalau beras udah dicampur bumbu, tapi ada juga yang beras putih.

    Untuk International experience menarik juga sih tinggal di UK.

  14. marchiel angelyne says:

    pak don
    gimana sih caranya kalo mau liburan di london ?
    surat – surat apa aja yang hrs dilengkapin trus biayanya kira-kira berapa ???

  15. Donny says:

    @Nezzar

    Sekarang cuaca sudah agak beda, mungkin karena pengaruh global warming, jadi sampai tanggal 16 November hari ini, walaupun temperature sudah drop sampai 4C, tapi matahari bersinar dengan gagahnya.

    Seperti sudah saya tulis dibagian lain, di Inggris dikenal dua sistem kerja, Tetap dan Kontrak, kaya’ di Indonesia lah.

    Kalau tetap gajinya itungannya per tahun, misalnya seperti yang disebut diatas, 44000 per anum, gross.

    Kalau kontrak, gajinya diperhitungkan per jam, gross juga.

    Bedanya nantinya di pembayaran pajak, jika Pegawai Tetap mesti melalui system PAYE, sedangkan kontrak bisa melewati scheme Limited Company atau Umbrella Company.

    Net nya sih, tentu saja, lebih gede jadi Pegawai Kontrak.

    Kalau medical, pakai State Medical saja, alias NHS, nggak masalah.

    Kalau Dentist, bisa pakai Private Insurance atau bayar per datang.

    Kalau anak-anak masih gratis baik Dokter Umum maupun Dokter Gigi.

    Kalau kita-kita, yang gratis, rawat jalan: dokter gratis, tapi obat bayar. Rawat Inap: Gratis semua.

    Indomie nya buatan Indofood banyak beredar, terutama di Toko milik pedagang China. Ada juga pedagang India yang jual, tapi nggak semua.

    Kalau tinggal di luar kota, memang agak susah nyari makanan asia, tapi kalau di London, Birmingham, Manchester, Glasgow, wah itu sih banyak bener restoran maupun toko bumbu masakan Asia dan Indonesia.

    Pokoknya kalau soal makanan, saya melihat, sekarang sudah mirip pasar Cempaka Putih atau Tanah Abang, komplit. Saya pernah melihat di Tooting, gile bener, udah kayak Tanah Abang atau jatinegara.

    @Marchiel Angelyne,

    Liburan ke London? Gampang, tinggal hubungi Travel Agent saja, soalnya sekarang Visa kan mesti diurus lewat mereka. Surat-suratnya sih standard saja, yaitu rekening tabungan 3bulan, kalau yang kerja kan suka dimintain surat keterangan kerja, buat buktiin bahwa kita bakalan balik ke Indonesia habis liburan, atau kalau lagi kuliah juga surat dari kampus., plus itenerary perjalanan termasuk penginapan, jika di hotel. Dan itukan cukup pakai print-print an dari Travel saja.

  16. Halim says:

    salam mas Don,

    wah menarik sekali yaaa kerja di londoon.. jadi pengen banget neh,,
    saya seorang field engineer mas dengan pengalaman 5 taon di OIL and gas, kalo bisa kerja disana apa harus s2,,
    untuk standart sallary apakah cukup untuk ditabung dan biaya hidup…makasaeh mas

  17. usman says:

    nama saya usman , 21 tahun

    saya baru 2 bulan di london, pak kapan2 bisa ketemuan nggak

    jarang bisa ketemu orang indonesia di london

    0751 83 56 888 no telp saya
    pak ada msn nggak ?

  18. leila says:

    Ai maaaa…..

    Ingin sekali ke london….

    selain lewat jalur schollarship, apa lagi ya..??

    kabarnya UK paling concern sama environental science ya??

  19. Lia says:

    hai mas don…..
    saya lia, 22 tahun. saya ada tawaran untuk program work and study di UK. sistem-nya begini: 3 bln study di salah satu univ/college di london, lalu kerja selama 12 bln dicompany yg ditunjuk oleh sekolah dengan gaji 200pound/minggu. selanjutnya study lagi 3 bln terakhir.
    biayanya 4900pound beserta biaya persiapan study 35juta.biaya itu sudah termasuk tiket, visa, dan akomodasi 1 bulan saja. saya minta advice mas don donk?kira-kira bagus gak???trims.

  20. TJ says:

    Halo Pak Don, salam kenal ya…. saya pengen bgt kerja di london, pengalaman sih perhotelan, tp S1 komunikasi, pengennya kerja di hotel aja. kira2 pak don tau ga tuh, step2 awalnya gimana… thx bgt ya… kalo sempet please email aku di uglie_tj@yahoo.com.

