Keuntungan Kerja di Inggris

Seperti halnya kerja di negara mana saja, maka kerja di Inggris mempunyai dua sisi yaitu sisi yang menguntungkan dan sisi yang tidak menguntungkan.

Mari kita lihat lebih dulu yang enak-enak, alias yang menguntungkan:

Studi kasus: Anda sudah berkeluarga dengan anak 2 dan sudah pula berpengalaman bekerja sebelumnya selama kurang lebih 7 tahun. Berarti umur anda saat ini, kalau perhitungannya menikah setelah 2 tahun setelah lulus kuliah (umur 24 lulusnya), maka umur anda sekarang 31 tahun.

Anda punya dua pilihan di Inggris, yaitu bekerja sebagai pegawai tetap atau menjadi pegawai kontrak. ini tergantung Visa Kerja yang anda miliki. Kalau visa jenis Work permit biasa yang disponsorin sama perusahaan yang memperkerjakan anda, maka bisa dikatakan status anda adalah “pegawai tetap”.

Lain cerita kalau anda datang berbekal Visa HSMP, dimana anda bebas menentukan kerja dimana serta mau type apa status pegawainya.

Kalau Staff, maka saya perkirakan gaji anda (Engineer di EPC Company) adalah sekitar 40,000 poundsterling per tahun. Maka gaji bersih per bulan adalah 2400 poundsterling.

Uang segitu, memang tidaklah besar. Hanya sekitar US4800, yangkurang lebih samalah dengan yang didapat teman-teman di Malaysia dan di Timur Tengah, tapi mereka sudah disiapkan rumah.

Sedangkan anda, belum itu.

Pengeluaran bulanan:

  • Sewa rumah/apartment: 2 kamar; 800 poundsterling, didaerah suburb London.
  • Biaya Listrik, Gas, Telephone, TV, Internet, Air, Council tax: 250 pound
  • Biaya Transportasi ke kantor naik Train: 100 pound
  • Biaya Makan sekeluarga: 700 pound
  • Total Pengeluaran: 1850 pound per bulan.

    Sisa buat nabung: 2400 – 1850 = 350 pound atau USD700 per bulan.

Nggak banyak ya, tapi mari lihat keuntungan lainnya:

  • Anak-anak bisa bersekolah di Sekolah Inggris dengan gratis mulai TK sampai SMA.
  • Untuk Universitas nantinya, bisa bersekolah seperti warga Inggris lainnya, dengan mendapat prioritas dan fee yang murah serta pinjaman untuk kuliah nantinya
  • Child Benefit: ada tunjangan yang diberikan oleh pemerintah kepada anak-anak yang tinggal di Inggris. besarnya bervariasi, yang jelas bisa mencukupi biaya les piano, les berenag, les football.
  • Child Trust: setiap anak di Inggris berhak mendapatkan dana sebesar 250 pound per bulan yang disimpan di tabungan, tapi ggak boleh diambil kecuali sudah besar nantinya. Uang ini kemudian di invest oleh pemerintah untuk keuntungan si anak setelah besar nantinya. Nggak peduli anda warga Indonesia, asal sudah tinggal secara legal di Inggris.
  • Child Tax credit, Working tax Credit : ini diberikan kepada orang tua yang mempunyai anak tanggungan. Diberikan setipa bulan dalam bentuk uang. Besarnya tergantung pendapatan per tahun.
  • Jika mempunyai uang yang cukup,semisal 5% dari harga rumah yang 100,000 pound, maka anda bisa membeli flat atau rumah, yang akan menjadi milik anda.
  • Kesehatan dan Gigi adalah gratis buat anak-anak anda, sedangkan anda dan istri hanya gratis kesehatan saja, sedangkan gigi mesti bayar sendiri.
  • Life Insurance dari perusahaan
  • Private Medical Insurance dari perusahaan
  • Bonus tahunan, bisa berupa saham perusahaan tersebut atau cash money.
  • Cuti 25 hari kerja dalam setahun
  • Ada yang bisa meminta disediakan tiket cuti ke Jakarta setiap 2 tahun sekali
  • No discrimination in anything
  • Bisa jalan-jalan ke seantero Inggris, Skotland, Irlandia, Wales tanpa harus takut diganggu, baik naik Train atau bawa mobil sendiri.
  • Bebas beribadah menjalankan kepercayaan masing-masing
  • Yang suka Bola, jangan ditanya….
  • Liburan ke Paris, tinggal naik Eurostar Train, 2.5 jam saja. Ngurus Visa sih, tapi gampang lah.
  • Mau kuliah part-time, bisa saja, dengan fee yang murah saja
  • Istri mau kuliah lagi atau les bahasa Inggris, disediakan gratis oleh Council, sekali seminggu tapi, kalau mau yang serius 5 kali seminggu ya bayar juga sih.
  • Cuaca tidak begitu ekstrim, panas maksimal 27C, dingin paling mantap 0C. Snow di London jarang banget. Paling snow yang tipis saja datangnya.
  • Dari sisi agama, Mesjid banyak, dan pengajian juga ada, orang Indonesia termasuk banyak disini.
  • Setelah 5 tahun disini berturut-turut, bisa dapatin Permanent Resident. Dan satu tahun kemudian, jika mau, bisa ganti Paspor menjadi Paspor British alias ganti warga negara.

Yang gak enaknya gimana? I can’t think of any.