    Thx bgt.
    Regards,
    TJ

  21. Donny says:

    @Lia, wah kedengerannya agak lain. Kurang meyakinkan, coba ditanya lagi deh.

    @TJ, easy question bt difficult to answer. Kerja perhotelan sih banyak, tapi Visa Kerja nya itu yang susah, dan mereka jarang yang mau menjadi sponsor.

  22. Abdul Illah says:

    Asw.nama saya Abdul Illah,Insyaallah taoen depan saya lulus dari progrm S1 univ.Al Azhar Cairo.Mas doni yang terhormat saya ingin Setelah lulus langsung ke Uk. toek kerja sambil blajar apa saja,syukur2 bisa S2 di UK.Amin..!!!tapi mas….saya gak punya uang cukup, koneksi tuk ke UK n gak ada skill kecuali apa yang saya peroleh dari Unv. Al Azhar Cairo. :-). yang basicnya agama.ehhhmm…..kira-kira ada peluang buat saya untuk bisa kerja di UK gak???Presstory5@yahoo.com

  23. meiza zenar suratin says:

    dear mas donny

    halo mas, senengnya bisa dapat blognya!aq msi kuliah di perhotelan, makassar, taun ini aq mo ke london rencananya buat kerja!trs ada agent di makassar yg uda lama n terpercaya nawarin buat kerja di restoran dsna, katanya gaji 1000 poundsterling, trs katanya ditanggung apartmentnya!nah stelah baca blognya mas donny apa gajinya ga terlalu kecil???
    mas klo mo kerja di sana tapi ga pake agent caranya gmana yaaa???

  24. Donny says:

    Meizar,

    Kalau gaji 1000 pound terus dapat apartment, bagus itu..ya lumayan lah. Karena biaya apartment (akomodasi) adalah porsi terbesar dari living cost di London.

    Kalau mau kerja disini tapi nggak pakai agent, agak susah. karena hampir seluruh perusahaan yang mempekerjakan pegawai selalu menggunakan jasa agent, kecuali perusahaan besar yang buka lewat website mereka. Nggak apa-apa lewat agent. Jika sudah pas dan enjoy, kan bisa ngomong sama HRnya langsung biar di hire jadi pegawai tetap.

    Atau kalau bisan, kan bisa pindah ke perusahaan lain.

  25. bayu andra says:

    halo mas, seneng bsa nanya ke mas. mas saya mndapat tawaran untuk kerja di hotel dengan gaji 1100 pound per minggu. saya blum tau apakah uang 1100 per mnggu/ 4400 per bulan cukup untuk biaya hidup disana. ( dengan pengeluaran wajib:makan,flat, transport,dll) . dengan gaya hidup sederhana, apakah saya mempunyai sisanya, sehingga dapat saya gunakan utk menabung.?? trima kasih mas donny utk prhatianny!!

  26. jeki says:

    ass..
    saya jeki 19 tahun, sy pengen skali tinggal dan bekerja di london, tp sy baru punya pengalaman satu tahun di bidang perhotelan..
    bisa nggak ya saya ke london, tolong sarannya, coz sy ingin skali bekerja di sana….

  27. nezzar says:

    Ms. Donny,
    Saya ada job offer di West Africa, Ghana. Kira-kira ada informasi untuk bekerja di negara ini? Ada teman atau relasi di sana?
    Plzzz… info ya …
    Gracias Singour

  28. zainal says:

    dear mr. donny

    mas saya mau tanya nih tentang biaya hidup di london.?

    saya mendapatkan penawaran pekerjaan part time di uk!
    apakah kerja part time cukup menanggung biaya hidup di uk?

    saya mendapat biaya pembuatan visa,tiket penerbangan dan akomodasi dari perusahaan travel yang telah di tanggung oleh pihak perusahan tersebut!

    apakah saya bisa survive di U.k dengan kerja pert time?

    tolong hubungi saya di email saya
    teenagers.47@gmail.com

  29. Fay says:

    Pak.., apa anda tau berapa standard gaji menjadi Nanny disana…?
    pembayaran gaji per minggu ya?

    Thank u

  30. Mahaztra says:

    Pak don. Saya Mahaztra 17thn, slm knal y.! Sya pnya sodara d the midlands, dya itw sepupu ibu qu. wkt itw sya k inggris umr 12thn. Klo saya mw tnggl dsna bwt kuliah gmnh pak don? Ap yg hrus dlngkpi? Rncna’a sya mw kuliah taun dpn d Birmingham.

  31. Siti Sitawati says:

    Hallo Dony!
    Saya Sita, mantan Process eng Trimitra/ IKPT yg dulu sama2 ke LA utk Proyek Gn. Salak dg Fluor Daniel ?
    Semoga masih ingat sama saya ya…
    Sejak 2008 saya kerja di Petrochina Int’l Jabung di Jakarta.
    Saya sering baca blog-mu, wah… menarik sekali.
    Saya & keluarga ada rencana main ke London tahun depan.
    Bisa contact via japri gak ya? Thx sblmnya.

  32. roy says:

    mau tanya 1jt pound berapa kg ?
    tq

  33. jimmy says:

    salam kenal semuanya…
    melihat dan membaca comment temen2…wah seru juga y…
    saya juga tertarik kerja di london..ya tapi Tuhan belum mengijinkan…hehehe…met kenal semuanya y…GBU all

  34. Ros says:

    wuah! postingnya menarik2 nih… ngomong2, 33 area itu apaan yah? duh, buta nih soal London. apakah ini sama dg di Singapore yg punya mrt station2nya begitu yah? thx atas infonya…
    NB: kl bs balas ke email ya. :)

  35. bigdon says:

    haloo pak don,..

    wauw..hati jd dag..dig..dug neh waktu baca posting2 diatas..

    saya jd maju mundur nih…iya..enggak..iya..enggak..
    begini critanya.. sy dpt twrn kerja di isleworth,west london dgn salary 30k per anum,gross…nah habis ngeliat itung2an diatas dapetnya minus dunk??
    apalagi sy brncn mboyong anak n istri sy…sebenarnya cukup ga sih..dgn gaji segitu??

    ditunggu lho balesannya.. :D

    matur nuwun..

  36. Herda PS says:

    How Do U do……………
    Ternyata hidup disana ada ribetnya n’ ada kebahagiaan’y……….
    Btw,klo anak2 SMA di UK itu belajar apa aja????????
    trz, ‘the city of london’ itu SMA atau Perguruan Tinggi sich??????????????

  37. Meta says:

    Pak donny kira2 buat saya yg lulusan d-3 pariwisata ada chance ga buat kerja di london?

  38. Meta says:

    Oh iya saya lupa info,skr ini saya kerja di bidang perhotelan,saya pengen banget cari kerja di london,ditunggu infonya yah pak tks

  39. b.j purnomo says:

    pakdonny,kayaknya kan banyak sekali yang minat kerja di sana termasuk saya tolong dong ”ilmunya”,kalao ada chanel di bagikan ke kita2 agar bisa nyusul pak donny kesana.thanks..

  40. nicky says:

    asswrwb,
    alow kang don..wow menarik sekali ya informasi dan diskusi2nya..
    kang don, mau tanya basic dong..utk keluarga kecil dgn 2 anak kira2 utk survive di UK minimum brp yg harus kita propose kalo ada tawaran?maaf, saya bekerja di bidang telekomunikasi..

    many thanks,
    nicky

  41. zefanya says:

    well. saya mo tanya nit gaji as director di London tu berapa c. tmnku kerja jd director departemen teknik disana.

  42. loens says:

    Mister2x.. klo untul di UK gmnz kira2 biaya hidupnya??? trus klo yang penghasilan 40000pounds sisanya cm 450 pounds berikut pajak, gmn klo yg penghasilan’a cm 5000pounds? kira2 brapa sisanya&bisa ga hidup disana??? thanx ya

  43. loens says:

    don, klo gaji yang gw terima 5150pounds/ month, domisili gw di UK,,brapa persen dari gaji gw yang dipotong trus bwt biaya hidup gw,include apartement & ect,, gw kesisaan brapa ya??? coz planing’a gw bakal tinggal di daerah Edgware Road London,UK. tolong kasih gw bayangan dong daerah itu gmn..? coz gw buta banget&rneed Rekomendasi dr loe,dmn g kira2 bs dpt tmpt tgl yg murah,,,,please banget don

  44. loens says:

    don, klo gaji yang gw terima 5150pounds/ month, domisili gw di UK,,brapa persen dari gaji gw yang dipotong trus bwt biaya hidup gw,include apartement & ect,, gw kesisaan brapa ya??? coz planing’a gw bakal kerja di daerah Edgware Road London,UK. tolong kasih gw bayangan dong daerah itu gmn..? coz gw buta banget&need Rekomendasi dr loe,dmn g kira2 bs dpt tmpt tgl yg murah,,,,please banget don

  45. solas says:

    halo mas, saya dapat tiket k london via KL dr airasia. rute baru airasia. apa yg hrs saya siapkan? ga ada sponsor gmn tuk visa turis?