The bottom line adalah mungkin tidak hanya berdasarkan besarnya uang yang masuk ke rekening kita setiap bulan yang menjadi pertimbangan, atau berapa sisa dalam tabungan apda akhir bulan, tapi harus melihat benefit secara keseluruhan.

Jika benefitnya besar, walaupun saving nya sedikit, mungkin malah menjadi menarik.

Lalu bagaimana dengan pegawai kontrak?

Menjadi pegawai kontrak sudah merupakan hal yang jamak di Inggris, terutama karena ada keringanan tax yang diberikan kepada ‘Self-Employee”.

Secara umum, besarnya gaji pegawai kontrak adalah dua-tiga kali lipat gaji pegawai tetap. Hanya saja mereka tidak akan mendapatkan fasilitas cuti, pensiun, dan life insurance.

Seharusnya ini nggak jadi masalah, karena anda bisa melakukannya sendiri dengan mengatur keuangan anda dengan pas dan mantap.

Misalkan, jika rate anda per jam adalah kira-kira GBP50 per jam sebelum dipotong tax, maka dalam sehari kerja 8 jam (belum lembur) anda akan mendapatkan GBP400, seminggu (5 hari kerja) = GBP2000.

Untuk pengaturan keuangan, maka dihitung pendapatan selama setahun, dimana dalam satu tahun = 52 minggu, dikurangi hari libur resmi pemerintah 9 hari, plus anda asumsikan bahwa anda akan ambil liburan 3 minggu di musim panas, plus satu minggu di akhir tahun, maka total hari libur anda akan menjadi 37 hari libur, dimana pada hari-hari tersebut anda tidak mendapat gaji, solanya kan “no work no pay”.

Jadi, perhitungan gajia anda akan menjadi: 52 minggu – 5 minggu = 47 minggu, jadi 47 minggu x GBP2000 = GBP94,000.00 per tahun sebelum dipotong pajak.

Sebagai self-employee maka besarnya pajak anda adalah kurang lebih 22%, sehingga bersih yang anda terima per tahun adalah kira-kira GBP73,320.00 bersih per tahun atau dibagi 12 = GBP6110 bersih per bulan selama 12 bulan.

Kalau mau dibandingkan dengan pegawai staff tentu bisa dikatakan hampir 3 kali lipat.

Fasilitas yang lain masih kita miliki kecuali:

  1. Pensiun
  2. Bonus share
  3. Life Insurance

Benefit lainnya, tetap bisa anda nikmati seperti kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Jadi, tinggal milih: mau jadi pegawai tetap atau pegawai staff, atau mau ke Middle East.

That is your choice.

This entry was posted in Kerja di London. Bookmark the permalink.

89 Responses to Keuntungan Kerja di Inggris

  1. baskoro says:

    Sebagai calon engineer muda di bidang piping juga, saya cukup terkesan dengan tulisan2 mas Donny.

    Saya link blog anda, supaya bisa saya baca untuk referensi saya. Kbetulan saya emang lagi cari2 prusahaan sebagai first step for startin my career nih..Sukses terus ya Mas..

    Salam!

  2. N. Jumpriatno says:

    wah.. seneng juga yah denger ceritanya, kalo tidak keberatan mungkin saya bisa bertanya tentang hal lainnya. tks.
    N.Jumpriatno (jumpriatno@yahoo.co.id)

  3. may says:

    mas donny, kl mau jd caregiver gmn ya? thx

  4. Mahadi Capah says:

    Saya coba beberapa kali apply untuk Job di inggris tapi mereka selalu nanya autorize to work. Kita sebagai orang indonesia kan gak punya itu, mohon masukan

  5. Donny says:

    Mahadi,

    Memang itulah dilemanya kita orang Indonesia, selalu mentok di Work Permit. Kalau mau mudah urusan, memang sebaiknya melamar langsung ke Perusahaan melalui webiste mereka, biasanya mereka mau mengurusi WP.

    Alternative lain, pakai Visa jenis HSMP (Highly Skilled Migrant Programme)

  6. Tapi gimana cara dapetin VISA ke sana ya, klo boleh sharing dong, biar suami saya bisa ikutan kesana……………

  7. agung says:

    setuju pak!!! saya juga lebih seneng kerja di inggris!!!, bagaimanapun poundsterling tetap menggiurkan… :)

  8. Budi Pramono says:

    Ass wr wb,

    Masih ingat dg teman se-apartment di Wimbledon abad lalu kah? dan tetap setia pada Chelsea kah?

    Wassalam,

    Budi Pramono

  9. Donny says:

    Budi, apa kabarnih? Udah jadi juragan di SAE nih…:) mantap lah..

    Masih lah..gua kan tinggal di Wimbledon juga sekarang, stasiun nya juga stasiun Wimbledon..

    salam

    • hendrik says:

      Salam kenal mas DONNY.
      Aku ada tawaran dari inggris dengan offering 8500 GB pounds per bulan, dengan posisi Assessor-Trainer Mobile equipment. aku mau bertanya mas ? kalau penawaran segitu apakah sudah standar untuk gaji di inggris ?
      Terima kasih Mas DON..

      Salam Dari indonesia.
      Hendrik Lomo

  10. Budi Pramono says:

    Wah, ternyata pak Dony masih bisa berbahasa Indonesia toh dan ternyatanama SAE sudah tersebar sampai ke UK khususnya Wimbledon.