  46. solas says:

    halo mas, saya dapat tiket k london via KL dr airasia. rute baru airasia. apa yg hrs saya siapkan? ga ada sponsor gmn tuk visa turis? bisa bantu yg hrs d urus? dpt tiket gratis dr KL k london … brarti dr jkt k KL dulu … tolong y maZ … email yaa .. tx anyway !

  47. edrida says:

    thanks infonya pak
    sepertinya aura london sudah merasuk ke semua anggota milis,
    bapak bisa kasih info untuk kerjaan part time yang lokasinya dekan dengan aga khan university,klu bisa untuk sektor publik seperti pendidikan untuk kids,library atau art.
    saya juga pernah kerja di training center dan darwin high school di australia

    sampai iumpa di londonya pak.
    doakan saya nyusul bapak.
    siapa tahu nanti bisa tea time di rumah bapak.:)

    matur nuwun

    keep inspiring
    edrida_pul@yahoo.com

  48. mang Ohle says:

    salam kenal, semoga saya tidak terlambat bertanya..hehe..
    misalkan kita bekerja sebagai professional dengan annual salary GBP 60000, alias 5000 poundsterling per bln, pertanyaannya:
    apakah ada besaran pajak tiap bulannya?
    kalau dari contoh tadi (gaji 5000 per bln) kira2 berapa gaji bersih yang bener2 bisa kita nikmati (take home pay)??
    thanks before, wassalam.

  49. Aryan says:

    Salam kenal mas Dony, Saya aryan 22 Tahun, saya mau tanya. saya mau study ambil business management degree di cavendish college, tapi saya mau tahu apakah international student bisa ambil part time job disana…? Dan menurut mas dony apakah biaya hidup kita di london bisa terpenuhi dengan part time job.

    saya harap mas dony bisa kirimkan saran dan pendapat college yang bagus untuk Business management tp biaya tidak terlalu mahal, dan punya kualitas yang bagus.

    email saya : aryan_panji@yahoo.com

  50. kaka says:

    kira2 dalam rupiah berapa biaya hidup dalam setahun?
    thanks

  51. fen says:

    duh intinya mah susah banget buat bekerja diluar, apalagi dengan ijasah sma..wah ga mungkin ngandelin hoki ya jaman sekarang….klw ada agen mana yg bisa dipercaya ya..tolong dong jawabnya..hampir putus asa cari kerja diluar..thx

  52. huan says:

    mas dony,klo gaji 1200pound/4mggu + pocket fee 400pound/week kira2 cukup g bwt hdup d manchester? bwt t4 tinggal c udh dsediain.
    please djwb k email sya y. mdwiwidinuryanti@gmail.com

  53. DANIE says:

    pak don mau tanya urgent neh,,..say diterima di sub and sea oil company digaji 9000 pounds per month dg allowancw meal 2250 pounds per bulan dibayarkan tiap tgl 27.apakh cukup hidup dilondon?saya belum paham perthitungan gbp?,maksudnya gmn?yg pasti cukup gak pak?realnya gmn?rumah,medical,transport,biaya pendiidkn anak ditanggung company>gmn pak?cepat ya pak balesannya

  54. fatchan himami hasan says:

    mas / bang / pak…
    assalamualaikum…

    boleh minta saran kalau mau kuliah s2 jurusan hukum enaknya gimana?di universitas apa (di daerah london atau manchester atau liverpool)?
    terus apakah samean tahu lembaga yang bisa saya hubungi di tanah air untuk bisa mengurusnya (kuliah di london)…
    terima kasih

    sekalian kalau boleh minta emailnya.

    assalamualaikum

  55. mohammad anom says:

    assalamualaikum..
    bersyukur sekali saya bisa menemukan blog anda…
    saya 28 tahun,single..
    saat ini saya bekerja di Hotel Hilton di dubai UAE.posisi hanya sebagai tukang masak saja.
    melihat begitu sulitnya ekonomi saat ini yg menimpa berbagai negara, saya sangat tertarik sekali bekerja lagi keluar negri..
    apalagi di kawasan eropa, khususnya UK..
    saya punya teman baik di sana tepatnya dia di london..
    aku pernah bertanya tentang bagaimana mencari pekerjaan di sana..dia bilang agak susah(pengaruh krisis global)
    tapi dia menyarankan saya jika ingin kesana hanya visit dan dia mau menjadi sponsor buat saya.dan saya ingin kesempatan itu saya buat mencari kerja disana,apa mungkin saya bisa mendapatkan kerja disana meski hanya berbekal visa kunjung saja pak…???
    dan saya dengar ada kamar sewa (BNB)itu lebih murah..??
    mohon petunjuknya dari anda pak Donn..terima kasih sebelumnya..wassalammualaikum..

  56. andryani says:

    hi mas don, saya baru nikah dengan warga negara inggris, rencananya kita mau pindah ke london tp masalahnya saya masih pake visa turis. apa saya bisa bekerja dengan visa turis? terima kasih mas

  57. aie says:

    Hai saya sedang berpikir untuk pindah ke london dan bekerja disana bisa ada yang bantu? Saya sekarang berkerja di perusahaan jepang di Jakarta. Step awal saya ingin melamar kerja di london bila diterima saya akan pindah. Saya punya banyak teman Arts disana, kalo ada kesempatan saya ingin dapat bekerja di bidang Art/Design

    Thanks

  58. AULIA says:

    Pak, saya mo ikut Au Pair. trus keluarga itu nawarin saya gaji 540 GBP per minggu sepanjang saya tinggal dg keluarga mereka. menurut Bapak, apakh dengan gaji segitu saya bisa nabung dan ikut kursus disana atau bahkan sekolah disana.
    Saat ini status saya masih kuliah di Indonesia

    Thanks

  59. silvia says:

    Mas Donny,
    saya ada tawaran di Manchester sbg Au pair dg gaji 1700/month dan pocket fee 400/week, tp sy pny kelg disini, menurut mas dony baiknya gimana ya? bisakah keluarga saya ajak juga ya? apakah hal tsb meminta persetujuan dulu dari family yang akan saya tempati ya..?
    mohon reply ya mas Don..

  60. Maulid says:

    Dear mas Donny,
    Saya rencana mo kuliah di Brunel University, West London….Apakah biaya hidupnya sama mahal dengan London City?

    Saya baca di Letter o Offernya bahwa biaya hidup 5500 Poundsterling per-annum. Apa betul segitu? soalnya kok murah banget kalo dibandingkan dengan di Bristol yang 9500 per-annum.

    Thanks

  61. April says:

    Salam kenal. Saya seorang Dokter dan Master Manajemen Rumah Sakit, berusia 24 tahun, baru saja dapat scholarship Family Medicine Post Graduate. Negara dan universitasnya saya yang menentukan, namun plafonnya 500 juta utk dua tahun (tuition fee, living cost, educational spent). Saya sedang mempertimbangkan untuk memilih Inggris. Apakah dengan dana tersebut bisa survive di UK? Pekerjaan tambahan apa yang bisa saya peroleh dengan latar belakang keilmuan saya? Saya jelas tidak mgkn praktek medis di sana secara swasta atau atas nama sendiri, tapi tidak bekerja jg rasanya bisa membahayakan keberlangsungan hidup saya nanti di sana. Saya pribadi lebih memilih untuk bisa bekerja di sektor yang memang sesuai/bisa menambah pengalaman saya di bidang medis teknis. Kalau sektor non formil seperti Pak Don cerita, memang nilai uangnya menggiurkan, tetapi berseberangan jauh dengan keilmuan yang sudah saya raih di Indonesia. Tapi pandangan lain dari teman-teman di sini sangat saya hargai.

    Saya kesulitan menemukan orang indonesia di yang belajar di bidang ini di UK yang bisa membagi pengalaman di jagat maya. Mudah2an walaupun Pak Donn berbeda bidang, tetap bisa memberikan pandangan. Jika ada kontak informasi yang bisa membantu saya secara spesifik mohon bisa dituliskan juga, pak.

    Terima kasih.

  62. Ir.Muhammad Satria Sakti Vijasa says:

    mau tanya nih mas…
    saya dapat calling visa dari hotel grand mercure di southwerk sebagai plumber.katanya gaji saya bebas pajak…apa benar?