    Btw, masih suka ketemu dg Sandro kah? Itu lo . . yg ngebantu kita sewaktu baru sampai di Wimbledon atau masih suka pesan makanan direstoran China yg cuma nyediaiin “Take away” service?

    Anyway, kalo kita lagi kesasar di UK, tolong dibantuin ya . . . he . . 5x

  11. Agung s says:

    saya sangat berobssi kerja di luar negeri manapun yang asal bahasa asliya Ingris Hal itu karena saya ingin sekali memperdalam bahsa inngris saya di samping bekerja. bisakan mas donny memberikan info lowongan kerja yang ringan 2 saja. Ya seperti penjaga toko, cleaning service, penyiram taman, dll. Dengan harapan sepulnag dari sana (-+ 1 tahun) saya bisa meanjutkan ke sekolah yang lebih tingg dan ber -usaha i dengan bekal modal yang cukup yaitu gaji dan bahasa inggris. Thanks baget.

  12. Zain says:

    Haloo teman2 di london.
    Aku pengen sekali kerja disana.
    Saat ini aku di bidang IT(IT Manager)
    Jika ada lowongan tolong di info dong ke email.
    Kalau mengenai sponsor visa heheh udah ada saudara di sana.
    Kalau minta ama saudara semua kan ngak enak.

  13. PS_@rif says:

    Ass. Wr.. Wb

    Untuk semua pengunjung Blog ini dan khususnya Mas Donny…, Terima kasih atas Ilmunya…dan Aku Pribadi mau mengucapkan

    “Mohon maaf lahir dan batin bila ada kesalahan kata-kata yang tak berkenan…

    Sebelum memasuki bulan Ramadhan yang penuh Berkah dan Ampunan…

    Semoga kita menjadi Manusia yang baru di Hari yang Fitri nanti…

    Jaicybers@yahoo.com

  14. Andrie says:

    Tq. Pak Doni…
    Masalahnya agak beda sedikit pak…
    Sebagai TKI MIGRANT di Brunei saya dapat Visa student depandant, bisa nda’ saya cari kerja di UK tepatnya di scotland.?
    Bagaimana mendapatkan viisa kerja kalau di sana…? Apakah kita apply di agent-agent atau direct ke company…
    Infonya ditunggu dan diharap sangat bung doni.
    Salam Merdeka dan Terima kasih banyak Bung

  15. rusdiawan says:

    saya ingin kerja di inggris dgn tujuan ingin cari modal dan bisa bhs inggris… pasal nya saya gak bs bhs inggris

    mungkin dalam hal ini gak jauh dengan obsesi yang di ungkapkan oleh pak agung

    untuk hal itu saya mohon bantuan nya pak dony untuk info nya,mungkin hal ini agen/sponsor yang bs mewujudkan keinginan ini..

    thanks.

  16. denxs says:

    ass.wr.wb

    mohon bantuan nya kepada rekan2 yang kerja di inggris,bisakah memberi info tentang alamat agen (legal) yang bisa mewujudkan keinginan saya untuk bekerja di negara yang bermata uang poundsterling.

    thanks

    denxs_likeearth@yahoo.com

  17. andri says:

    Bos, bagi cara gmn untuk kerja di UK donk. bisa buat kita orang tuh, yang disini tidak punya jaminan.
    mengenai biaya pemberangkatan bila jadi pegawe kontrak.
    tolong di kasih keterangan syarat2nya.
    thanx a lot

  18. muja says:

    wah, banyak mas don yang minat adu nasib disana. banyak yang pengen kesana tapi ga tau caranya. Mas Don bisa gak bagi2 pengalaman prosedur sampe bisa masuk & bisa kerja disana…???
    Apa lewat jasa PJTKI ato cara lain????
    di tunggu bgt jawabannya? cc ke email mas kalo gak keberatan…

  19. irin says:

    Numpang nanya pak Donn, kok bisa ya dapet child benefit & child trust fund? Cara klaimnya gimana tuh?
    Dulu suami saya juga kerja full time di uk tapi kita cuman entitled utk dapet child tax credit aja

  20. Hacker says:

    Om…om….om….
    Tadinya Saya mau ke london juga.. bareng sama cangcuters..
    (hijrah ke london/ judul lagu cangcuters) whehehehee..
    tapi…
    Mau bareng sama om dony aja dweh…
    Gimana tuh caranya…?? Biarin lah disana mau kerja apa juga.. yang penting tujuanya..:
    1. Cari kerja di london (intinya mah ngumpulin Poundstrlng)
    2. Cari Bini Orang London yang Cuatik tapi Islam
    3. Berkeluarga di sana dan Punya Anak (indo-London)
    4. Mati di London tapi dikubur di Indonesia.
    5. Masuk Syurga.. Amiiiinnnn…!!!!!!!!!

    Simpel kan….?? Yaiya lah… masa yaiyah Pret..?
    whehehehee… BTW… Thanks om dony…. Tulisanya yahut..dah.. jempol…pol…pol….

  21. Rahayu Endang Sanjaya says:

    Saya cuma lulusan SMA jurusan IPA,saya pgne banget kerja ke luar negeri,ada g ya yang mau ngajak saya kerja di luar negeri,tapi saya g punya ongkosnya,plizz

  22. Rahayu Endang Sanjaya says:

    yang mau ngajak saya kerja ke luar negeri,kontek aja ke email saya ya atw hp saya 081384374197 ,di tunggu bnget

  23. b.j purnomo says:

    dulu pas sekolah pengenya ke stm,tapi kok malah tersesat sampai lulus S1 ekonomi.
    dan sekarang kesampaian pegang mesin,kerja di korea jadi operator mesin.pertanyaannya.bisakah saya hijrah dari korea ke inggris untuk bekerja disana.