  63. deasy diansari says:

    pak,, saya tgl 1 sep 2010 akan mengambil study di london…
    saya tinggal di derah wandsworth town,, kira-kira derah sana mahal ga pak?
    apa yang harus saya lakukan untuk menghemat biaya hidup?
    bagaimana caranya untuk menganbil kerja part-time?
    terima kasih infonya

  64. prima says:

    Pertama saya iseng2 apply job abroad, dapat balasan dan saya sudah mengisi aplikasi form utk kerja di Hotel, sudah tandatangan dan seminggu kemudian ada balasn lg, bahwa saya diterima sebagai Operator Komputer dengan gaji 6000 Pound per month, tapi saya di minta bayar 500 pound untk pengursn visa, workpermit dan ticket. bagaimana mnurt mas Don apakah memang harus begitu prosedurnya ? sekarg saya diminta untk mengirim kan copy passport int. ke UK. Saya lulus dari UI rencana mau kerja sambil kul, ambil Master. mohon advise dari Mas Don..thx.

  65. ningrum says:

    saya mau tanya : kira2 berapa biaya pulang pergi indonesia ke london karena saya disuruh teman untuk pergi kesana. dan ada tidak traveling yang murah dan hemat untuk perjalanan saya ke london. terima kasih banyak…tolong balas..

  66. mimi says:

    aq ad rencn mo sambung kuliah di London,,,,

    dan nama kuliah’y london school of business and finance,,

    di marble arch,,,

    trus ad gak kos atau rmh sewa yg dekat sn?????

    trus ad jg di website.., britannia student services,,, bgus tidak…

  67. Hardi says:

    Halo pak Don, Saya dapt tawaran kerja di Leicestershire dengan gaji 6500 gbp per month. Itu THP diluar akomodasi, transportasi dan insurance. Kalau dilihat dari webnya http://www.petrolservicesltd.com perusahaan ini beralamat di Epinal Way Loughborough Le11 3ge London ph +44 702 404 5039. Awalnya dari iseng apply job abroad. Ternyata ada tanggapan dari Petrol Services Limited. Interview hanya melalui dokumen yg dikirim via email. Setelah saya jawab, ada balasan dari pihak sana bahwa saya diterima dan diminta untuk tanda tangan kontrak selama 4 tahun. Yang jadi pertanyaan, apakah perusahaan ini benar adanya. bagaimana ya pak cara ceknya. Selama ini sih setelah saya menandatangani, tidak ada permintaan uang dari pihak sana. Saat ini saya masih menunggu kabar selanjutnya dari pihak petrol. Terima kasih pak atas tanggapan dan masukannya….

  68. la kalo saya hanya lulusan sekolah SMK apa saya bisa bekerja di londen atau di inggris pak, barang kali yg kasar sekali lah hehehehehe,,,,,mohon balasanya ke email saya trimakasih

  69. Rokhmat says:

    thanks bngt bs kenal sm pak don, sy rencana mau lanjut studi filsafat di Inggris, saat ini sy bekerja sbg tenaga pengajar di UGM, kira-kira studi yg bgs dmn? bs ga kt dpt income pasif (misal deposito) tp yg save di Inggris, Thnks infonya

  70. caroline says:

    Hello Pak Doni, saat ini sy di london tepatnya di stratford. Saya baru menyelesaikan postgraduate certificate di bidang marketing di sebuah campus di london. Saya sudah mempunyai pengalaman kerja 4 tahun di jakarta, sekarang saya sedang mencari lowongan kerja. Untuk visa student tier 4, boleh ga kerja kontrak 3 bln? Dan klo blh tlg share lewat email seputar link utk cari pekerjaan d london. Terima ksh byk

  71. caroline says:

    Hello Pak Doni, saat ini sy di london tepatnya di stratford. Saya baru menyelesaikan postgraduate certificate di bidang marketing di sebuah campus di london. Saya sudah mempunyai pengalaman kerja 4 tahun di jakarta, sekarang saya sedang mencari lowongan kerja. Untuk visa student tier 4, boleh ga kerja kontrak 3 bln? Dan klo blh tlg share lewat email (cee_line@yahoo.com) seputar link utk cari pekerjaan d london. Terima ksh byk.

  72. fernando imanuel says:

    halo halo…maaf mas,nama saya nuel,saya mau tanya nih,kita2 kalau kita punya ijazah d1 perhotelan dan experience 1 tahun di perhotelan,kira2 bisa kerja di UK ngga ya??kalau bisa kasi tau caranya donk??pliss ya mas..

  73. kalau cuma 2 hri 2 mlm..kira2 biaya dsana berapa ya?soal nya pada tanggal 23 november 2011 bsok saya mau ikut acara UCL GRADUATE OPEN DAY di universitas London..
    mohon jwbn nya..mulai dri hotel yg murah ajah dan biaya makan serta kendaraan umum nya.?
    thnx alot..hehe

  74. Kimura Kenji says:

    mohon jawabn nya segera..hehe..dan bisa bantu saya saat saya di London..

  75. edi says:

    Saya mau tanya…..
    Saya baru dapat tawaran kerja dikota london dengan gaji perbulan 3950 poun….
    Yang ingin saya tanyakan dengan gaji segini apa saya full terima atau dipotong lagi dengan pajak …..dan kalau dipotong berapa potongan pajaknya untuk gaji segitu?
    Apakah dengan gaji segitu saya bisa nabung minimal 1000 poun tiap bulan……oh ya saya sdh berkeluarga dengan 3 orang anak tapi keluarga tidak saya bawa kesana ……
    Tolong dibalas ke email saya
    Sebagai bahan pertimbangan apakah saya ambil atau tidak……
    Terima kasih.

  76. Maria Ulfa says:

    Asssalamualaikum pak donny
    Bagaimana jika mendapatka suami dari orang sana dri Tottenham / Redbrigde. Apakah ada perbedaan perlakuannya untuk kehidupan dsana,,,mngenai fasilita skesehatan sgala mcamnya.
    ada cerita kah dri teman pak dony yang mendapatkan suami orang inggris gtu.Mohon bsa berbagi pengalamannya hehe..terimakasih

    Wassalam
    Ulfa

  77. suzan herylina says:

    salam pak, saya suzan umur saya 33 tahun, saya tamatan S1 psikologi, saya ingin kerja di london , tapi bagaimana caranya? trims, balas melalui email saya ya pak suzancute@live.com

  78. Anggit says:

    ass pak donny.
    Saya dapat tawaran kerja di salah satu hotel di london. di Harrington Gardens,South Kensington. saya termasuk fresh graduated. saya bingung menentukan gaji / bulan disana sebaiknya berapa? sistem kerja saya kontrak, apakah gaji yang akan saya dapatkan nanti akan dipotong dengan pajak?
    berhubung saya juga mau menyisihkan uang untuk ditabung.

    mohon bantuannya, karena saya blm ada gambaran sama sekali.
    terima kasih
    wasalam

    bisa share lewat email saya :
    Chef_soroako@yahoo.com

  79. SuMmerLight says:

    ^-^ pEngeNya bisa ke London ….

  80. wah mahal juga ya, saya kepingin tinggal di london walau bagaimanapun caranya. karena saya ingin kuliah di oxford university, dan tinggal selamanya di london. kalau boleh tanya kerja di london itu bayarnya per bulan/ per jam ya?

    • Janamara says:

      Yakin kamu mau kuliah di Oxford? Bukan merendahkan lho, Oxford itu letaknya bukan di pusat kota London. Plus acceptance rate Oxford itu tdk sampai 15% setiap tahunnya. Jadi, yg bakal diterima di Oxford itu org yg super pintar sekali. Dan biaya kuliahnya juga tergolong mahal apalagi utk mahasiswa internasional.

  81. freddy suranto says:

    SAYA PENGEN KERJA DI LONDON PENGALAMAN SAYA DI PROJECK OIL& GAS,SKIL SAYA INSTRUMENT ELECTRIKAL…APAKAH ADA YG BISA MENYALURKAN SAYA.IMAIL SAYA freddy_suranto@yahoo.com

  82. Siang Pak Donn.. saat ini saya sedang di UK hampir 2 minggu, gimana caranya cari teman orang Indonesia or Teman untuk backpackers untuk keliling UK, karna saat ini saya masih sendiri dan g ada confident untuk traveling sendirian di Eropa, biasanya saya traveling di Asia sendiri. Terima Kasih.. di tunggu jawabannya.
    Fariz..

  83. intan says:

    hallo pak, aku mau nanya kebetulan aku n temenku januari tahun depan da rencana utk k london. kt punya temen yg tinggal disana.. n kt^a dia bs criin kt pkerjaan disamwa. kt br lu2s s1. kira2 pke visa pa ya? coz kt br mau cr krj disana. trus masalah sponsor itu sistem^a gmn? bs ga temen kt itu sponsorin kt ber2 tau cuma boleh sponsorin 1 org ja?
    klo boleh jwban^a kirim ke email aku ya.. terima kasih
    intan.nelam@gmail.com

  84. intan says:

    oh iya da lg.. temen aku org timor leste. disana dia dah tinggal skitar 4thunan. pa memungkinkan dia jd sponsor. trus d sn stndr gj per jm brp ya pak? pkerjaan yg biasa2 ja kya pelayan restoran gtu.. coz ku mau mulai dr yg biasa2 dulu, br klo udah adaptasi cr krjaan yg lbh baik. ku tau^a klo amerika sktr 10 dolar/jam, ku ga tau klo d inggris.
    maaf ya pak nanya2 mulu..