  24. mayun says:

    hi bos aku mayun ingin juga dong kerja di uk
    tolong beri informasi yang jelas dan agent yang bisa memberangkatkan ke uk

  25. irwanto says:

    sebelum baca blog ini , saya sangat berminat sekali bisa bekerja di inggris, sekarang saya masih kuliah di jurusan pariwisata, apakah di inggris banyak perkerjaan khusus’y pada industri pariwisata?, syarat apa saja yg diperlukan untuk bisaa bekerja diinggris? dan bagaimana cara saya melamar semisalnya di suatu kawasan wisata di inggris?,
    mohon bantuannya…

    terima kasih…

  26. Heri says:

    Blh ikutan comment ya,mau ty mang apa enakx kerja ke luar negeri,kl kerjax dkantor luar negeri sih gx pp itu pun kl S1 and S2 nya disana slain tu gx bsa. Tp kl jd loper koran,cleaning service,dll apa enakx,tlng blesanx

  27. sutar miyaldi says:

    balesannya Heri :
    kayaknya salah deh lo bung heri, “maksud lo orang yang kuliahnya S1 & S2 diluar negeri, baru bisa kerja diluar negeri”
    g’kali,…….berpikir maju lah, mang lo tanya coba sama yang nulis blog ini, mang lulusan mana?……
    ngaco aja lo

  28. micky g says:

    mas doni,gimana ikutan visa hsmp?
    kalo aku kesana tapi lum ada kerjaan gimana?

    • Donny says:

      Micky,

      Saat ini HSMP Visa sudah dihapus, dan diganti menjadi Tier-1 General dan banyak tipe lainnya. Tapi prinsipnya sama, yaitu anda bisa datang ke UK tanpa harus ada jaminan pekerjaan menunggu.

  29. Triana says:

    Mas Doni, saya mau tanya dong. Saya dan teman2 saya berencana untuk berkerja di UK. beberapa hari yang lalu saya mencari informasi untuk berkerja di sana melalui sebuah agensi yang bernama united kingdom(saya dapatkan melalui googling di inet). Tapi yang membuat saya ragu adalah, biaya yang dibutuhkan adalah sebesar 70 jt. dan awalnya saya harus membayar sebesar 350GBP sebagai dp, tanpa ada jaminan saya dapat kerja atau tidak. Dan sekarang orang2 dari agensinya sedang sibuk memfollow up kami. Kami butuh sarannya mas doni. Terima Kasih sebelumnya

  30. Dear Pak Doni…
    Saya dapat Visa student depandant hingga oct’2010, dampingi istri yg study di GCU-glasgow.. bisa nda’ saya cari kerja di UK tepatnya di glasgow? saya br 2 minngu di glasgow.

    sbg gambaran saya bekerja di bidang water&waste wtr treatment pd sebuah perusahaan pulp&paper di indonesia. saat ini saya ambil cuti panjang utk mendampingi istri di glasgow. tentu sangat tdk menyenangkan jk saya hanya bengong di flate…
    mohon solusi dan pandangan dr pak Doni.

    Terimakasih sebelumnya

    Ferry Aryanto
    Glasgow-scotland

  31. Teguh P Putra (teguhpputra@yahoo.co.id) says:

    hmmmm,,
    bang,saya maw tanya,,mending saya ngejar S2 di Inggris dulu trus baru kerja disana atau saya lulus S1 ntar langsung ngejar gawe disana???
    thx b4.

    kalo berkenan boleh jawab ke email saya teguhpputra@yahoo.co.id

    sukses selalu unuk semua..

  32. Muhammad Fayhan says:

    Bagi yang pengen banget kerja di inggris, kmaren aq dpet email bwt kerja di chevron, klo tertarik tolong kirim email ke videl_castro07@yahoo.co.id paling lambat 15 Januari 2010
    Thx…
    ditunggu ea

  33. suhartono says:

    mas kalau ingin memastikan suatu kontrak kerja itu valid enggak gimana ya mas? masalahnya walaupun kita ada kontrak kerja dengan orang inggris kita juga diharuskan membayar untuk kepengurusan visa sebesar 480,00 pounsd sterling?

  34. Hani rosita says:

    lihat tulisan and share diatas…benar benar menggiurkan…saya sangat tertarik kerja diinggris. sayangnya ketertarikan itu agak telat…baru diusia 30 tahun ini…..mohon info untuk s1 pendidikan akuntansi kira2 ada peluang gak ya?
    bagai mana dengan pengurusan dokumen yang mulus….cepat,aman and murah
    apa benar kalo kita mau kesana harus ada dana aman di rekening bank kita dengan jumlah tertentu?
    wah gimana ya…mengingat kita mu kerja keinggris juga karena emang seret kerja di dalam negari….
    mohoh infonya ya mas….
    besar harapan saya untuk hijrah mencari hidup yang lebih baik di luar sana…tp sama sekali gak ada pengelaman yang menunjang untuk melangkah kesana
    makasih sebelumnya

  35. Heru says:

    Slmt Mlm
    mas saya, di terima kerja di London , Inggris
    yang mau saya tanyakan, Untuk gaji 3.800 Gb / bulan apakah itu standart atau gi mana mas?
    Terimaa kasih
    Di tggu jawabannaya mas.
    Dr Heru Indonesia

  36. Aldo says:

    Mas Dony aldo minta tolong cara untuk bisa bekerja di uk selengkapnya, dr awal, pembuatan visa, brangkat, sampai bekerja. Tlng juga krm daftar perusahan yg mnerma org indo, lulusn sma, general workerlah atau alamat situs, at jga daftar agen indo resmi penyalurn tenaga kerja resmi dan mmang benr2 trpcaya. Thx ya udah mau baca

  37. ririt says:

    wah, saya tertarik sekali sekolah atau internship di UK
    saya mahasiswi desain ITB, kamarin saya sudah pernah internship di jepang, dan sekarang ingin mencoba internship di UK, apakah internship di UK digaji? apakah mudah mendapatkan tempat tinggal hanya untuk sementara (3-6 bulan) ? bagaimana caranya mendapatkan tempat tinggal sementara disana? terimakasih banyak :D

  38. luigi says:

    Dear Pak Donny,
    Saya seorang student di Belanda, dan saya sedang mencari-cari kemungkinan traineeship (6 bulan) di UK. Jurusan saya ialah Electrical Electronic Engineering di suatu universitas yang basenya praktikal, dan saya sangat ingin bisa dapat kesempatan traineeship itu disana.Sebenarnya bisa di Belanda saja, tapi saya ingin mencari pengalaman di Inggris. Apa Pak Doni punya channel, berupa nama-nama perusahaan, contactnya, atau websitenya, ataupun website lain yang menyediakannya (misal agensi etc), khususnya perusahaan yang bergerak di bidang research and development dari bidang saya ini. I will really appreciate your help. Thank you so much. Salam, Luigi (paubak4@yahoo.com)

  39. IndraMedan says:

    Mas…kalau mau melamar jadi dokter gigi dipemerintah inggris sperti PNS gitu..apa bisa..?
    saya sudah 7 thn jadi PNS kontraknya di Malaysia..dan mempunyai anak 4….mohon saran dari Mas…
    saya tunggu …
    terima kasih sebelumnya

  40. Aan Surabaya says:

    Pak, tolong dibahas lebih detail mengenai Work Permit. Di website oil & gas career banyak sekali kesempatan pekerjaan, tetapi selalu ditulis “Applications will only be considered from people who are authorised to work in this location by being a national of that country or region, or by holding a valid work permit”

    Bagaimana menyiasati lowongan seperti ini? Bagaimana kita bisa tahu website perusahaannya langsung.

    Sayang sekali jika kita membaca advertising spt ini tetapi kita tidak bisa berbuat apa-apa. Terima kasih atas bantuannya.

  41. Philip says:

    salam kenal Mas Don.
    saya selalu mencari kerja di UK tetepi selalu ngak kesampaian.saya sdh banyak ngelamar di perush di UK untuk bagian accountant, Hospitality management, dan asst. Marketing tetapi masih ngak ada jawabannya.
    dan sebagai informationnya saya lulusan sekolah perhotelan di Malaysia, dan saya sudah pernah bekerja selama 2 tahun sebagai Asst. Manager restaurant di Malaysia.
    saya sangat mengharapkan bantuan mas Don agar saya bisa bekerja di Uk?
    mohon informasinya dihantar ke e-mail ini (chensintien_17@hotmail.com)
    dan untuk sementara ini saya masih berada dimalaysia hingga ujung bulan mei.
    terima kasih mas Don.

  42. Ninin Dahlan says:

    Hi, saya orang Solo-Jawa Tengah, yang baru tinggal di Raynes Park-West Wimbledon. Saya tidak punya teman orang Indonesia di sini. Bisakah saya berkenalan dengan anda, Pak Donny ??? Saya menikah dengan orang Inggris asli yang saya kenal di kampus saat dia menjadi nara sumber sebuah seminar (Kuliah dan kerja di Inggris) yang saya ikuti saat saya ambil S2 MPd. Kami menikah di Indonesia, lalu setelah menikah saya di bawa ke Inggris, tapi saya tidak punya siapa-siapa di sini. Mana bahasa Inggris saya kacau beliau ! Bisakah saya berkenalan dengan anda ??? Terima kash banyak

  43. Jenny Ermanto says:

    Saya ucapkan terima kasih sebelumnya. Saya laki-laki umur 28 tahun Sarjana Fisika. Bisa tidak mencari pekerjaan di UK.
    Kalau bisa bagaimana sistematisnya. tx

  44. vendy says:

    mo tny nih pak dony.. sy blm pernah kerja di luar tp saya pengen kerja dst.. kira2 kl sudah smp di uk bs di bantu referensi in kerja ga ya?
    thx before

  45. srihadi says:

    dear pak Donny dan rekan2 lain ysh,

    saya lulusan elektro PTN dengan IPK3,08. usia 29 dengan 1 anak, 11 bulan. saya ingin kerja di Inggris. saat ini saya sbg engineer di bidang wireless telkom dan pengalaman customer care di perbankan serta sales di astra.
    bagaimana ya caranya agar saya bisa bekerja di Inggris dan menabung? mohon bantuannya, terima kasih..
    saya menunggu kabarnya…

  46. Putranda Anuraga says:

    Mas doni…saya selalu punya cita2 untuk bisa kerja ke Inggris, kerja di perhotelan..mas doni mungkin punya info2 mengenai hal itu?.Atau boleh saya tau gmana caranya apply/mendapatkan HSMP???
    Bisa dibalas ke alamat e-mail saya saja yaaa,mas…@ kekes_ue@yahoo.com

    THX!!!