  85. Arya Disisyona says:

    Pak Donni, saya dapat offering kerja di London. Bisa minta emailnya, ada beberapa pertanyaan neh……trims

  86. vania fransisca says:

    hi…let me introduce myself..I am Vania Fransisca.
    Currently I work as Head of Marketing Communication in LG Electronics Indonesia. I have plan to take my Master Degree in London School of Commerce.
    I have been searching for Living Cost in London. Would you please inform me, average amount that we need in one month as student. I’ve found that for house around 55 pound / week.
    Kindly need your favor.

    Thank you.

  87. Adit says:

    Assalammualaikum Mas Donny

    Pertama salam kenal mas, nama saya Adit,

    Saya adalah designer dan seorang illustrator, saya suka sekali mengarang dan menggambar untuk buku anak. Saya memiliki impian untuk bisa hidup di London atau daerah inggris lainnya (Tidak harus London sih). Saya berencana setelah saya lulus kuliah saya mencoba survive disana, apakah mas Donny bisa memberikan masukan apa saja yang harus saya lakukan untuk bekal disana? dan yang perlu saya tanyakan, saya sering mendengar jika kita membawa laptop, apakah di bandara semua software2nya diperiksa? semisal software2 design semacam adobe illustrator atau Photoshop, jika ketahuan palsu/bajakan akan disitia, untuk part time job, apakah orang Indonesia seperti kita dapat mudah mendapat job disana? saya ingin sekali survive disana, impian saya saya bisa membuat sebuah brand sendiri disana, tapi untuk meraih itu, paling enggak saya punya pekerjaan dulu untuk makan dan membayar apartement . Mahon bantuannya mas Donny Karena saya belum berpengalaman keluar negeri dan saya tidak punya sanak saudara di sana.

    Terima Kasih

    Aditya Pranata

    Mohon Mas Donny bisa membalas pertanyaan saya melalui Email saya :)

  88. erwin says:

    mas donny, minta alamat emailnya dong?
    kalo ini:

    Base salary circa 23,000 per annum + excellent benefits

    Resource Planning Analyst required for an exciting opportunity in a fast paced environment

    Base salary circa £23,000 per annum + excellent benefits
    Total Package Value cira £27,000 pa
    Leicester based Le19 1sz

    kira2 cukup ga buat hidup disana, nyicil rumah+mobil dan punya keluarga kecil? :D

  89. burhann says:

    Klo di London itu terima gajinya bulanan atau mingguan?
    Sebulan 2000an pound, mahal juga yah,

  90. burhann says:

    Klo di London itu terima gajinya bulanan atau mingguan?
    Sebulan 2000an pound, mahal juga yah, pengen kuliah disana

  91. jiuk says:

    hyyyy don
    sebagai orang lama di UK mau tanya nih,
    saya diterima di CUNARD RIVER CRUISE sebagai operator Computer di kontrak selama 2 tahun apakah kapal pesiar tsb reasonable.
    Yang jadi kendala adalah uang jaminan, karena saya nggak punya uang…ha…ha..walaupun sebenarnya pihak perusahaan udah kasih note,bahwa setelah sebulan uang tsb akan di kembalikan.
    Memangnya harus ada jaminan juga kalo kita udah diterima n mereka mau mengurus semua dokumen kita,
    kalo seperti ini apa yang harus saya lakukan ya….binun
    jawab ya ASAP,thanks

  92. hazi says:

    more info, yaa…utk anak. tks

  93. Salam pak Donny

    saya baru Lulus S1 jurusan pendidikan Bahasa Inggris saya sangat berminat melanjutkan kuliah S2 di London, yg ingin saya tanyakan Universitas yang pas untuk saya dimna berdasarkan latarbelakang pendidikan saya trsebut? Kira-kira disnaa ada kerja part time ga yaa.Maklum saya berngkat kesana cma modal mental dan akal….Mohon pencerahnnya dikirimkan ke email kandamian@gmail.com. makasih pak.

    Salam,

    Mian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s