  47. Ibnu says:

    Assalamu’alaikum,,,
    Mas Doni, saya pengen bget kerja di Inggris. Apapun pekerjaanya (yang penting halal) Mohon bantuanya, , info, apply, dan bagaimana cra mendaptkannya,,,
    Terimakasih

    Salam
    Ibnu

  48. silvia narsiana says:

    hallo mas dony…. baru2 ini ada orang UK yang menawarkan saya kerja jadi nany untuk mengurus anaknya, dan dia menawarkan gaji 900pounds per week, ya mungkin buat orang sana si kecil x ya tapi buat orang indoesia kan lumayan gede, apa lagi saya seorang ibu rumah tangga {single parent} dengan anak 2 yang sangat membutuh besar biaya sekolah. Saya sudah sering chating dengan dia dan dia akan mengrim visa dan tiket perjalanan ke sana untuk saya, tadinya saya harus bayar 1600pound ke agennya disana tapi sama calon majikan saya hanya disuruh bayar 250pound saja, saya nekat mau kerja disana dan menerima tawaran dia jd nany buat anaknya akan saya terima, tapi saya denger dari temen yang punya sodara di Holand dia ngomong ribet lho cari visa disininya dan harus ada sponsor dari sana , kira2 bener apa saja ya yang bakal diminta dari kedutaan disini karena saya akan dapat visa ijin tinggal disana dan sponsor dari sana juga, dan disini bakal diminta copy tabungan ya karena saya baru mau kerja dan tidak punya tabungan yang katanya harus minimal 1000pounds… bener ga ya, thx lho mas blsn scepatnya krna kemungkinan saya akan berangkat sesudah hari raya nanti

  49. kris says:

    coba aja bro…semua klik link ini : reed.co.uk….barangkali bisa membantu bagi pencari pounds….saya juga mohon info lainya tuk kerja di inggris……salam kekeluargaan bwt semua ….thaks a lot

  50. kris says:

    saya pengn bagt kerja di inggris untuk lulusan s1 manajemen…plis tlg infox

  51. Putra says:

    Hallo pak Donn… saya mau tanya nih.biaya work permit di kedutaan inggris brp ya yang pastinya? Soalnya saya di panggil buat kerja sebagai Driver di London?

  52. mundzir says:

    hallo pak don, mau dong ikutan kerja di inggris, sy 33 th,sdh keluarga anak mau 3,pendidikan terakhir apoteker,kemampuan english terbatas…mau kerja apa aja..please help me.thanks

  53. jojo says:

    PAK DON, SAYA DAPAT BALASAN UNTK KERJA DI HOTEL. MALAH SAYA DI SURUH ISI APLIKASI DAN DI TANDATANGANI, TERUS BAGAIMANA SELANJUTNYA PROSESNYA ? MOHON DI JELASKAN. BRP BIAYA KIRA2 UNTK DPT VISANYA. THX

    JOE

  54. yusron says:

    pak dony,,mdh2an dlm lindunganNya n ttp ber Shodaqoh ilmu..utk bekal dunia akhirat.. pak dony, mungkin punya teman di u.k yg bisa bantu kerja tp ilegal masuknya. mhn bantu alamat website imigrasi inggrisn almt jkrta utkngurus aply visa. sy tempuh cr ini tpksa krnterlilit hutang yg bg sy besar.thanks

  55. januar akbar fidaryansyah says:

    pak dony yg terhormat, mohon bntuannya, bgaimana caranya saya mau bekerja diinggris sebagai tenaga kontrak, misalnya dipabrik atau dimana deh yg penting baik, saat ini saya kuliah jurusan TI, tapi kalo ad lowker ke sana saya siap, nanti sya bisa kerja smbil kuliah disana, mohon diberitahukan cara2nya,sebelumnya trima kasih bnyak pak dony, smoga amal kebaikan anda mendapatkan blasan yg setimpal, amin.

  56. rhasel says:

    Pak Dony,

    pertama, saya ucapkan terima kasih mw share pengetahuan ke kami semua.
    kedua, saya ingin minta pertolongan untuk bisa bekerja di England.
    Waktu itu Pak Dony bilang, kalau mau dapat kerja di sana kita harus apply ke perusahaan yg ada, pertanyaan saya ; apa perusahaan atau sponsor yg sebenarnya akan meminta uang kepada kami??
    website perusahaan yg terpaercaya apa saja yang bisa kami apply?

    saya tunggu kabarnya pak Dony di email saya; rhasel_lintang@yahoo.com

    terima kasih

  57. Reny Elgita Librando N. says:

    Assalammu’alaikum. . .
    Wah subhanallah bngedz infony maz,,, jazakillah y;). . . Sya reny mahasiswa yg msih kuliah d pulau Jawa tapi org sumatra. . .
    Hbiz kuliah ini slesay saya brencana ingin ngambil spesialis anak inshaAllah maz,, nah yg mau sya tnyakan bgamaina alur qta msuk kuliah dsna y maz??, ,kbetulan sya ada dket ma se2org d London jg hehehe, dy tinggal d Hounslow. . ,tu kota Hounslow tu gmn maz??. . .
    Msh byk bnget yg pngen sy tnyakan maz, tp u/ smentra ni dl. .hehehe. . . Mhon djwb y maz, mksh byk sbelumny:)

  58. Dewi says:

    Wach… asik tuch kayanya klo bisa kerja disana. Apalagi klo ada lowongan untuk guru matematika.
    Aku pasti langsung daftar!

  59. vergil vander gun says:

    pak dony yg terhormat, saya mohon bantuannya, bagaimana caranya saya mau bekerja diinggris sebagai tenaga kontrak, misalnya dipabrik atau dimana aja yg penting baik dan menambah pengalaman yang berharga,saat ini saya kuliah jurusan IT, tapi kalo masih ada saya siap ke sana, nanti sya bisa kerja smbil kuliah disana, mohon diberitahukan cara2nya,sebelumnya terima kasih banyak pak dony, semoga amal kebaikan anda
    mendapatkan balasan yg setimpal, amin.
    vergilvandergun@yahoo.co.id
    vergilvandergun249@gmail.com

  60. Dwi R Handayani says:

    pak doni kenalkan nama saya dwi rahayu.,,saya berumur 22 th ,saya bekerja sebagai data entry,sempat terbenak dalam pikiran saya, saya ingin sekali bekerja di inggris…modal saya nekat pikiran saya…mungkin sebagai pencuci piring pun saya siap…yg penting saya bisa menafkahkn ibu bapak saya di jakarta…pak tolong berikan informasi yg lebih bnyak lagi ,,,berapa biaya yg harus saya kumpukan selama bekerja di jakarta untuk mengurus dan pergi kesana. trima kasih

  61. Christina says:

    Hallo Mas Don,

    Beruntung sekali ya Anda bisa dapat kesempatan hidup di London dengan segala benefitnya.

    Saya saat ini sedang memimpikan untuk bisa bekerja dan hidup di sana bersama keluarga saya. Tapi saya orang awam tidak tau bagaimana caranya. Sudah coba kirim lamaran lewat web recuiter di internet tapi belum ada hasilnya.

    Bisakah Mas Don memberikan referensi agar saya bisa meraih impian saya ini.

    Umur saya 35 tahun, menikah, 2 anak, working experience: Accounting.

    Thanks ya Mas Don, ditunggu sekali advicenya.

    Salam,
    Christina – Indonesia

  62. niki says:

    wahhhhh, enak banget ya di ingris. kayanya rakyat di jamin makmur ya sama pemerintah. kaya gitu bukan c ? trus di sana ada rakyat miskin ga pak donny ? kan klo di amerika masih ada tu rakyat miskin yang tinggal di rusun2 kumuh. klo di ingris ada juga ga ? apa semuanya di pelihara oleh pemerintah inggris ?

    tulisan anda sangat menarik,

  63. ardi says:

    slmt malam mas Donn,

    sy ardi, saya mau tanya. sy mau bekerja di Inggris alasannya bibi sy sdh menjadi warga negara Inggris. dan suaminya warga Inggris, dan beliau memiliki supermarket. niat sy, sy mau bekerja di supermarketnya. pertanyaan sy, bs ga ya sy mnt tolong ke bibi sy utk menoloang sy bekerja di tmpt nya, kalau bs syarat utk sy yg hrs sy persiapkan apa sj ya? terimakasih

  64. Desy says:

    Hi Pak,

    Saya juga minat kerja di inggris … tapi gak punya sponsor gimana ya pak …. hmmm …. kira 2 urus visa kalau gak punya sponsor gampang gak ya? bisa minta website lowongan pekerjaan disana pak …seperti head hunternya hehhe… thanks ya pak.. waiting for ur respond

    Desy

  65. anny says:

    Saya ingin sekali bekerja di Inggris walau cuma kontrak setahun atau dua tahun gitu :)

  66. darman says:

    Assalamu alaikum mas,

    Saya darmana, InsyaAllah akhir februari 2012 sy kerja di Shell EP Aberdeen UK. status kontrak per 2thn. dgn benefit sbb :
    1. salary 11000.00 pound – monthly basis
    2. 1,850.00 pounds per month – Housing Allowance.
    3. 1.350.00pound – Educational Assistance
    4. 1.400.00pound – personal effects shipment and excess baggage allowance.
    ada pajak penghasilan 10% harus dibayar

    mohon pencerahnnya, kbtulan sy baru pertama kali mo ke LN

    • Niran says:

      ass…salam kenal maaf sy baca koment nya ni.dan sy mau tanya sekarang dah di UK?dan gimana kerja nya dan kehidupannya…sy sangat minat kerja kesana tp bingung nyari info job nya…sebelumnya sy ucapkan terima kasih(recky313@gmail.com)fb.Nhiran recky bayonav.

  67. Niran says:

    Ass…salam kenal pa Donn…gimana caranya kita bisa kerja ke inggris ya,dan kemana cari info job nya.usia sy 34 th sy pernah jd TKI ke saudi dan kerja di lab… juice and water..di tunggu jawabannya ya pa ..terima kasih…atas infonya.Waslam wrwb…

  68. Yulia says:

    Dear Pak Donny..

    komunitas orang indonesia di London, dan di manchester boleh saya tahu alamat nya ?
    apakah komunitas org indo di sana dapat saling memberikan informasi ttg tempat tinggal dan pekerjaan ?
    mohon infonya..kirim by email boleh pak… zahra.yulia@gmail.com
    terimakasih

  69. Kalo kita Dapet Beasiswa Kuliah Di Inggris Dan Setelah Lulus Mau Jadi Pegawai Tetap Bisa Nggak? Tolong Kirim Ke E-Mail Ini– naredjaputramahendra@yahoo.co.id

  70. gunawan says:

    sangat tertarik..sekali………….mohon bantuan nya….mas,tetangga saya sudah berada d london……….nyuruh saya ke sana…..tapi.diaga tau cara….nya……….,Tonk76@yahoo.co.id

  71. I.K Galih says:

    Dear Pa Donny
    Bulan2 kemarin saya dapat tawaran pekerjaan di UK, dan kita harus bayar pengurusan visa via konsultan mereka, saya jadi takut itu penipuan. karena waktu saya tanya ke kedutaan Inggris ” katanya jarang sekali pekerjaan di UK melalui email ” ….??? saya jadi takut, bingung..pedahal ingin sekali bisa kerja keluar ke UK buat masa depan keluarga. Bisa info nya. Tq

  72. rakhmat says:

    dear pa doni

    mas saya mempunyai visa kunjungan selama 3 bulan ke inggris rencana berangkat tanggal 30 oktober 2012, bisa kah saya mendapatkan pekerjaan kalau setatus visa saya bukan visa kerja, kalau bisa bisa kah mas doni member informasi tempat saya mendapatkan pekerjaan di UK….
    mohon bantuan nya

    thanks
    salam

  73. Suami saya saat ini bekerja sebagai surveyor, apakar di inggris khususnya london ada info pekerjaan untuk surveyor (mengukur jalan atau infrastruktur) mas donny ? karena saya dan suami ingin mencoba mencari kerja di london ? mohon di bantu info nya ? terimakasih
    – ika -

  74. heru spk says:

    Mas Dony yg bijak, saya ada cita-cita ingin kerja Inggris sebagai apaan saja karna pendidikan saya hanya SMA plus sya bkarna sya inginisa Mengenferensidaraitk mobil, Mas Dony mungkin punya referensi teman atau informasi tolong email sya.ka…., sya ingin memiliki tabungan membuat rumah buat istri dan anak sya serta memberangkan ortu Haji ….sya mohon bantuannya Mas Dony……..

  75. deni says:

    Ada lowongan lagi ? pengalaman kerja di jakarta 14 tahun , nomor handphoneku 081316452290

  76. galih says:

    salam hangat semuanya
    om mau tanya ne qw ada panggilan interview di hotel the moncalm trus ditanya gaji gt btw kl tau berapa ya qw nawarinnya pan gk tau kehidupan dsna gmn hehehhe
    dtggu jwbnnya

  77. henypurwanto says:

    gimna caranya pergi ksna mas dony..
    saya maw ksna,,

  78. andina says:

    Selamat malam mas dony saya keterima kerja di UK di fuel oils corporation tp saya agak ragu apakah itu betul atau tidak karena dari pihak mereka tidak ada yang menelpon saya dan hanya lewat email. saya ingin tau bagaimana saya mengetahui itu bener atau tidak bagaimana membedakan nya palsu atau tidak nya. mohon info

  79. downtoearth says:

    apabila saat ini saya kuliah dengan visa Tier 4, kan tidak diijinkan part time melebihi 20 jam per minggu. Tapi katanya boleh bekerja lebih dari itu saat masa liburan? Bagaimana dengan memulai usaha atau self employment? apakah diijinkan?

  80. berkati says:

    mas Doni gmna ya caranya bs kerja di UK? soalnya sye mau sambil memperlancar bahasa inggris

  81. jhun says:

    mas kalau mau urus kuliah di inggris tpi dana belum cukup apa ada cara lain mas Donny..mhon pencerahannya

  82. Hallo Mas Doni and Semuanya,

    Salam kenal. Saya Ariyohana, saya baca-baca forum-nya menarik sekali.
    Banyak ulasan menarik.
    Sebenarnya saya ragu-ragu untuk pindah ke UK atas permintaan suami. Karena suami saya orang sana. Kebetulan disini pekerjaan dan posisi sudah enak.
    Nah sekarang saya sedang berusaha meyakinkan diri karena harapan saya tetap mau bekerja disana. Mohon disharing apakah dengan Spouse Visa kita bisa mendapatkan kerja disana dengan mudah ?
    Atau mendingan masuk dengan kategori high skill atau seperti apa ya? kategori high skill pun yang saya baca juga cukup sulit sekali.
    Untuk visa spouse sepertinya lebih mudah dibandingkan dengan high skill.
    Mohon disharing apabila Mas Doni atau rekan-rekan disini ada punya pengalaman tsb.
    Mohon dishare juga untuk komunitas Indonesia yang tinggal disana apakah ada forum-forum-nya
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak

    Salam,
    Ariyohana s

  83. titiek says:

    salam kenal. saya seorang dokter spesialis yang akan menikah dengan pria inggris dan akan berdomisli di uk. Boleh minta info tidak mengeai persyaratan kerja dokter speliasis alumni Fk di indonesia agar dapat bekerja di Uk. Mohon balasannya ya ke email saya di titieksimanjuntak@gmail.com

Leave a Reply

